--> Skip to main content

Fitur Pesan Sementara dan Storage Management Telah Hadir di WhatsApp, Begini Cara Pakainya


Storage Management WhatsApp

WhatsApp beberapa waktu lalu telah menggulirkan update terbaru dari aplikasi pesan instan mereka. Update terbaru tersebut juga disertai dengan dua fitur baru. Yaitu fitur Pesan Sementara dan Storage Management.

Lantas seperti apa dan bagaimana cara menggunakan kedua fitur tersebut? Berikut ini ulasannya:

Pesan Sementara


Fitur Pesan Sementara atau dissappering message ini memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan yang bersifat sementara, jadi pesan yang dikirim nantinya akan hilang secara otomatis dalam kurun waktu tertentu.

Fitur Pesan Sementara ini bisa digunakan di chat pribadi maupun di grup. Namun untuk di grup, fitur ini hanya bisa diaktifkan oleh admin grup saja.

Namun untuk chat pribadi, fitur Pesan Sementara ini perlu diaktifkan dahulu secara manual. Caranya, buka profil dari salah satu kontak, lalu gulir ke bawah hingga menemukan fitur "Pesan Sementara" yang ditandai dengan icon yang mirip jam. Kemudian aktifkan fitur tersebut.

WhatsApp dissapper message

Setelah fitur Pesan Sementara diaktifkan, maka akan muncul keterangan di ruang chat seperti di bawah ini. Keterangan yang sama juga akan muncul di ruang chat penerima pesan.

WhatsApp dissapper message

Jika fitur Pesan Sementara tersebut diaktifkan, maka pesan akan menghilang otomatis setelah 7 hari. Dan untuk media, akan tetap tersimpan di perangkat ponsel jika fitur unduh otomatis aktif.

Namun jika sebelumnya pengguna tidak mengaktifkan fitur unduh otomatis, maka pengguna harus mendownload media secara manual sebelum pesan menghilang.

Storage Management


Storage Management WhatsApp

Fitur Storage Management atau pengelola penyimpanan adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah media yang telah terunduh dari WhatsApp sehingga dapat menghemat memori penyimpanan.

Fitur Storage Management ini dapat mengurutkan berdasarkan ukuran file, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil serta pengguna dapat melihat preview file sebelum menghapusnya.

Untuk dapat menggunakan fitur Storage Management di WhatsApp ini, silakan buka menu Setelan dari icon titik tiga vertikal di kanan atas. Kemudian pilih Penyimpanan dan data > Kelola penyimpanan.

Nah itulah dua fitur terbaru dari WhatsApp yang baru saja dirilis. Untuk menggunakan fitur tersebut, tentu saja aplikasi WhatsApp di perangkatmu harus diupdate ke versi terbaru dahulu.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.