02 November 2018

Inilah FlexPai, Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia


FlexPai

Belakangan ini, kita sering mendengar kabar jika Samsung, Lenovo, LG, bahkan Huawei bakal segera memperkenalkan smartphone dengan layar fleksibel yang bisa dilipat mulai tahun depan.

Namun sepertinya kita tidak perlu menunggu hingga tahun depan, sebab, hari ini vendor ponsel asal Amerika Serikat, Royole, telah resmi memperkenalkan smartphone dengan layar lipat komersial pertama dunia yang bernama FlexPai.

Jika dibentangkan, FlexPai memiliki layar seluas 7,8 inchi dengan aspek rasio 4:3 layaknya sebuah tablet. Dan apabila layarnya dilipat, FlexPai berubah layaknya smartphone yang layarnya memiliki ukuran 4 inchi. Untuk layar FlexPai menggunakan panel AMOLED fleksibel yang dikembangkan sendiri oleh Royole.

FlexPai memiliki ketebalan 7,6 mm saat dibentangkan dan 15,2 mm saat layarnya dilipat. Layar fleksibel perangkat ini diklaim mampu dibentangkan dan dilipat hingga 200.000 kali.

Selain sebagai smartphone dengan layar lipat pertama dunia, FlexPai juga merupakan smartphone pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8150 dengan fabrikasi 7nm. Prosesor tersebut dipadukan dengan pilihan RAM 6GB / 8GB, memori internal 128GB / 256GB / 512GB, dan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka Water OS yang dapat menyesuaikan ukuran layar.

FlexPai juga dibekali dengan dual-camera belakang 16 MP + 20 MP dan ketika layarnya dilipat, pengguna bisa menggunakan dual-camera belakang tersebut untuk mengambil foto selfie.

Untuk fitur pendukung lainnya, FlexPai dilengkapi dengan port USB Type-C, jack audio 3.5 mm, dan baterai berkapasitas 3800 mAh yang didukung pengisian daya cepat Ro-Charge.


Penasaran dengan harganya? Royole bakal membanderol FlexPai dengan harga yang sangat tinggi. Untuk varian termurahnya saja dibanderol seharga USD 1290 atau sekitar Rp 19,5 jutaan dan varian termahal dibanderol seharga USD 1865 atau sekitar Rp 28 jutaan. Kabarnya smartphone layar lipat ini bakal segera tersedia mulai Desember 2018 mendatang.

Bagaimana? Apakah kamu berminat untuk memiliki smartphone dengan desain layar lipat ini?