Skip to main content

7 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak

menggunakan smartphone dengan bijak
Ilustrasi menggunakan smartphone (image: freepik.com)

Di era yang serba digital seperti saat ini, smartphone atau ponsel menjadi perangkat yang selalu dibutuhkan oleh seseorang untuk menemani aktivitas sehari-hari. Tidak hanya sekadar alat komunikasi saja, smartphone kini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari multimedia hingga sebagai alat penunjang produktivitas.

Baca juga:

Dengan segala fitur yang ada pada smartphone, tak jarang pengguna menggunakan smartphone hingga berjam-jam sampai lupa dengan pekerjaannya. Penggunaan yang tidak bijak tersebut dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan mental dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara menggunakan smartphone dengan bijak agar perangkat ini menjadi alat yang memudahkan sehingga akan membawa dampak yang baik untuk keseimbangan hidup.

Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak

Menggunakan smartphone secara terus menerus tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti mata kering. Selain itu dampak yang buruk akan membuat seseorang menjadi anti sosial, yaitu kondisi dimana seseorang asyik sendiri dengan ponselnya dan enggan bersosialisi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi penting sekali untuk menerapakan beberapa tips bijak menggunakan smartphone berikut ini:

1. Instal Aplikasi yang Diperlukan

Tips menggunakan smartphone dengan bijak yang pertama yaitu dengan hanya menginstal aplikasi yang memang benar-benar kamu perlukan untuk mendukung aktivitasmu. Hindari menginstal aplikasi yang dapat menghabiskan waktumu tanpa memberikan manfaat yang signifikan.

2. Perhatikan Pengaturan Privasi

Selalu periksa dan kontrol pengaturan privasi pada smartphone. Pastikan untuk selalu lindungi informasi pribadimu dengan membatasi akses aplikasi ke data sensitif dan perbarui kata sandi secara berkala. Ini membantu mencegah akses yang tidak sah dan menjaga keamanan data yang tersimpan di smartphonemu.

3. Batasi Waktu Penggunaan

Pada smartphone modern terdapat fitur pengingat waktu penggunaan layar. Manfaatkan fitur tersebut untuk mengatur batasan harian. Ini membantu menghindari kecanduan smartphone dan memberikan kesempatan untuk fokus pada kegiatan lainnya.

4. Atur Notifikasi dengan Bijak

Terlalu banyak notifikasi yang masuk dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas. Oleh karena itu, sesuaikan notifikasi dan aktifkan hanya yang benar-benar penting. Ini membantu kamu tetap fokus pada aktivitas yang kamu kerjakan tanpa terganggu oleh berbagai notifikasi yang tidak perlu.

5. Atur Waktu Istirahat Dari Layar

Menatap layar smartphone dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata lelah dan gangguan tidur. Jadi, biasakan untuk mengatur waktu untuk istirahat dari smartphone setidaknya satu jam sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

6. Gunakan Smartphone Hanya Saat Membutuhkan

Banyak orang yang asik sendiri menggunakan smartphone yang tidak pada tempatnya hingga lupa dengan lingkungan sekitar, seperti menggunakan smartphone ketika berkendara, atau ketika berkumpul dengan bersama teman atau keluarga.

Untuk jadi pengguna smartphone yang bijak, sudah sepatutnya kamu tahu kapan waktunya harus menggunakan smartphone dan kapan harus meninggalkannya sejenak untuk hal yang lebih penting dan menikmati momen bersama teman atau keluarga.

7. Jaga Posisi Tubuh

Tips bijak menggunakan smartphone yang terakhir yaitu berkaitan dengan kesehatan tubuh. Kiat ini juga menjadi sesuatu yang penting agar kamu tetap sehat dan terhindar dari dampak negatif penggunaan smartphone.

Jadi posisikan duduk atau berdiri yang baik ketika menggunakan smartphone, usahakan jangan terlalu membungkuk saat menatap layar untuk menghindari masalah kesehatan tulang belakang dan leher. Selain itu, jangan biasakan menggunakan smartphone sambil berbaring untuk menghindari gangguan kesehatan mata.

Nah itulah beberapa tips menggunakan smartphone dengan bijak untuk meningkatkan keseimbangan digital, kesehatan mental, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.