17 May 2019

Realme X dan Realme X Lite Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya


Realme X dan Realme X Lite

Setelah muncul berbagai bocoran render gambar dan spesifikasinya, akhirnya beberapa waktu lalu Realme resmi merilis dua smartphone terbarunya yakni Realme X dan Realme X Lite di sebuah acara di Dreamland Art Theatre, Beijing, Rabu kemarin (15/5/2019).

Realme X sendiri merupakan varian yang lebih tinggi, sedangkan Realme X Lite merupakan varian yang lebih rendah dari Realme X. Lantas seperti apa spesifikasinya?

Realme X

Realme X

Realme X merupakan smartphone pertama Realme yang mengusung desain kamera depan pop-up beresolusi 16 MP yang akan memyembul keatas saat kamera selfie diaktifkan.

Selain itu, Realme X juga menjadi smartphone perdana Realme yang memiliki fitur pemindai sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint) yang diklaim memiliki jangkauan 44 persen lebih luas dibandingkan smartphone lain yang memiliki fitur serupa.

Dari segi desain, Realme X memiliki layar fullscreen dengan panel AMOLED seluas 6,5 inchi beresolusi Full HD+ serta rasio screen-to-body yang diklaim mencapai 91.2 persen.

Di bagian belakang, tersemat dual-camera yang beresolusi 48 MP dengan sensor Sony IMX586 dan 5 MP depth sensor serta dilengkapi LED Flash.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Realme X ditenagai oleh prosesor Snapdragon 710 yang dipadukan dengan pilihan RAM 4GB / 6GB / 8GB, memori internal 64GB / 128GB dan berjalan pada sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.0. Baterainya berkapasitas 3.765 mAh didukung dengan teknologi pengisian cepat VOOC 3.0.

Bicara soal harga, Realme X akan dibanderol dengan harga mulai dari CNY 1499 atau sekitar Rp 3 jutaan untuk varian RAM 4GB / internal 64GB. Sedangkan untuk varian tertinggi dengan RAM 8GB / internal 128GB dibanderol seharga CNY 1799 atau sekitar Rp 3,7 jutaan.

UPDATE: Realme X resmi hadir di Indonesia. Baca artikel selengkapnya disini.

Realme X Lite

Realme X Lite

Realme X Lite sendiri sejatinya merupakan Realme 3 Pro yang khusus dipasarkan di China. Oleh sebab itu, desain dan spesifikasi Realme X Lite mirip seperti Realme 3 Pro yang sebelumnya juga telah dirilis di Indonesia dan India.

Baca juga: Realme 3 Pro dan Realme C2 Resmi Hadir di Indonesia

Dari segi desain, Realme X Lite mengusung layar seluas 6,3 inchi dengan resolusi Full HD+ serta memiliki notch waterdrop untuk modul kamera depan beresolusi 25 MP.

Realme X Lite juga dibekali dengan dual-camera di belakang yang masing-masing beresolusi 16 MP dan 5 MP. Terdapat pula sensor sidik jari yang tersemat di punggung perangkat.

Untuk menunjang kinerjanya, Realme X Lite diotaki oleh prosesor Snapdragon 710 yang dikombinasikan dengan pilihan RAM/memori internal, yakni 4GB/64GB, 6GB/64GB, dan 6GB/128GB.

Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.0 dan ditopang oleh baterai berkapasitas 4045 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat VOOC 3.0.

Untuk harganya, Realme X Lite varian 4GB/64GB dibanderol seharga CNY 1119 (sekitar Rp 2,3 jutaan), varian 6GB/64GB seharga CNY 1299 (sekitar Rp 2,7 jutaan) dan varian 6GB/128GB seharga CNY 1499 (sekitar Rp 3,1 jutaan).

Ketersediaan

Untuk saat ini, Realme X dan Realme X Lite baru akan dipasarkan di China. Dan kabar baiknya, besar kemungkinan jika varian Realme X juga akan dihadirkan di Indonesia dalam waktu dekat.