24 February 2018

Cara Menampilkan Kembali Tombol "View Image" di Google Search


Tombol View Image di Google Search

Seperti yang telah kita ketahui, Google baru saja menghilangkan tombol "View Image" di halaman pencarian gambar Google Search. Langkah Google menghilangkan tombol "View Image" bertujuan untuk mengurangi pelanggaran hak cipta.

Karena, saat ini banyak pencari gambar bisa mendapatkan gambar dengan mudah untuk kepentingan komersial tanpa izin atau atribusi kepada pemiliknya terlebih dahulu. Hal ini yang mengakibatkan Goole digugat oleh Getty Images, situs penyedia gambar berlisensi.

Sebelumnya, tombol "View Image" sangat berguna bagi para pencari gambar karena pengguna dapat melihat dan mengunduh gambar dengan mudah tanpa perlu mengunjungi situs tempat gambar dimuat.

Dengan dihilangkannya tombol "View Image", maka pengguna terpaksa harus memilih tombol "Visit" untuk mengunjungi situs tempat gambar tersebut dimuat apabila ingin mengunduh gambarnya. Akibatnya, banyak pengguna Google mengeluhkan proses pencarian gambar menjadi semakin ribet.

Meskipun saat ini tombol "View Image" di Google Search telah dihilangkan, tapi kamu masih bisa mengembalikan lagi tombol tersebut dengan mudah kok!.

Caranya, kamu cukup unduh dan instal add-ons atau ekstensi bernama View Image di browser Firefox maupun juga Google Chrome melalui tautan di bawah ini:
Setelah kamu menginstal add-ons atau ekstensi tersebut di browser milikmu, maka tombol "View Image" akan tampil kembali di hasil pencarian gambar Google Search seperti gambar di bawah ini.

Tombol View Image di Google Search

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Jangan lupa bagikan ke teman kamu jika tips ini bermanfaat. ;)