08 November 2018

Samsung Resmi Perkenalkan Smartphone Layar Lipat Infinity Flex Display


Samsung Smartphone Layar Lipat

Setelah cukup lama menjadi perbincangan, kini Samsung akhirnya resmi memperkenalkan konsep desain perangkat layar lipat besutannya dalam acara Samsung Developer Conference 2018 yang digelar di Moscone Centre San Fransisco, Amerika Serikat.

Adapun layar fleksibel yang bisa dilipat ini disebut Samsung dengan nama Infinity Flex Display. Layar ini menggunakan panel AMOLED yang saat dibentangkan memiliki ukuran seluas 7,6 inchi dan beresolusi 1536 x 2152 pixel dengan aspek rasio 4,2:3 sehingga menyerupai sebuah tablet. Saat dalam "mode tablet", perangkat akan dapat menampilkan tiga aplikasi secara bersamaan menggunakan sistem Multi-Active Display.

Sedangkan saat layar dilipat secara vertikal, perangkat akan berubah menjadi seukuran smartphone dengan layar yang berukuran seluas 4,6 inchi beresolusi 840 x 1960 pixel dan memiliki aspek rasio 21:9.

Smartphone Layar Lipat

Lebih jelasnya mengenai desain smartphone lipat dari Samsung ini, bisa kamu lihat gambar animasi dibawah ini:

Samsung Smartphone Layar Lipat

Menurut Samsung, Infinity Flex Display dirancang untuk kebutuhan perangkat yang dapat berubah sesuai kebutuhan tanpa harus mengorbankan portabilitas. Oleh karena itu, Samsung juga turut memperkenalkan tampilan antarmuka baru bernama One UI untuk mendukung perangkat dengan layar fleksibel besutannya tersebut.

One UI memiliki icon pack baru dengan desain yang membulat, tampilan mode gelap atau dark mode, tema baru yang dapat di kustomisasi, dan sistem navigasi baru berbasis gestur karena One UI dibangun berdasarkan Android 9.0 Pie.

Samsung One UI

Selain dirancang untuk perangkat dengan layar lipat, nantinya One UI juga digunakan untuk smartphone Samsung lainnya yang memiliki layar memanjang atau memiliki aspek rasio 18:9. Tampilan antarmuka baru ini dirancang lebih minimalis, intuitif, dan lebih dioptimalkan untuk produktivitas yang lebih baik.

Hingga saat ini, belum ada kabar pasti mengenai kapan Samsung bakal merilis smartphone layar lipatnya ini kepasaran. Namun menurut beberapa sumber, smartphone layar lipat besutan Samsung ini akan segera memasuki tahap produksi massal dalam beberapa bulan kedepan, dan untuk prototypenya kemungkinan akan diperkenalkan di ajang MWC 2019 mendatang.

Baca juga: Inilah FlexPai, Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia