Skip to main content

ASUS Zenfone 6 Resmi Dirilis dengan Desain Flip Camera


ASUS Zenfone 6

ASUS beberapa waktu lalu resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya yakni ASUS Zenfone 6 dalam sebuah acara peluncuran yang digelar di Valencia, Spanyol.

ASUS Zenfone 6 mengusung beberapa fitur yang sangat menarik. Salah satunya yaitu memiliki desain flip camera yang dapat langsung digunakan sebagai kamera depan maupun kamera belakang.

Adapun mekanisme flip camera pada Zenfone 6 ini adalah kamera belakang akan membalik kedepan saat pengguna akan menggunakannya sebagai kamera selfie. ASUS mengklaim, desain flip camera ini bisa bertahan sebanyak 100.000 kali dibuka-tutup, atau kurang lebih sekitar 28 kali digunakan setiap hari selama lima tahun.

Desain flip camera pada Zenfone 6 ini memuat dua lensa yang masing-masing terdiri dari lensa utama 48 MP (f/1.8) dengan sensor Sony IMX586 dan lensa ultra-wide 13 MP dengan sudut pandang 125 derajat. Kamera tersebut didukung dengan EIS, HDR+ Enhanced, Super Night Mode dan perekaman video 4K @60fps.

ASUS Zenfone 6

Dari tampilan depan, Zenfone 6 mengusung layar IPS seluas 6,4 inchi Full HD+ dengan aspek rasio 19,5:9 serta memiliki screen-to-body ratio mencapai 92 persen. Layarnya juga memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nits dan mendukung DCI-P3, HDR10, serta dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 6.

Untuk menjaga agar perangkat tetap solid, bodi Zenfone 6 terbuat dari aluminium series 6000 dan desain kamera flipnya terbuat dari meterial Liquid Metal yang diklaim lebih ringan dan lebih kuat dari Stainless Steel. Kamera flip tersebut akan menutup secara otomatis ketika perangkat terjatuh.

Sedangkan untuk menunjang kinerjanya, Zenfone 6 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855, RAM 6GB / 8GB dan memori internal berteknologi UFS 2.1 dengan kapasitas 64GB / 128GB / 256GB.

Zenfone 6 berjalan pada sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ZenUI 6 dan dijanjikan nantinya akan mendapatkan update ke Android Q dan Android R. Smartphone ini ditopang oleh baterai berkapasitas jumbo, yakni sebesar 5.000 mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0.

ASUS Zenfone 6

Untuk fitur pendukung lainnya, Zenfone 6 dilengkapi dengan triple-slot (2 slot Nano-SIM dan 1 slot microSD hingga 2TB), sensor fingerprint di belakang perangkat, port USB Type-C, NFC, sertifikasi Hi-Res audio, dan port jack audio 3.5 mm.

Penasaran dengan harganya? Zenfone 6 varian 6GB/64GB dibanderol seharga 499 Euro (sekitar Rp 8,8 jutaan), varian 6GB/128GB seharga 599 Euro (sekitar Rp 9 jutaan) dan varian 8GB/256GB seharga 599 Euro (sekitar Rp 9,7 jutaan).

Kabarnya ASUS akan perdana memasarkan Zenfone 6 di wilayah Eropa dan tersedia di situs resmi ASUS.com serta toko mitra ritelnya mulai tanggal 23 Mei 2019 mendatang. Belum diketahui apakah nantinya smartphone ini juga akan masuk ke Indonesia atau tidak.

UPDATE: ASUS Zenfone 6 resmi hadir di Indonesia. Baca artikel selengkapnya disini.



Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.