11 May 2018

Google Rilis Android P Developer Preview 2 dengan Banyak Perangkat yang Bisa Mencobanya


Android P Developer Preview

Google telah membuka event Google I/O 2018 yang digelar di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dalam event tahunan tersebut, Google juga merilis Android P dalam versi beta atau Developer Preview tahap ke-2. Dalam event tersebut, Google juga membeberkan berbagai fitur baru di Android P Developer Preview 2.

Baca juga: Android P Developer Preview Resmi Dirilis, Inilah Berbagai Fitur Barunya

Dalam penjelasan Google, nantinya versi Android teranyar, yakni Android P ini, fungsi recent apps akan "dihilangkan". Dan sebagai gantinya, Android P akan dilengkapi fitur gestur, cara kerjanya mirip seperti interface pada iOS. Dimana pengguna dapat melakukan swipe-up (usap keatas) layar untuk melihat aplikasi mana saja yang terakhir dibuka.

Ada pula fitur Adaptive Battery, yang diklaim dapat menurunkan CPU wake up (masa aktif CPU) sebanyak 30 persen, sehingga daya baterai pun akan bertahan lebih lama.

Selain itu, Google Assistant serta beberapa aplikasi Google lainnya, seperti Google Search dan Google Play kini mendapatkan dukungan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang akan mampu memprediksi aktivitas pengguna selanjutnya.

Nah, buat kamu yang sangat penasaran dengan Android P Developer Preview 2, berikut adalah video rangkuman fitur lengkapnya yang dirangkum oleh tim Android Developers:


Menariknya, tidak seperti Developer Preview di versi Android sebelumnya dimana hanya bisa dicoba pada smartphone buatan Google saja, seperti Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL. Kini Google juga menambahkan daftar perangkat Android selain buatan Google yang bisa mencoba versi Developer Preview dari Android P ini, yaitu Xiaomi Mi Mix 2S, Essential PH-1, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan OnePlus 6 (yang akan segera dirilis).

Jadi, jika smartphone milikmu termasuk kedalam daftar diatas dan kamu ingin mencoba Android P Developer Preview 2, silakan kunjungi halaman Android Developers, lalu pilih tipe smartphone milikmu, kemudian pilih opsi "GET THE BETA", maka nantinya kamu akan diarahkan ke situs Android Developer dari masing-masing perangkat.

Namun, bagi perangkat yang bukan buatan Google, cara penginstalannya berbeda dengan perangkat Pixel. Karena tidak ada instalasi over-the-air (OTA), maka kamu harus melakukan flashing perangkat untuk menginstal Android P Developer Preview 2 dengan mengikuti instruksi yang tertera dihalaman.

Untuk versi final dari Android P ini kemungkinan akan diluncurkan oleh Google pada kuartal ketiga tahun 2018 ini beserta nama resmi dari Android P.