Skip to main content

Cara Mudah Menggunakan DNS di Semua Smartphone Android


Cara Mudah Menggunakan DNS di Semua Smartphone Android

Di artikel sebelumnya, aku telah memberikan tutorial bagaimana cara menggunakan Private DNS di Android Pie.

Baca juga: Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie

Namun, tutorial tersebut hanya bisa dicoba oleh pengguna yang smartphonenya sudah menjalankan Android Pie karena memang fitur Private DNS ini mulai baru diterapkan pada Android versi 9 tersebut.

Lantas? Bagaimana dengan pengguna yang smartphonenya masih menjalankan Android versi lawas?

Jangan khawatr dulu, jika smartphone kamu masih menjalankan Android 8 Oreo atau yang lebih lawas, masih ada kok cara lain untuk dapat menggunakan layanan DNS. Yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Di Play Store, ada banyak sekali aplikasi layanan DNS yang bisa di download secara gratis. Namun, dari banyaknya aplikasi yang ada, aku merekomendasikan aplikasi bernama Intra dari developer Jigsaw Operations LLC.

Intra memiliki ukuran file yang kecil, ringan, gratis, tanpa ada batasan bandwith, tanpa iklan, dan tentunya bisa digunakan di semua versi Android.

Untuk menggunakan aplikasi Intra ini juga sangat mudah. Pertama tentu saja kamu download terlalu dahulu aplikasi Intra di Google Play Store ataupun bisa juga melalui link dibawah ini:

Download aplikasi Intra di Google Play Store

Setelah terinstal, kamu bisa langsung saja tap tombol toggle di pojok kanan atas, maka secara default kamu sudah terhubung dengan Google DNS.

Selain Google DNS, Intra juga menyediakan beberapa DNS server built-in, diataranya ada Cloudflare DNS, Quad9 Secure DNS, PowerDNS dan lainnya.

Untuk mengganti DNS server di Intra, buka Menu > Settings > Select DNS over HTTPS Server.

Intra Android

Setelah aktif, maka kamu pun sudah bisa mengakses berbagai situs yang diblokir dan juga dapat kembali menggunakan WhatsApp, Facebook dan Instagram yang saat ini akses di beberapa fiturnya masih dibatasi oleh pemerintah Indonesia terkait aksi demo 22 Mei 2019 lalu.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar