10 October 2018

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Resmi Dirilis dengan Layar Lebih Besar dan Kemampuan Kamera yang Lebih Ditingkatkan


Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Google akhirnya resmi meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya yakni Pixel 3 dan Pixel 3 XL dalam sebuah acara yang bertajuk "Made By Google" yang digelar di New York, Amerika Serikat, Selasa (09/10/2018) waktu setempat.

Dari segi desain, Pixel 3 dan Pixel 3 XL masih mengusung desain yang sama seperti Pixel 2. Hanya saja, kedua smartphone ini memiliki dimensi layar yang sedikit lebih besar.

Baca juga: Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya

Pixel 3 memiliki layar P-OLED berukuran 5,5 inchi beresolusi Full HD+ (1080 x 2160 pixel) tanpa notch, sedangkan Pixel 3 memiliki layar P-OLED berukuran 6,3 inchi beresolusi Quad HD+ (1440 x 2960 pixel) dengan notch. Duo smartphone ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang terletak di bagian depan dan juga lolos uji sertifikasi IP68 (tahan air dan debu).

Untuk menunjang kinerjanya, baik Pixel 3 dan Pixel 3 XL sama-sama ditenagai oleh prosesor Snapdragon 845, RAM 4GB, memori internal 64GB / 128GB, dan OS Android 9.0 Pie yang terintegrasi dengan Google Assistant dan Google Lens.

Selain itu ada pula chip keamanan baru yang disebut “Titan M” yang diklaim sebagai satpam virtual terbaik yang akan memberikan perlindungan untuk kerahasiaan data login, enkripsi seluruh partisi, hingga keamanan data aplikasi.

Pixel 3 memiliki baterai berkapasitas 2915 mAh, sedangkan Pixel 3 XL baterainya berkapasitas 3430 mAh. Pixel 3 dan Pixel 3 XL juga dilengkapi dengan fitur Qi Wireless Charging dan menjadi seri smartphone Google pertama yang mendukung fitur ini.

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Tak mengikuti tren dual-camera belakang, Pixel 3 dan Pixel 3 XL masih hanya mengusung satu kamera belakang yang beresolusi 12,2 MP (f/1.8) dan LED Flash. Uniknya, Google justru menempatkan dual-camera di bagian depan pada Pixel 3 dan Pixel 3 XL yang masing-masing beresolusi 8 MP + 8 MP yang salah satunya adalah lensa wide-angle 97 derajat.

Kamera pada Pixel 3 dan Pixel 3 XL juga didukung dengan fitur kecerdasan buatan atau AI dan beberapa fitur menarik yang lebih ditingkatkan kemampuannya, seperti fitur “Top Shot” yang memungkinkan pengguna memilih hasil foto terbaik dari beberapa jepretan dan “Super Res Zoom” menggunakan banyak frame dan kemampuan AI untuk memberikan hasil foto yang tajam.

Selain itu, ada pula fitur “Night Shot” yang lebih handal dalam menangkap objek dengan lebih tajam pada kondisi minim cahaya, dan “Photobooth” yang secara otomatis membidik foto selfie ketika pengguna tersenyum.

Untuk harganya, Google Pixel 3 varian memori internal 64GB dibanderol seharga USD 799 atau sekitar Rp 12 jutaan, sedangkan Google Pixel 3 XL varian memori internal 64GB dibanderol seharga USD 899 atau sekitar Rp 13,6 jutaan.

Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan segera tersedia di Google Store yang tersebar di beberapa negara (tidak termasuk Indonesia) mulai 18 Oktober 2018 mendatang.