Skip to main content

7 Kesalahan Finansial yang Membuat Kamu Tak Punya Tabungan

Tabungan
Ilustrasi tak punya uang. (image: pexels.com)

Keinginan memiliki tabungan kadang tidak semudah yang dibayangkan. Untuk sebagian orang, menyimpan uang mungkin sulit dilakukan karena banyaknya pengeluaran bulanan. Hal ini yang menjadi penyebab uang Kamu tidak mencukupi.

Ada pula orang yang tidak sabar membelanjakan uangnya ketika memiliki penghasilan berlebih. Padahal kebutuhan tersebut tidak terlalu penting, seperti membeli perlengkapan rumah, pakaian, aksesoris yang berlebihan dan lainnya. Kebiasaan tersebut yang akan membuat Kamu sulit untuk menyisihkan uang.

Tabungan mempunyai peran penting untuk menjaga finansial agar tetap aman di masa yang akan datang. Sayangnya tidak semua orang bisa mempunyai tabungan sesuai rencana. Sebelum terlambat, Kamu bisa mulai mengalokasikan sebagian dana untuk membuka tabungan online.

Kesalahan Finansial yang Menyebabkan Sulit Memiliki Tabungan

Tanpa kesabaran dan ketekunan, kemandirian finansial hampir mustahil untuk didapatkan. Tidak terkecuali bagi generasi muda yang sedang membangun karir. Tabungan online mungkin belum menjadi prioritas utama, karena gaji yang masih pas-pasan serta masih harus memenuhi kebutuhan untuk menunjang gaya hidup.

Kamu perlu mengubah pola pikir tersebut jika ingin keuangan tetap aman di masa yang akan datang. Ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan Kamu sulit memiliki tabungan, selain karena pengeluaran bulanan, yaitu :

1. Menunda Terlalu Lama untuk Membuka Tabungan Pensiun

Kesadaran untuk membuka tabungan pensiun bisa saja datang terlambat. Namun, jika semakin ditunda nilai uang yang harus Kamu tabung agar memiliki dana pensiun yang nyaman akan semakin besar.

Contohnya, ketika Kamu memiliki tabungan sebesar Rp 2 juta per bulan di usia 22 tahun, maka Kamu akan memiliki tabungan pensiun sebesar Rp 672 juta di usia 50 tahun. Dana yang cukup aman bukan untuk memenuhi kebutuhan Kamu di usia 50 tahun?

2. Tidak Memeriksa Saldo Rekening dengan Teratur

Cek saldo rekening perlu Kamu lakukan secara rutin untuk mengetahui jumlah pengeluaran dan sisa saldo yang ada di rekening. Cara mengatasinya dengan mendaftarkan rekening ke bank untuk mendapatkan notifikasi masuk melalui pesan. Sehingga Kamu bisa mengetahui nilai saldo yang tersisa setiap kali melakukan transaksi.

3. Mudah Tergiur untuk Membeli Barang

Mudah tertarik membeli barang yang tidak perlu akan membuat Kamu sulit untuk menabung. Perkembangan zaman selalu diiringi perubahan banyak hal. Tidak sedikit barang yang dengan mudah bisa menarik perhatian, namun sebenarnya tidak Kamu butuhkan.

belanja online
Belanja online. (image: pexels.com)

Lapar mata adalah kecenderungan untuk membeli barang berdasarkan ketertarikan atau keinginan saja, bukan karena kebutuhan. Ada baiknya Kamu membuat prioritas dengan membelanjakan uang untuk barang yang benar-benar Kamu butuhkan saja.

Orang yang mudah tergiur membeli barang akan cenderung sulit menabung. Oleh sebab itu, penting sekali melakukan kontrol diri agar tidak mudah tergiur membeli barang yang menarik atau mewah.

Baca juga:

4. Tidak Memiliki Tabungan Darurat yang Cukup

Dana darurat memiliki banyak manfaat, jika terjadi pemutusan kerja, jatuh sakit atau hal tidak terduga lainnya. Sayangnya tidak semua orang menyadari risiko tersebut, serta cenderung terlalu percaya diri atau bahkan mengabaikannya.

Jika Kamu masih lajang, ada baiknya menyisihkan enam bulan pengeluaran untuk keadaan darurat. Sedangkan pasangan yang berpenghasilan ganda, bisa menyisihkan setidaknya untuk tiga bulan pengeluaran.

5. Tidak Memiliki Rencana Tabungan yang Baik

Kamu tidak bisa menabung, mungkin karena tidak memiliki tujuan atau memiliki rencana untuk membeli sesuatu. Namun, mulai sekarang perlu disadari pentingnya memiliki rencana tabungan yang baik.

6. Tidak Memiliki Prioritas Pengeluaran

Banyaknya kebutuhan akan menuntut Kamu untuk melakukan banyak pengeluaran pula. Jika Kamu tidak memiliki prioritas, maka Kamu akan dengan mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya masih bisa ditunda.

Untuk menghindari hal ini, Kamu perlu membuat daftar pengeluaran bulanan. Kemudian mempertimbangkan pengeluaran apa yang perlu untuk dikurangi. Jika Kamu melakukannya dengan konsisten, maka dana yang terkumpul bisa Kamu gunakan ketika tidak memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan hidup.

7. Faktor Eksternal

Keinginan untuk memiliki barang yang sedang digandrungi banyak orang sering membuat Kamu sulit untuk menabung. Kamu tidak ingin FOMO hingga akhirnya mengikuti. Banyaknya diskon di toko online maupun offline membuat Kamu tidak ingin melewatkannya, meskipun barang tersebut tidak Kamu butuhkan.

Faktor eksternal lain yang bisa membuat Kamu sulit memiliki tabungan online, yaitu keinginan untuk membuat orang lain kagum atau terkesan dan peer pressure. Sebenarnya faktor tersebut masih bisa Kamu kendalikan, dengan membatasi pembelian barang-barang yang tidak penting serta menonjolkan kelebihan dari diri Kamu yang lain.

Selesaikan Masalah Finansial Kamu dengan Tabungan Online

Saat ini, kesadaran memiliki tabungan masih dipercaya dapat menyelamatkan masa pensiun dari kesulitan finansial. Kamu hanya perlu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, kemudian disisihkan sebagai dana cadangan. Salah satu kemudahan yang diberikan digibank by DBS yang bisa Kamu manfaatkan yaitu dengan membuka tabungan secara online.

Dengan demikian, Kamu tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekening. Selain itu, Kamu juga bisa mengakses berbagai informasi tentang keuntungan membuka tabungan online dengan mudah di laman digibank by DBS. Adapun keunggulan lainnya yang bisa Kamu manfaatkan, antara lain :

  • Memberikan layanan perbankan lengkap, mudah dan terjamin aman
  • Terdapat lebih dari 150 pilihan produk investasi dan asuransi
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan proses approval 60 detik

Keputusan Kamu sudah tepat jika memilih tabungan online dari digibank by DBS untuk merencanakan finansial di masa pensiun. Kamu bisa memulainya dengan membuat prioritas pengeluaran, kemudian alihkan sebagai dana cadangan untuk masa pensiun Kamu.

Tidak ada kata terlambat untuk menabung, Kamu bisa memulainya sekarang juga. Tunggu apa lagi? Segera buka tabungan di digibank by DBS. Klik di sini untuk info lebih jelasnya.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.