Skip to main content

Cara Membedakan Centang Biru Instagram / Meta Berbayar Dan Asli

Centang Biru Instagram
Meta Verified. (image: digination.id)

Meta platforms memang punya salah satu fitur berbayar yang cukup populer belakangan ini, yaitu centang biru Meta, ini adalah salah satu layanan yang memungkinkan bagi siapa saja untuk bisa mendapatkan centang biru di akun sosial media yaitu Facebook maupun juga Instagram yang dimiliki. Dimana dulunya centang biru ini memang tidak bisa didapatkan oleh sembarangan orang, hanya mereka public figure ataupun juga beberapa akun lembaga resmi saja yang bisa mendapatkannya.

Namun belakangan ini dengan membayar sejumlah uang, yaitu dengan berlangganan Meta Verified maka nantinya Kamu sudah bisa menikmati fitur atau layanan tersebut. Bisa dicoba jika memang Kamu ingin tahu bagaimana rasanya mendapatkan centang biru. Karena sebenarnya dengan adanya centang biru ini juga akan memberikan manfaat tersendiri bagi kalangan-kalangan tertentu, diantara manfaat yang dapat dirasakan adalah:

  1. Merupakan orang yang terkenal atau dicari banyak orang, sebenarnya centang biru ini sendiri menjadi penanda atau petunjuk bahwa akun tersebut adalah milik dari orang terkenal atau seseorang yang banyak dicari lewat media sosial tersebut.
  2. Menambah pride tersendiri, banyak orang yang merasa lebih gaya atau tampak terkenal dengan memiliki centang biru, dibandingkan dengan yang tidak centang biru.Bisa meningkatkan kepercayaan, jika seandainya centang biru ini ada pada akun seperti halnya perusahaan atau brand-brand tertentu, maka kehadirannya akan semakin meningkatkan kepercayaan konsumen.
  3. Menambah jumlah followers, kebanyakan pengguna sosial media menunjukkan ketertarikan pada akun yang punya centang biru meta ini, sehingga kemudian memutuskan untuk follow atau mengikuti akun tersebut, jadi jumlah followers mereka juga akan meningkat.

Namun sebenarnya Kamu juga patut waspada, karena sebenarnya keberadaan dari centang biru berbayar atau berlangganan sendiri akan memberikan dampak-dampak negatif, seperti diantaranya adalah disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan. Seperti yang banyak terjadi belakangan ini, pastinya Kamu tahu bukan, bahwa ada banyak akun centang biru yang mengatasnamakan perbankan tertentu, seperti diantaranya adalah bank BCA ataupun perbankan yang lainnya.

Karena memang punya nama yang sama serta logo juga mirip maka banyak orang yang menyalahartikan dan mengikutinya. Bahkan salah satu hal yang cukup meresahkan adalah, tak jarang diantara akun tersebut yang kemudian mengirimkan pesan layaknya mereka adalah pihak perbankan.

Seperti diantaranya adalah pesan yang isinya tawaran menarik kepada nasabah tersebut, meminta data-data pribadi seperti nomor kartu kredit atau debit, data diri dan OTP yang masuk ke ponsel, hingga kemudian meretas data Kamu. Hal semacam ini sering terjadi serta banyak yang dirugikan, karena akun mereka diretas dan seluruh isi rekening terkuras habis.

Cara Membedakan Centang Biru Meta Berbayar Dan Asli

Penting sekali untuk berhati-hati tidak asal mengikuti akun yang centang biru di sosial media, apalagi jika ada yang mengirimkan pesan kepada Kamu. Lalu yang tidak kalah penting hendaknya Kamu juga harus tahu perbedaan antara centang biru meta berlangganan serta asli (akun terverifikasi oleh Meta), yaitu:

  1. Buka dan masuk ke akun instagram Kamu.
  2. Kamu bisa membuka sembarang akun, khususnya akun yang memang sudah centang biru, karena sekarang ini ada semakin banyak akun yang mendapatkan centang biru di Instagram, contohnya adalah akun orang terkenal atau selebriti.
  3. Setelah itu pada bagian profil, Kamu dapat mengeklik titik tiga yang terdapat pada bagian pojok kanan atas.
  4. Setelah itupilih ikon titik tiga yang ada di kanan atas dan pilih “about this account”.
  5. Jika akun tersebut terverifikasi (verified) pada bulan Juni 2023 atau sebelumnya, maka dipastikan bahwa akun tersebut terverifikasi langsung dari Meta atau tidak berbayar. Namun, jika akun bercentang biru tersebut terverifikasi pada setelah bulan Juli 2023, maka besar kemungkinan jika akun tersebut mendapatkan centang biru dengan berlangganan Meta Verified.

Mudah bukan cara untuk cek centang biru ini asli atau berbayar. Kamu khususnya adalah pengguna internet aktif sekarang ini harus lebih waspada juga. Mengingat pada dasarnya tindak kejahatan semacam ini marak terjadi serta ada begitu banyak modusnya, bisa saja suatu saat nanti Kamu yang akan menjadi korban.

Ingat bahwa pada akun resmi perbankan, seperti akun resmi BCA tidak akan mengirimkan pesan pertama kali kepada Kamu. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca di : https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2023/08/15/11/56/sekarang-di-meta-bisa-berlangganan-centang-biru-gimana-cara-bedakan-akun-resmi-dengan-akun-penipu

Centang biru meta ini bisa didapatkan oleh siapa saja, termasuk Kamu yang bukan siapa-siapa jika mau membayar maka bisa mendapatkannya. Sehingga jangan mudah untuk terkecoh. Kamu juga dihimbau untuk tetap menjaga kerahasiaan dari data-data yang pribadi yang dimiliki, khususnya adalah perbankan, sehingga tidak sampai terkena kejahatan yang marak terjadi semacam ini, ingat bahwa siapa saja bisa menjadi korbannya.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.