13 August 2018

Cara Menggunakan VPN di Android


Cara Menggunakan VPN di Android

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana cara menggunakan VPN di PC / komputer. Nah, sekarang giliran bagaimana cara menggunakan VPN di Android.

Baca juga: Cara Menggunakan VPN di PC / Komputer

Kegunaannya juga masih sama, yaitu untuk dapat mengakses situs yang diblokir menggunakan sistem geoblocked atau situs yang diblokir di negara tertentu karena tidak sesuai dengan kebijakan yang berlaku di negara tersebut.

Sama seperti di PC / komputer, pada Android juga ada beberapa cara untuk dapat menggunakan layanan VPN. Yaitu dengan cara manual melalui menu Setting, ataupun dengan menginstal aplikasi pihak ketiga.

Namun pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan layanan VPN dari aplikasi pihak ketiga untuk smartphone Android kita, karena cara ini memang cukup mudah dalam penggunaannya.

Ada banyak sekali aplikasi VPN yang ada di Google Play Store. Dan salah satu aplikasi yang paling aku rekomendasikan yaitu bernama Turbo VPN.

Adapun keunggulan dari Turbo VPN yaitu menawarkan unlimited bandwith dan tentunya gratis! (meskipun aplikasi ini juga menawarkan versi premium dengan server yang lebih kencang, tapi versi gratisnya juga cukup lumayan kencang kok! ^^).

Oke, langsung saja, pertama, silakan download terlebih dahulu aplikasi Turbo VPN di Google Play Store, ataupun kamu juga bisa melalui link di bawah ini:

Download Turbo VPN di Google Play Store

Setelah terinstal, buka aplikasinya, lalu tap icon bumi yang ada di pojok kanan atas. Ada dua tap disana, yaitu "Server lebih cepat" dan "Gratis". Jika kamu belum berlangganan layanan Turbo VPN premium, maka pilih tap "Gratis", lalu silakan pilih server VPN dari negara mana yang kamu inginkan. Pada tutorial ini aku menggunakan server dari negara Singapura.

Turbo VPN

Setelah kamu pilih server VPN dari negara yang kamu inginkan, maka Turbo VPN akan otomatis langsung menghubungkan ke server VPN yang kamu tuju. Jika berhasil terkoneksi, maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Turbo VPN

Sampai disini maka kamu sudah bisa dengan bebas mengakses situs yang terblokir.

Jika kamu ingin memutuskan koneksi VPN, silakan tekan tombol "X" lalu tap "Putuskan koneksi".

Turbo VPN

Itulah cara menggunakan VPN di Android. Dan perlu diperhatikan lagi, sebaiknya gunakan cara ini dengan bijak ya gaes! ^^