Skip to main content

6 Langkah Analisis Kompetitor Yang Perlu Diterapkan Dalam Bisnis

analisa bisnis
Analisis kompetitor bisnis (image: freepik.com)

Adanya pesaing bisnis tentunya merupakan hal yang tidak bisa untuk dihindari. Sehingga agar tidak cranky karena mempunyai pesaing bisnis yang lebih unggul dari jalannya bisnis yang kamu punyai, maka langkah yang perlu diambil adalah dengan melakukan analisis kompetitor bisnis.

Melakukan analisa tersebut bisa mencegah bisnis stagnan serta bisa membantu bisnis lebih berkembang. Langkah untuk analisa kompetitor yang membantu bisnis lebih berkembang adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi Bisnis

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat akan memantau pesaing bisnis adalah dengan mengidentifikasi bisnis yang pesaing bisnis kamu punyai. Seperti kata pepatah, kamu bisa mengalahkan lawan ketika mengenal dengan baik lawan tersebut karena bisa mengetahui tidak hanya dari kekuatan yang dipunyai, tetapi juga dari kelemahannya. Sehingga identifikasi bisnis perlu untuk dilakukan agar bisa mengetahui kompetitor dengan lebih lengkap.

Mulai dari mengenali jenis produk yang ditawarkan atau layanan yang diberikan, jangkauan pasar yang dipunyai, termasuk juga yang paling penting adalah harga yang ditawarkan untuk produk dan layanan yang diberikan.

2. Menentukan Jenis Kompetitor

Setelah melakukan identifikasi kompetitor, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan jenis kompetitor dari hasil analisa yang telah dilakukan. Pembedaan golongan kompetitor sendiri ada dua yaitu kompetitor langsung dan tidak langsung. Untuk kompetitor langsung merupakan pihak usaha yang menawarkan produk atau barang yang jenisnya sama sehingga target pasarnya juga sama.

Kompetitor langsung tersebut perlu mendapatkan analisa yang lebih menyeluruh dan pemantauan yang terus dilakukan karena akan sangat berpengaruh sekali pada bisnis yang dipunyai. Sedangkan untuk jenis kedua yaitu kompetitor tidak langsung yang menawarkan produk yang berbeda tetapi dalam sektor yang sama. Seperti misalnya kuliner yang mempunyai berbagai jenis makanan yang bisa ditawarkan, seperti produk western, tradisional, dan juga lainnya dalam sektor FnB.

3. Memantau Sosial Media

Sekarang ini dalam melakukan analisis kompetitor dimudahkan dengan tools yang bisa digunakan. Ada banyak tools yang memberikan manfaat untuk mengetahui pergerakan yang dilakukan oleh kompetitor. Pemantauan yang paling mudah juga dilakukan dengan melihat sosial media yang dipunyai.

Sehingga dari melihat sosial media bisnis kompetitor yang dipunyai akan mendapatkan data seperti konten yang dihasilkan oleh pesaing bisnis, respon bisnis yang diberikan oleh konsumen, citra dan reputasi bisnis yang dipunyai di mata publik, dan juga hal lainnya yang bisa dilakukan analisis untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mengambil keputusan pemasaran yang tepat untuk bisnis yang kamu punyai.

4. Promosi yang Dilakukan Pesaing Bisnis

Menganalisa pesaing bisnis termasuk juga pemantauan dari sosial media mempunyai manfaat yang digunakan untuk bisa menentukan pemasaran yang lebih tepat. Hal tersebut juga berangkat dari promosi yang dilakukan oleh pesaing bisnis menggunakan indikator dari promo yang diberikan, tools untuk media promosi yang digunakan, promosi produk menggunakan influencer, jangkauan dan keterlibatan audiens yang dipunyai dari pemasaran yang dilakukan kompetitor.

5. Analisa SWOT

SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Di dalam bisnis penting sekali untuk melakukan analisa SWOT yaitu dapat untuk mengenali kekuatan dari pesaing bisnis, kelemahan yang dipunyai kompetitor, peluang yang dipunyai oleh kompetitor, dan juga ancaman kompetitor pada bisnis yang kamu punyai. Analisa SWOT tersebut bisa mengenali kompetitor dengan lebih baik dan menjadi acuan untuk keputusan mengambil langkah pemasaran yang tepat.

6. Merencanakan Strategi yang Tepat

Setelah melakukan berbagai langkah untuk mengetahui kompetitor dan membandingkannya dari bisnis yang kamu punyai. Maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan merencanakan strategi yang tepat. Buat tabel mengenai rumusan SWOT dari pesaing dan bisnis yang kamu miliki. Selanjutnya buatlah strategi pemasaran yang bis dilakukan sehingga dapat untuk membuat bisnis lebih unggul dan diminati oleh konsumen.

Dengan melakukan 6 langkah di atas akan lebih membantu dalam bisnis kamu agar bisa bersaing dengan kompetitor. Analisis kompetitor dapat dilakukan sebagai salah satu faktor untuk membuat keputusan marketing yang tepat agar mempunyai hasil yang lebih baik untuk bisnis kamu.

Pelajari mengenai langkah menganalisa kompetitor dan faktor untuk mendukung membuat pemasaran yang tepat lainnya dengan mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI dengan menghubungi +6281119911168.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.