Skip to main content

Tips Mengajukan Kredit Rumah dengan KPR di Bank Setelah Pandemi

KPR
Ilustrasi kredit rumah. (image: freepik.com)

Memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang. Namun, karena nilai properti yang terus meningkat menyebabkan sebagian orang kesulitan untuk membeli rumah secara tunai.

Oleh sebab itu, KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah salah satu jenis pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena memungkinkan seseorang untuk dapat membeli rumah idaman dengan cara mencicil selama jangka waktu tertentu.

Namun sayangnya membeli rumah dengan KPR bukanlah hal yang mudah, terutama jika seseorang yang masih dengan pendapatan yang terbatas apalagi seperti yang kita tahu, sekitar tiga tahun yang lalu kita melalui pandemi Covid-19 yang memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat.

Pandemi Covid-19 menjadikan perubahan pada sistem kerja, termasuk pemutusan hubungan kerja, penurunan jam kerja, atau bekerja dari rumah. Situasi ini tentunya memengaruhi kemampuan masyarat untuk membeli rumah dengan KPR.

Tips Mengajukan KPR di Bank

Setelah pandemi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar pengajuan KPR sesuai dengan pendapatan dan keadaan keuangan. Berikut ini adalah beberapa tips pengajuan KPR di bank sesuai pendapatan setelah pandemi Covid-19:

1. Cari Infornasi Tentang Bank Penyalur KPR

Tidak semua bank bisa memproses pengajuan KPR, maka dari itu kamu perlu memilih bank secara cermat tentang reputasi bank atau lembaga keuangan penyalur KPR. Salah satunya seperti Bank BTN yang mendominasi sektor KPR.

KPR Bank BTN memiliki penawaran yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan dari bank lain. Melalui situs resminya, BTN menawarkan beragam jenis KPR. Di antaranya, KPR BTN Sejahtera, KPR BTN BP2BT, hingga KPR TAPERA BTN.

2. Pelajari Syarat dan Ketentuan Pengajuan KPR

Setiap bank penyalur KPR memiliki persyaratan yang berbeda dalam proses pengajuan KPR. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank, biasanya terkait kartu identitas, slip gaji, rekening tabungan, hingga dokumen-dokumen lain yang diperlukan. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum mengajukan KPR agar proses pengajuan berjalan dengan lancar.

3. Perhatikan Suku Bunga

Suku bunga adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengajuan KPR. Sebab, Suku bunga KPR yang rendah akan membuat kamu dapat menghemat biaya cicilan KPR setiap bulannya.

Umumnya, Ada beberapa jenis KPR yang bisa kamu pilih, diantaranya KPR konvensional, KPR syariah, dan KPR subsidi. Setiap jenis KPR memiliki persyaratan dan suku bunga yang berbeda-beda. Jadi kamu bisa membandingkan terlebih dahulu suku bunga KPR dari berbagai bank sebelum membeli rumah dengan KPR.

4. Perhatikan Skor Kredit

Pasca pandemi, perhatian bank terhadap kelayakan kredit seseorang mungkin menjadi lebih ketat. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu skor kredit yang kamu miliki. Sebab, riwayat kredit yang buruk akan membuat proses pengajuan KPR menjadi lebih sulit.

5. Pertimbangkan Memilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Saat memilih rumah, mungkin kamu akan disuguhkan dengan berbagai penawaran dan fasilitas yang menarik. Namun ingat,indari terjebak pada godaan membeli rumah yang melebihi kemampuan finansial kamu. Hal tersebut akan membuat kamu kesulitan untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya.

6. Perhatikan Kemampuan Finansial

Seperti yang kita ketahui, Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan dalam kondisi finansial banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan finansial sebelum membeli rumah dengan KPR.

Hitung dengan cermat berapa pendapatan bulanan kamu dan seluruh kewajiban finansial lainnya. Pastikan pula kamu memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka (down payment) untuk KPR dan membayar cicilan KPR sembari tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Nah, untuk membantu kamu dalam mengukur kapasitas finansialmu sebelum memutuskan membeli rumah dengan KPR, kamu bisa menggunakan kalkulator pinjaman dari Mortgage Calculator.

Mortgage Calculator

Mortgage Calculator merupakan kalkulator pinjaman yang dapat menghitung seberapa besar kemampuan finansial yang kamu miliki sebelum merencanakan membeli rumah dengan KPR.

Untuk cara penggunaannya juga mudah, pertama kamu kunjungi laman Mortgage Calculator di https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/ lalu kamu bisa memasukkan jumlah gaji utama yang kamu miliki, penghasilan sampingan atau uang lembur, besarnya uang muka cicilian hingga durasi cicilan untuk membeli rumah dengan KPR.

Kemudian kalkulator akan menampilkan perkiraan kemampuan finansial yang kamu miliki. Dan ya, meskipun kalkulator ini menggunakan mata uang Euro, tapi nanti kamu bisa mengonversikannya ke dalam Rupiah.

Mortgage Calculator

Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka kamu dapat membeli rumah dengan KPR dengan lebih percaya diri setelah pandemi Covid-19. Lakukan perencanaan dengan matang dan pertimbangkan kemampuan finansial yang kamu miliki dengan bantuan kalkulator pinjaman dari Mortgage Calculator maka kamu akan dapat mencapai impian untuk memiliki rumah sendiri.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.