25 May 2019

Cara Mudah Menggunakan DNS di Semua Smartphone Android


Cara Mudah Menggunakan DNS di Semua Smartphone Android

Di artikel sebelumnya, aku telah memberikan tutorial bagaimana cara menggunakan Private DNS di Android Pie.

Baca juga: Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie

Namun, tutorial tersebut hanya bisa dicoba oleh pengguna yang smartphonenya sudah menjalankan Android Pie karena memang fitur Private DNS ini mulai baru diterapkan pada Android versi 9 tersebut.

Lantas? Bagaimana dengan pengguna yang smartphonenya masih menjalankan Android versi lawas?

Jangan khawatr dulu, jika smartphone kamu masih menjalankan Android 8 Oreo atau yang lebih lawas, masih ada kok cara lain untuk dapat menggunakan layanan DNS. Yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Di Play Store, ada banyak sekali aplikasi layanan DNS yang bisa di download secara gratis. Namun, dari banyaknya aplikasi yang ada, aku merekomendasikan aplikasi 1.1.1.1 yang dibuat oleh Cloudflare.

Aplikasi 1.1.1.1 ini memiliki ukuran file yang kecil, ringan, gratis, tanpa ada batasan bandwith, dan bisa digunakan di semua versi Android.

Sama seperti di tutorial sebelumnya, aplikasi 1.1.1.1 juga akan menghubungkan perangkat ke DNS resolver 1.1.1.1 dari Cloudflare yang diklaim sebagai DNS tercepat dan teraman di dunia.

Selain itu, menggunakan layanan DNS diklaim akan jauh lebih aman daripada menggunakan layanan VPN. Sebab, trafik untuk menyamarkan IP lokasi pengguna akan dialihkan ke server pemilik VPN sehingga data pribadi rawan diintip.

Untuk menggunakan aplikasi 1.1.1.1 ini juga sangat mudah. Pertama tentu saja kamu download terlalu dahulu aplikasi 1.1.1.1 di Google Play Store ataupun bisa juga melalui link dibawah ini:

Download aplikasi 1.1.1.1 di Google Play Store

Setelah terinstal, silakan buka aplikasi 1.1.1.1 lalu langsung saja tap tombol menjadi "Connected" untuk mengaktifkan layanan DNS milik Cloudflare.

Aplikasi 1.1.1.1

Setelah aktif, maka kamu pun sudah bisa mengakses berbagai situs yang diblokir dan juga dapat kembali menggunakan WhatsApp, Facebook dan Instagram yang saat ini akses di beberapa fiturnya masih dibatasi oleh pemerintah Indonesia terkait aksi demo 22 Mei 2019 lalu.