Skip to main content

Perbedaan Jenis Parfum EDT dan EDP yang Wajib Kamu Tahu

Parfum EDT

Parfum telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang yang biasa untuk menyegarkan badan dan cara untuk mengekspresikan diri. Tapi bagi orang awam, biasanya mereka memilih parfum asalkan aroma wanginya sudah sesuai selera.

Padahal, parfum memiliki jenis varian yang memiliki istilah Eau de Toilette (EDT) dan Eau de Perfume (EDP) yang mana kedua jenis parfum tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi karakteristik hingga kegunaannya. Lantas apa perbedaan EDT dan EDP pada parfum?

Pengertian Parfum EDT (Eau de Toilette)

EDT atau Eau de Toilette adalah salah satu jenis parfum yang paling umum ditemui. Kata "toilette" bukan berarti EDT itu pengharum toilet ya,, melainkan berasal dari bahasa Prancis yang berarti grooming atau perawatan pribadi.

Parfum dengan label EDT memiliki konsentrasi minyak esensial yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis parfum Eau de Perfume (EDP). Umumnya, kandungan minyak wangi EDT sekitar 5-10%.

Parfum jenis EDT ini menjadi parfum yang memiliki wangi yang segar dan ringan tapi daya tahan wanginya cenderung tidak lama, hanya tahan sekitar 2-3 jam saja. Jadi pengguna perlu mengaplikasikan berulang jika beraktivitas seharian.

Dalam penggunaannya, parfum jenis EDT ini biasanya cocok digunakan di pagi atau siang hari, sehingga jenis parfum ini sangat cocok untuk situasi kasual atau santai. Sedangkan cara penggunaannya di beberapa area tubuh seperti leher, pergelangan tangan, atau belakang telinga, untuk memaksimalkan distribusi aroma.

Pengertian Parfum EDP (Eau de Parfum)

EDP atau Eau de Parfum adalah jenis parfum yang mengandung konsentrasi minyak esensial yang lebih tinggi. Parfum jenis EDP umumnya memiliki kandungan minyak wangi antara 15-20%. Umumnya, parfum jenis EDT ini memiliki daya tahan wanginya lebih lama, sekitar 10 jam pada kulit dan sekitar 16 jam pada pakaian.

Karena wangi yang dihasilkan parfum jenis EDP ini cukup kuat dan tahan lama, tentu membuat parfum jenis EDP ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari parfum jenis EDT. Parfum jenis EDP lebih cocok untuk acara khusus, seperti pesta dimana kamu bisa meninggalkan kesan yang lebih mendalam.

Dalam penggunaannya, kamu cukup semprotkan sedikit saja Parfum EDP pada titik-titik denyut nadi, seperti pergelangan tangan bagian dalam, di leher, siku dan di belakang telinga.

Tips Memilih Parfum untuk Pria

Parfum EDT

Bagi pria, memilih parfum yang tepat bisa menjadi bentuk ekspresi dari identitas mereka dan meningkatkan kepercayaan diri. Tapi, beberapa pria mungkin merasa memilih parfum yang tepat adalah satu pekerjaan yang sulit. Oleh karena itu, berikut beberapa tips memilih parfum yang tepat untuk pria:

1. Kenali Jenis Aroma yang Disukai

Langkah pertama dalam memilih parfum yang tepat adalah mengenal jenis aroma yang kamu sukai. Ada berbagai jenis aroma parfum, seperti segar, kayu, oriental, dan floral. Aroma segar cocok untuk aktivitas sehari-hari, sementara aroma kayu lebih cocok untuk acara formal atau malam. Jadi, pilihlah aroma yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidupmu.

2. Sesuaikan Dengan kepribadian

Memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian sangat penting. Misalnya, jika kamu seorang yang energik, parfum dengan aroma citrus memberikan kesan segar. Sedangkan, jika kamu memiliki kepribadian yang lebih maskulin, maka parfum dengan aroma woody lebih cocok.

3. Pertimbangkan Konteks Penggunaan

Sesuaikan pemilihan parfum dengan waktu dan tempat penggunaan. Misalnya, parfum dengan aroma segar dan ringan cocok untuk kegiatan sehari-hari atau cuaca panas, sementara aroma yang lebih kuat dan hangat mungkin lebih sesuai untuk malam hari atau acara formal.

4. Lakukan Uji aroma

Setiap orang memiliki pH kulit yang berbeda, yang dapat mempengaruhi cara parfum bereaksi pada tubuh. Parfum yang harum di orang lain mungkin berbeda di kulitmu.

Oleh karena itu sebelum membeli, semprotkan sedikit parfum pada pergelangan tangan dan biarkan selama beberapa jam. Lihat bagaimana aroma berubah seiring waktu dan pastikan aroma itu tetap konsisten.

5. Perhatikan Konsentrasi Parfum

Parfum hadir dalam berbagai tingkat konsentrasi aroma, termasuk Eau de Toilette (EDT) dan Eau de Perfume (EDP) yang memiliki konsentrasi aroma tertinggi. Pilih kekuatan yang sesuai dengan preferensimu dan kebutuhan sehari-hari.

Namun, jika kamu tidak terlalu suka wangi parfum jenis EDP yang aromanya terlalu menyengat, kamu bisa mencoba beberapa produk parfum jenis EDT dari Kahf seperti salah satunya yaitu:

  • Kahf True Brotherhood Eau De Toilette 35 Ml dengan aroma hangat Cinnamon
  • Kahf Humbling Forest Eau De Toilette 35 Ml dengan aroma dedaunan Cypress dan Cedarwood yang sejuk
  • Kahf Invigorating Waterfall Eau De Toilette 35 Ml dengan aroma floral yang fresh
  • Kahf Revered Oud Eau De Toilette 35 Ml dengan aroma Oud yang kalem

Kahf sendiri merupakan brand skincare khusus pria yang hadir dengan terobosan baru dan relevan dengan kebutuhan saat ini. Kahf hadir dengan berbagai rangkaian produk halal, berkualitas, terinspirasi dari alam untuk perawatan kulit dan kebersihan diri.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.