Skip to main content

6 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

HP Android lemot
Ilustrasi menggunakan smartphone (image: freepik.com)

Saat ini smartphone atau HP menjadi perangkat yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas sehari-hari seseorang. Tapi seiring berjalannya waktu, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah kinerja, seperti HP Android yang semakin terasa lambat atau lemot saat dioperasikan.

Umumnya HP Android lemot ketika perangkat menjalankan aplikasi atau melakukan tugas tertentu, seperti keterlambatan respons. Kondisi tersebut terkadang muncul secara tiba-tiba, tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi berkali-kali.

HP Android lemot tentunya dapat mengganggu kenyamanan karena akan menghambat aktivitas, bahkan seringkali membuat frustasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Android yang lemot?

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Kendala HP Android lemot ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan aplikasi berlebihan hingga manajemen sistem yang kurang efisien. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara mengatasi HP Android yang lemot agar kamu dapat menikmati pengalaman menggunakan smartphone yang lebih lancar dan responsif.

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Android memiliki jutaan aplikasi yang bisa di download melalui Play Store, tapi menginstal aplikasi yang berlebihan justru akan membebani RAM karena banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan ruang penyimpanan.

Oleh karena itu, hapus aplikasi yang mungkin jarang atau tidak kamu gunakan kembali. Untuk menghapus aplikasi ini bisa dengan cara tap dan tahan pada aplikasi kemudian pilih Uninstall atau Copot Aplikasi.

2. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Banyak aplikasi yang secara otomatis berjalan bersamaan di latar belakang, seperti aplikasi chatting, sosial media atau aplikasi apapun itu yang membutuhkan koneksi internet secara real-time tentunya akan membebani RAM dan menguras baterai. Oleh karena itu, menutup aplikasi yang tidak diperlukan dan mengatur agar hanya aplikasi penting yang diizinkan berjalan di latar belakang dapat membantu meningkatkan responsivitas perangkat.

Baca juga:

Untuk menutup aplikasi yang tidak kamu inginkan berjalan di latar belakang dapat dengan cara tap dan tahan aplikasi, lalu pilih Info Aplikasi, kemudian pilih Paksa Berhenti.

3. Bersihkan Cache Aplikasi dan File Sementara

Salah satu langkah efektif selanjutnya untuk cara mengatasi HP Android yang lemot adalah dengan membersihkan cache aplikasi dan file sementara. Cache dan file sementara sebenarnya membantu dalam mengoptimalkan kinerja aplikasi. Tapi, jika aplikasi sering digunakan tentu membuat cache dan file sementara menumpuk terlalu banyak yang mengakibatkan memori penyimpanan akan penuh dan membuat HP Android lemot.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih bawaan sistem, menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Store, seperti contohnya CCleaner atau membersihkan secara manual melalui pengaturan aplikasi. Dengan membersihkan cache secara teratur, memungkinkan sistem berjalan lebih lancar.

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Penyeban HP Android lemot juga bisa dipengaruhi oleh ruang penyimpanan yang terlampau penuh oleh sejumlah file dokumen, aplikasi, foto, audio, atau video. Oleh karena itu, mulailah dengan bijak untuk mengelola file yang tersimpan di ponselmu. Idealnya, sisakan ruang kosong untuk penyimpanan sebesar 30% agar perangkat dapat beroperasi dengan lebih efisien.

Kamu dapat mengelola penyimpanan dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, memindahkan file-file ke kartu microSD jika perlu, atau menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive, Mega Cloud, hingga OneDrive untuk menyimpan file penting namun tidak sering digunakan.

5. Lakukan Update Sistem

Beberapa vendor smartphone Android rutin menggulirkan update sistem secara berkala untuk meningkatkan kinerja dan keamanan perangkatnya. Oleh karena itu, pastikan kamu untuk update sistem begitu pembaruan sistem tersedia untuk smartphone Androidmu.

Tujuannya update sistem adalah dapat membantu mengatasi bug dan masalah kinerja yang mungkin telah diperbaiki dalam pembaruan terbaru.

6. Reset ke Setelan Pabrik atau Factory Reset

Cara yang terakhir ini bisa kamu coba jika beberapa cara sebelumnya tidak bisa mengatasi HP Android lemot. Melakukan Factory Reset atau reset ke setelan pabrik akan mengembalikan sistem Androidmu ke pengaturan bawaan pabrik atau seperti kondisi dimana HP saat kamu masih pertama kali membelinya.

Perlu diketahui, melakukan Factory Reset akan menghapus semua aplikasi yang sebelumnya kamu instal, bersama file-file yang tersimpan di memori internal, lalu kemudian mengembalikan setelan sistem ke setelan bawaan pabrik.

Jadi pastikan lakukan backup terlebih dahulu file penting milikmu seperti foto, audio, video atau dokumen lainnya ke microSD atau komputer sebelum melakukan Factory Reset ini.

Nah itulah beberapa cara mengatasi HP Android yang lemot. Dengan langkah-langkah di atas maka kamu dapat menikmati kembali pengalaman menggunakan smartphone Android dengan kinerja yang optimal.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.