Skip to main content

7 Cara Menggunakan Smartphone Agar Produktif

Cara Menggunakan Smartphone Agar Produktif
Menggunakan smartphone untuk bekerja (image: freepik.com)

Di era digital yang berkembang begitu cepat dan dinamis, smartphone telah menjadi alat yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Saat ini, smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat multimedia dan produktivitas.

Namun, penggunaan smartphone yang tidak bijak justru menjadi penghalang utama dalam mencapai produktivitas yang optimal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara menggunakan smartphone agar produktif.

Cara Menggunakan Smartphone Agar Produktif

Agar tidak selalu dianggap sebagai penyebab distraksi yang mengganggu produktivitas, berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan smartphone agar dapat meningkatkan produktivitas.

1. Prioritaskan Aplikasi Penunjang Aktivitasmu

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu download di Play Store ataupun di App Store, mulai dari aplikasi media sosial, fotografi, hingga aplikasi untuk menunjang performa smartphone.

Dari banyaknya aplikasi yang ditawarkan, pilihlah dengan bijak aplikasi yang benar-benar mendukung produktivitas kamu, seperti aplikasi Evernote untuk mencatat ide, Microsoft Office untuk mengedit dokumen secara real-time, dan Microsoft To Do untuk mengelola tugas harian.

Selain itu, tempatkan aplikasi yang sekiranya paling sering kamu buka di halaman depan atau homescreen, jadi kamu bisa mengaksesnya dengan cepat.

2. Kelola Notifikasi yang Penting

Seringkali, notifikasi dari berbagai aplikasi dapat menjadi penyebab gangguan yang menghambat produktivitas. Sebab, jika ada notifikasi yang masuk tentu akan membuat orang kepo dengan notifikasi tersebut lalu buru-buru mengeceknya.

Oleh karena itu, nonaktifkan notifikasi yang tidak penting seperti notifikasi dari aplikasi sosial media untuk membatasi gangguan yang tidak penting saat kamu beraktivitas, dan hanya memprioritaskan notifiikasi dari aplikasi yang penting saja.

3. Manfaatkan Aplikasi Manajemen Waktu

Manfaatkan aplikasi manajemen waktu seperti Todoist, Any.do, atau Microsoft To Do dapat membantu kamu membuat daftar tugas harian yang lebih terorganisir. Dengan merencanakan kegiatan harianmu, kamu dapat memastikan bahwa waktu kamu menggunakan smarphone benar-benar untuk hal yang produktif.

4. Manfaatkan Aplikasi Pengingat

Cara menggunakan smartphone agar produktif selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur kalender pada smartphonemu seperti Google Calendar untuk merencanakan kegiatan harian, rapat, dan tenggat waktu. Dengan mengintegrasikan jadwal kerjamu dengan smartphone, kamu dapat menerima notifikasi dan pengingat waktu yang dapat membantumu tetap teratur dan menghindari keterlambatan.

5. Aktifkan Mode “Do Not Disturb”

do not disturb smartphone
Do not Disturb (image: Shutterstock.com)

Meskipun kamu sudah mematikan notifikasi yang tak penting, namun kadang notifikasi panggilan, pesan, atau notifikasi lainnya yang tak henti-hentinya bisa menjadi gangguan besar ketika mencoba fokus pada pekerjaan atau tugas penting.

Oleh karena itu, coba untuk mengaktifkan mode jangan ganggu atau “Do Not Disturb” pada smartphone kamu untuk sementara waktu agar tidak terganggu dengan notifiikasi tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memungkinkan kamu menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

6. Manfaatkan Fitur Voice Assistant

Voice assistant seperti Siri di iOS atau Google Assistant di Android dapat kamu manfaatkan untuk membantu kamu menyelesaikan tugas dengan cepat tanpa harus mengetik. Gunakan fitur ini untuk melakukan panggilan, mencari informasi, mengirim pesan, atau mengatur pengingat hanya dengan menggunakan suara. Dengan begitu, maka kamu dapat lebih efisien karena tidak perlu repot mengetiknya.

7. Rutin Backup dan Sinkronisasi Data

Selalu lakukan backup secara rutin dan aktifkan sinkronisasi data untuk memastikan keamanan data pentingmu. Kamu bisa menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive, Microsoft OneDrive atau iCloud untuk menyimpan file penting secara aman. Dengan begitu, kamu dapat mengaksesnya kembali di berbagai perangkat dan menghindari kehilangan data yang berharga.

Nah itulah tips cara menggunakan smartphone agar produktif. Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat mengelola waktu dan fokus dengan lebih efektif, sehingga smartphone menjadi alat yang tepat untuk mendukung produktivitasmu.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.