07 August 2018

Resmi Diumumkan, Nama Android P Adalah Android 9.0 Pie


Android 9.0 Pie

Akhirnya teka-teki mengenai nama resmi untuk Android P telah terungkap. Karena Google telah mengumumkan nama resmi dari sistem operasi Android terbaru itu adalah Android 9.0 Pie.

Yap, Google menggunakan nama kue “Pie” sebagai nama kepanjangan dari Android P, bukan “Popsicle” ataupun “Pistachio” seperti bocoran yang telah beredar sebelumnya. (Baca juga: Benarkah Es Krim “Pistachio” Akan Menjadi Nama Resmi Android P?)

Dan bicara soal Android 9.0 Pie, sistem operasi Android terbaru tersebut hadir dengan berbagai fitur terbaru. Salah satunya yaitu dukungan untuk smartphone yang menerapkan desain layar bezel-less dan yang memiliki notch atau “poni” yang saat ini tengah menjadi tren.

Selain itu, sistem navigasi di Android 9.0 Pie ini juga diperbarui dengan lebih banyak menggunakan mekanisme gestur. Pengguna cukup menggeser layar ke atas untuk membuka app drawer. Lalu geser layar ke kiri untuk membuka aplikasi yang sedang berjalan atau "recent apps" dan geser layar ke kanan untuk menjalankan fungsi "back".

Fitur menarik lainnya ada Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Kedua fitur tersebut memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning untuk menyesuaikan setting baterai dan layar sesuai kebiasaan penggunanya.

Ada pula fitur Digital Welbeing yang akan menunjukkan seberapa lama pengguna membuka smartphone dan aplikasi apa saja yang paling banyak dibuka.

Android 9.0 Pie juga akan dilengkapi dengan fitur yang membantu mengatasi kecanduan smartphone. Seperti pengguna bisa membatasi waktu penggunaan aplikasi dengan App Timer.

Serta ada fitur Wind Down yang mengaktifkan fitur Night Mode dan Do Not Disturb yang kemudian akan membuat layar menjadi memudar sebelum waktu tidur yang telah diatur sebelumnya oleh pengguna.

Update Android 9.0 Pie sendiri sudah digulirkan mulai hari ini. Dan seri smartphone Google Pixel adalah perangkat pertama yang mencicipi versi Android ke-9 ini lewat update secara OTA (Over-The-Air).

Untuk selanjutnya, adalah smartphone yang termasuk kedalam daftar Android P Beta Program, seperti Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21, Vivo X21UD, dan OnePlus 6 akan segera menerima update tersebut dalam waktu dekat. (Baca juga: Google Rilis Android P Developer Preview 2 dengan Banyak Perangkat yang Bisa Mencobanya)

Sumber: Android