--> Skip to main content

5 Situs Terbaik dan Aman untuk Download APK Android


apk android

Seperti yang kita ketahui, Google Play Store telah menyediakan ribuan aplikasi Android yang siap untuk kita download. Namun terkadang, ada beberapa aplikasi yang mungkin kita butuhkan tapi tidak tersedia di Google Play Store.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena aplikasi tersebut biasanya telah dihapus oleh pihak pengembang, aplikasi hanya tersedia di wilayah tertentu, dan berbagai hal lainnya. Jika demikian, maka sebagai alternatif kita bisa mendownload file APK aplikasi yang kita butuhkan dari situs pihak ketiga.

Ada banyak situs penyedia file APK. Tapi masalahnya, apakah situs tersebut menyediakan APK yang asli dan aman dari virus atau malware untuk di instal di smartphone kita?

Nah oleh karena itu, berikut ini adalah rekomendasi 5 situs terbaik dan aman untuk download APK Android:

#1. APKMirror


APKMirror

APKMirror merupakan salah satu situs paling populer di kalangan pengguna Android untuk mendownload file APK. Bahkan kamu bisa menemukan aplikasi tertentu yang tidak tersedia di Google Play Store dan kamu dapat mendownload versi sebelumnya dari aplikasi yang kamu inginkan di APKMirror.

Situs ini dikelola oleh tim yang mengelola portal berita Android Police. Tim Android Police menjamin bahwa APK yang mereka sediakan di APKMirror terjamin keamanannya.

Hal tersebut karena ada beberapa verifikasi yang harus dilewati APK sebelum dirilis di APKMirror. Salah satunya yaitu akan ada pengecekan signature dari APK untuk memastikan keaslian APK.

Dengan begitu, APKMirror tidak akan mempublish sebuah APK jika mereka tidak bisa memverifikasi validitas dari APK tersebut sehingga kamu tidak akan pernah bisa menemukan APK yang telah dimodifikasi atau biasa disebut APK Mod di situs ini.

#2. APKPure


APKPure

APKPure merupakan pesaing terberat dari APKMirror. Sama seperti APKMirror, situs ini juga menerapkan sistem keamanan berlapis untuk memastikan semua APK yang tersedia aman dan bebas dari virus serta malware.

Untuk menjamin keamanan APK yang akan dirilis, APKPure menerapkan verifikasi terhadap sertifikasi APK menggunakan standar keamanan SHA1 dan Cryptographic signatures sehingga bisa dipastikan tidak ada APK Mod yang dirilis di situs ini.

#3. APK Store


APK Store

APK Store bekerja dengan cara mengambil file APK langsung dari Google Play Store sehingga keamanan aplikasi dari APK Store juga terjamin.

Meski sistem keamanan yang digunakan oleh APK Store tidak secanggih dua situs sebelumnya, namun situs ini masih bisa menjadi alternatif tempat untuk download aplikasi Android yang tidak ada di Google Play Store.

#4. Yalp Store


Yalp Store

Berbeda dengan tiga situs sebelumnya, Yalp Store tidak menyediakan situs download APK di halaman situsnya. Untuk menggunakannya, kamu perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi bernama F-Droid lalu download APK Yalp Store dari F-Droid.

Setelah itu baru kamu bisa menggunakan Yalp Store untuk mendownload APK langsung dari Google Play Store yang tentunya APK tersebut aman dari modifikasi serta virus dan malware.

Adapun kelebihan dari Yalp Store yaitu kamu tidak harus mempunyai akun Google untuk mendownload sebuah APK, serta dapat mengupdate otomatis aplikasi yang terinstal jika smartphone kamu sudah di-root.

#5. Aptoide


Aptoide

Aptoide memiliki 200 juta user aktif dengan lebih dari 6 milyar file unduhan. Situs ini juga merupakan situs pertama yang menggunakan teknologi blockchain dan cryptocurrency untuk pembayaran digital yang disebut AppCoins.

Tidak seperti empat situs sebelumnya, pemilik store di Aptoide dapat mengelola file APK di store mereka sendiri. Jadi ada banyak APK modifikasi di situs ini.

Meskipun demikian, dijelaskan dalam deskripsi dari masing-masing aplikasi di situs ini masih terjamin keamanannya terhadap virus dan malware.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.