23 May 2019

Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie


Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie

Selain menggunakan VPN (Virtual Private Network), kita juga bisa menggunakan layanan DNS (Domain Name System) untuk dapat mengakses berbagai situs yang diblokir di beberapa negara tertentu.

Nah di versi Android 9 Pie, Google telah menghadirkan berbagai fitur keamanan untuk meningkatkan privasi penggunanya, salah satunya yaitu fitur Private DNS.

Seperti namanya, Private DNS ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan custom DNS di Android sehingga saat pengguna mengakses internet, penyedia layanan tidak bisa "mengintip" DNS pengguna karena sudah terenkripsi. Jadi saat Private DNS aktif, maka pengguna dapat mengakses berbagai situs yang diblokir oleh operator jaringan.

Android 9 Pie hanya mendukung DNS over TLS, dan untuk menggunakan Private DNS di Android 9 Pie ini, kita akan menggunakan layanan DNS resolver milik Cloudflare, yakni 1.1.1.1 yang diklaim sebagai DNS tercepat dan teraman di dunia.

Dan berikut ini cara menggunakan Private DNS di Android 9.0 Pie:
  1. Pertama, silakan buka Setelan.
  2. Lalu buka menu Koneksi atau Jaringan & Internet.
  3. Lalu pilih DNS Pribadi.
  4. Kemudian pilih Hostname penyedia DNS Pribadi, lalu masukkan konfigurasi Hostname 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com seperti gambar di bawah ini. Jika sudah, tap tombol Simpan.

Untuk memastikan apakah Private DNS tersebut sudah aktif, silakan kunjungi situs 1.1.1.1/help atau 1.0.0.1/help. Kemudian, lihat informasi debug pada menu "Using DNS over TLS (DoT)", jika statusnya "Yes", berarti Private DNS di smartphone Android kamu sudah aktif.

Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie

O,iya, dengan menggunakan Private DNS ini, maka kamu juga tetap dapat menggunakan beberapa layanan instant messaging dan jejaring sosial yang down dengan lancar, seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram yang sempat down di Indonesia kemarin.