08 May 2018

5 Browser Android Paling Ringan, Cocok untuk Smartphone Berspesifikasi Rendah


Browser Android

Selain aplikasi sosial media dan instant messaging, browser juga salah satu aplikasi yang cukup penting dan harus ada di perangkat smartphone. Karena dengan browser, kita bisa mencari berbagai informasi di internet, seperti membaca berita, hingga mencari hiburan di dunia maya.

Di Android sendiri, sebenarnya sudah ada aplikasi browser bawaan,yakni Google Chrome. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan jika Chrome cukup berat bila dijalankan di smartphone berspesifikasi rendah, terutama smartphone dengan RAM 1GB atau kebawah.

Tapi, bagi kamu yang sampai saat ini masih menggunakan smartphone berspesifikasi rendah, jangan khawatir, masih ada kok beberapa pilihan browser yang ringan dan bahkan bisa berjalan dengan di smartphone yang hanya memiliki RAM sebesar 512MB loh.

Berikut ini adalah 5 pilihan browser Android yang paling ringan, cocok untuk smartphone berspesifikasi rendah:

#1. Puffin Web Browser

Puffin Web Browser

Puffin Web Browser dinobatkan sebagai salah satu browser paling ringan di Google Play Store. Bahkan saking ringannya, Puffin browser masih bisa digunakan dengan lancar di smartphone dengan RAM 512GB saja lho!.

Meskipun ringan, Puffin Web browser telah dilengkapi dengan banyak fitur loh. Salah satunya yaitu flash player yang saat ini fitur tersebut sudah ditinggalkan oleh browser modern, dan juga bisa digunakan untuk membuka situs web yang diblokir.

Download Puffin Web Browser di Google Play Store


#2. Opera Mini

Opera Mini

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan browser yang satu ini, Ya, apalagi kalau bukan Opera.

Untuk perangkat mobile, Opera sendiri memiliki banyak versi. Namun yang paling ringan adalah Opera Mini. Di Google Play Store, Opera Mini sudah di download lebih dari 50 juta kali. Jadi, sudah terbukti kalau performa browser ini sudah tak diragukan lagi.

Download Opera Mini di Google Play Store


#3. Dolphin Browser

Dolphin Browser

Selain ringan, Dolphin Browser juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, salah satunya yaitu fitur gestur. Dengan menggunakan gestur tertentu, maka kamu bisa membuka suatu website dengan lebih cepat.

Tidak cuma itu saja, browser berlogo ikan lumba-lumba ini juga dilengkapi dengan banyak add-ons lho!. Jadi kamu bisa menambah fitur browser ini sesukamu.

Download Dolphin Browser di Google Play Store


#4. Firefox Rocket

Firefox Rocket

Tahun lalu, Mozilla meluncurkan browser mobile terbaru mereka bernama Firefox Rocket. Dan menariknya, ini Firefox Rocket dibuat hanya khusus untuk pengguna Android di Indonesia saja lho!!. Selain ringan, Firefox Rocket juga dapat berjalan dengan lancar meski dalam koneksi internet yang lambat.

Firefox Rocket menawarkan berbagai fitur andalan, salah satunya yakni Turbo Mode untuk memblokir iklan dan Block Images untuk memblokir loading gambar agar lebih cepat dalam membuka halaman web dan tentunya juga akan lebih hemat data.

Baca juga: Firefox Rocket Resmi Diluncurkan, Browser Khusus untuk Orang Indonesia

Download Firefox Rocket di Google Play Store


#5. Jelly Browser

Jelly Browser

Mungkin kamu masih begitu asing dengan browser satu ini. Jelly Browser merupakan browser yang dikembangkan oleh pengembang LineageOS, itu lho! Custom ROM baru penerus CyanogenMod.

Jelly Browser hanya membawa beberapa fitur dasar browser saja. Oleh karena itu, browser ini bisa berjalan dengan sangat ringan, bahkan di smartphone dengan RAM 512MB saja.

Download Jelly Browser di Google Play Store

Nah, itulah 5 browser Android paling ringan yang cocok untuk smartphone berspesifikasi rendah. Punya tambahan browser ringan lainnya? Silakan bagikan melalui kolom komentar. ;)