Skip to main content

Strategi SEO untuk Mengembangkan Website Bisnis Online

SEO

Membangun sebuah website dan meluncurkannya begitu saja tentu saja tidak cukup untuk memulai dan mengembangkan bisnis online yang kamu rintis. Sebab, kamu perlu melakukan trik dan menyesuaikan strategi SEO kamu yang tepat agar website bisnis onlinemu mendapatkan banyak kunjungan dari pelanggan.

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan berbagai teknik SEO yang tepat untuk memastikan bahwa brand kamu akan meningkatkan visibilitas dan lebih di kenal. Visibilitas ini tentunya akan menghasilkan prospek yang bagus kedepannya dan akan mendapatkan keuntungan, yang kemudian akan menandai kesuksesan bisnis onlinemu.

Di artikel ini, berikut beberapa strategi SEO untuk website yang dapat kamu ikuti untuk mengembangkan bisnis online kamu.

1. Optimalkan Website kamu

Salah satu teknik dasar Search Engine Optimization (SEO) yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis online milikmu adalah mengoptimalkan website.

Berikut beberapa manfaat mengoptimalkan website bisnis online:

  1. Manfaat pertama mengoptimalkan website kamu adalah pengalaman pengguna menjadi lancar dan efisien. Pengguna akan betah berlama-lama menjelajah website bisnis online kamu jika website dapat menampilkan halaman dengan cepat. Tentunya ini dapat mencegah penurunan metrik seperti rasio pentalan.
  2. Manfaat lainnya dari mengoptimalkan website adalah akan disukai search engine, seperti Google. Ini bisa dilakukan dengan cara mencegah adanya broken link hingga membuat loading website lebih cepat. Ini akan membuat website bisnismu mendapat peringkat SERP yang baik, bahkan di page one search engine.

Perlu diketahui bahwa tidak semua search engine memiliki kriteria yang sama untuk memberi peringkat situs berdasarkan pengoptimalan situs, seperti kecepatan loading website saja. Sebab masih banyak faktor lainnya yang memengaruhi peringkat website di search engine.

Selanjutnya, berikut beberapa hal yang harus dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO untuk website bisnis online.

  1. Memanfaatkan tag heading untuk konten (misalnya, H1, H2, dan seterusnya)
  2. mengoptimalkan metadata dan keyword dengan tepat
  3. Mengoptimalkan gambar dengan memilih ukuran dan format yang tepat dan menambahkan alt teks pada gambar
  4. Memastikan website responsive untuk berbagai device dan support mobile friendly
  5. Meminimalkan penggunaan kode javascript untuk kecepatan loading website yang lebih baik
  6. Mengurangi jumlah animasi dan efek transisi untuk tujuan yang sama
  7. Memastikan semua elemen website ramah pengguna
  8. Memeriksa dan menghapus semua broken link

2. Bangun Backlink yang Berkualitas

Membangun backlink yang berkualitas untuk website tentunya sangat direkomendasikan oleh pakar SEO. Tapi perlu diketahui, membangun backlink yang berasal dari website yang berkualitas meskipun jumlahnya sedikit, bisa jauh lebih bermanfaat daripada backlink berisi spam dan berkualitas rendah.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan beberapa backlink yang benar-benar berkualitas.

1. Menjadi Guest Post di Website yang Berotoritas Tinggi

Guest post menjadi cara umum yang umum yang digunakan untuk membangun backlink. Sederhananya, ini melibatkan satu orang yang mengirimkan tawaran kepada pemilik website web lalu meminta mereka untuk memposting artikel di situs mereka.

Jika pemilik website setuju, maka kamu dapat mengirimkan artikel kepada mereka sesuai kebutuhan mereka sambil menambahkan link backlink ke websitemu di dalam artikel.

Namun sebelum itu, berikut ini beberapa tips sebelum kamu memutuskan untuk menjadi Guest Post di suatu website atau blog:

  1. Pastikan untuk memilih website yang memiliki reputasi bagus. Kamu harus membuat kriteria untuk menentukan traffic, DR, DA, dan sebagainya untuk website yang ingin kamu ajak berkolaborasi.
  2. Pastikan website yang akan menjadi tempat backlink relevan dengan website milikmu. Misal website terkait pendidikan yang mendapatkan backlink dari toko sepatu online tentunya tidak relevan. Jadi kamu harus memilih website atau blog yang memiliki tema yang sama seperti website milikmu.
  3. Saat mengirimkan draft artikel, pastikan konten yang kamu buat terbaik dan berkualitas tinggi.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Selain membangun backlink yang berkualitas, cara lainnya adalah dengan mendatangkan traffic ke website bisnis onlinemu dengan membuat konten yang berkualitas.

Misalnya, jika kamu menulis blog di websitemu dengan tema digital marketing, maka kamu akan mencari sumber referensi yang bagus untuk kemudian kamu kembangkan kembali menjadi konten yang lebih menarik.

Kemudian apa terjadi? Website yang memiliki konten yang berkualitas, akhirnya akan mendapatkan backlink organik dari website lain yang menjadikan kontenmu sebagai sumber referensi.

Jadi, jika kamu membuat beberapa konten yang benar-benar informatif, maka kamu dapat mulai mendapatkan backlink organik yang datang dengan sendirinya. Metode membuat konten yang berkualitas dan menunggu backlink organik datang ini sulit dan memakan waktu. Tapi itu sepadan untuk manfaat jangka panjang.

3. Buat Blog Berkualitas di Website Bisnis Kamu

Blog adalah cara yang efektif untuk menyediakan konten yang berkualitas bagi pembaca dan search engine. Saat kamu membuat konten yang berkualitas kepada pembaca, kamu dapat mempertahankan audiens/pelanggan kamu dan juga berupaya meningkatkan jumlah mereka. Ini dapat bermanfaat secara langsung untuk meningkatkan bisnis online kamu.

Membuat konten yang berkualitas juga dapat menjadi sinyal positif kepada search engine bahwa website kamu memberikan konten bermanfaat dalam hal informasi yang diberikannya kepada publik. Sinyal ini dapat membuat search engine sangat menyukai websitemu dan menempatkannya di page one di SERP untuk kata kunci yang sering dicari.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk memastikan kualitas konten:

  1. Pastikan untuk melakukan riset yang tepat dan menyeluruh sebelum menulis konten. Disini tujuan kamu adalah membuat konten yang berkualitas untuk pembaca, jadi penting untuk membuat konten yang kaya informasi.
  2. Jika kamu menulis konten sendiri, pastikan kamu harus membuat konten yang mudah di pahami oleh pembaca. Konten yang sederhana, mudah dipahami dan tidak membingungkan tentunya akan baik dimata audiens dan search engine.
  3. Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan pada konten atau typo. Sebab, itu dapat merusak kualitas konten itu sendiri. Untuk menghindari kesalahan, kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan tools pemeriksa tata bahasa online.
  4. Hindari plagiarisme. Sebab plagiarisme adalah masalah yang mengganggu banyak penulis. Ini bisa sangat berdampak buruk pada kualitas konten, dan juga dapat dianggap buruk oleh search engine. Jadi, kamu harus memastikan bahwa tidak ada plagiarisme dalam konten buatanmu dengan menggunakan cek plagiarisme online.

Kesimpulan

Saat ini, menggunakan teknik SEO untuk website bisnis online yang tepat sangat diperlukan jika kamu ingin bisnis online milikmu tumbuh dan berkembang. Dengan melakukan penelitian kata kunci yang baik, menghasilkan konten yang berkualitas, mengoptimalkan elemen on-page, membangun backlink yang berkualitas, dan mengoptimalkan website untuk perangkat seluler, kamu dapat meningkatkan peringkat SEO website bisnis onlinemu dan mendapatkan lebih banyak pengunjung yang potensial.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.