28 July 2017

Inilah Berbagai Fitur Baru yang Hadir di MIUI 9


MIUI 9

Bersamaan dengan dirilisnya Xiaomi Mi 5X dalam acara yang digelar pada Rabu kemarin (26/07/2017), Xiaomi juga resmi memperkenalkan tampilan antarmuka (User Interface) versi terbaru mereka yakni MIUI 9 yang berbasiskan Android 7.0 Nougat. MIUI 9 hadir dengan berbagai fitur terbaru mulai dari Image Search, Smart Assistant, Smart App Launcher, Split-Screen Multitasking hingga System Optimization. Berikut penjelasan singkatnya:

#1. Image Search

Image search MIUI 9

Dengan fitur Image search, pengguna dapat dengan mudah mencari berbagai foto yang diinginkan. Jadi misakan, saat kamu akan mencari foto dengan kata kunci "keluarga", maka fitur Image search akan menampilkan semua foto yang berhubungan dengan keyword tersebut.

Selain itu, pengguna bisa mencari gambar atau foto berdasarkan nama seseorang, lokasi, ekspresi, kejadian, dokumen ataupun juga gambar screenshoot yang tersimpan di smartphone.

Jika pada MIUI 9, fitur ini memang masih tergolong baru. Namun fungsi dari fitur Image Search di MIUI 9 ini sebenarnya sama seperti yang sudah dihadirkan Google melalui versi terbaru dari aplikasi Google Photos.

#2. Smart Assistant

Smart assistant MIUI 9

Fitur Smart assistant di MIUI 9 ini bisa dikatakan merupakan salah satu fitur yang paling menarik di MIUI 9. Karena kabarnya, fitur ini memiliki kemampuan yang mirip seperti Google Assistant. Fitur Smart assistant buatan Xiaomi ini dikatakan mampu menemukan berbagai macam file yang tersimpan di smartphone. Selain itu, fitur ini juga bisa mengakses informasi penting seperti catatan, pengingat jadwal, acara yang ditandai di kalender serta informasi lainnya.

#3. Smart App Launcher

Smart App Launcher MIUI 9

Fitur Smart App Launcher menggunakan algoritma khusus yang berfungsi untuk menyarankan aplikasi yang relevan berdasarkan konten yang tampil di layar. Fitur ini akan mendeteksi kebiasaan pengguna mengenai apa yang ditampilkan pada layar, dan kemudian menyarankan aplikasi lain yang cocok untuk dibuka langsung dari antarmuka yang tampil saat ini.

#4. Split-Screen Multitasking

Split-Screen MIUI 9

Meskipun fitur Split-Screen bukanlah fitur baru di Android, mengingat beberapa smartphone dari vendor lain sudah dibekali dengan fitur ini, namun kehadiran fitur ini di MIUI sudah lama dinantikan oleh para Mi-Fans. Dengan fitur split-screen, pengguna dapat membagi layar untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus (multitasking).

Namun sayangnya, untuk saat ini Xiaomi mengonfirmasi hanya beberapa perangkat saja yang akan mendukung fitur Split-Screen ini, yaitu: Mi 6, Mi 5, Mi Mix, Mi Note 2, Mi Max, Mi Max 2 dan Redmi Note 4X.

#5. System Optimization

Fast App Launch MIUI 9

Pengoptimalan performa pada MIUI merupakan hal yang menjadi prioritas Xiaomi. Dan pada versi MIUI 9 ini, proses membuka aplikasi akan jauh lebih cepat berkat penambahan fitur Dynamic Resource Allocation, dimana terdapat sistem yang mampu mengenali aplikasi mana saja yang sering digunakan. Dengan begitu, aplikasi yang paling sering digunakan akan mendapatkan alokasi CPU lebih banyak, sehingga aplikasi bisa terbuka lebih cepat.

Xiaomi juga membagi optimasi sistem pada MIUI 9 menjadi 12 bagian dengan berbagai fungsi. Masing-masing bagian bisa kamu lihat denah gambar dibawah ini:

System Optimization MIUI 9

Perlu diketahui, bahwa semua fitur diatas hadir di ROM MIUI 9 versi China, jadi untuk MIUI 9 versi Global mungkin akan terdapat perbedaan fitur. Selain mempresentasikan beberapa fitur yang hadir di MIUI 9, Xiaomi juga mengungkapkan data bahwa kini MIUI sudah memiliki 2,8 miliar pengguna aktif dari 142 negara, serta sudah mendukung 55 bahasa. wow!!

Update MIUI 9 sudah mulai dibagikan sejak Kamis kemarin untuk pengguna perangkat Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Note 4X yang telah terdaftar melalui program beta tester. Sementara perangkat lainnya yang mendapatkan update MIUI 9 akan menyusul beberapa hari mendatang (Baca juga: Resmi! Inilah Daftar Perangkat Xiaomi yang Mendapatkan MIUI 9).

UPDATE: Akhirnya Xiaomi Mulai Rilis MIUI 9 Global Beta ROM. Baca artikel selengkapnya disini