Skip to main content

Tips Memilih Ukuran Kasur yang Tepat Agar Nyaman Saat Tidur

ukuran kasur 120 x 200
Memilih Ukuran Kasur yang Tepat. (image: freepik.com)

Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan cara yang tepat untuk melepas lelah setelah beraktivitas seharian. Tapi, untuk dapat menikmati tidur yang berkualitas, tentunya kamu juga perlu memiliki kasur yang nyaman dan berkualitas.

Di pasaran, ada berbagai jenis-jenis kasur yang bisa kamu pilih, mulai dari kasur pegas, kasur busa, kasur kapuk, kasur lateks hingga kasur memory foam. Selain itu, penting juga memilih ukuran kasur yang tepat sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Ada berbagai macam ukuran kasur yang dapat dipilih, mulai dari yang ukurannya kecil hingga yang besar. Misalnya saja ukuran kasur 120 x 200 yang cocok digunakan untuk orang dewasa yang tidur sendirian.

Macam-macam Ukuran Kasur

Di Indonesia, umumnya ada setidaknya lima standar ukuran kasur yang bisa dipilih. Mulah dari ukuran yang paling kecil disebut dengan single size, hingga ukuran kasur yang paling besar disebut dengan super king size. Berikut ini ulasan tentang berbagai ukuran kasur yang umum digunakan untuk membantu kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Single Bed (90 cm x 200 cm)

Ukuran kasur tunggal atau single bed umumnya memiliki ukuran lebar sekitar 90 cm dan panjang sekitar 200 cm. Ukuran kasur ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak atau kamar tidur dengan ruang terbatas. Selain untuk anak-anak, jika kamu tidur sendirian dan memiliki ruang kamar yang terbatas, tentunya ukuran kasur single ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Super Single Bed (120 cm x 200 cm)

Memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran single, kasur super single ini memiliki lebar sekitar 120 cm dan panjang sekitar 200 cm sehingga dapat memberikan sedikit lebih banyak ruang untuk bergerak. Ukuran kasur 120 x 200 ini cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang tidur sendirian dengan ruang kamar yang lebih luas.

3. Double Bed (140 cm x 200 cm)

Kasur double ini memiliki ukuran yang cukup luas, yakni lebar sekitar 140 cm dan panjang sekitar 200 cm. Kasur berukuran ini cukup untuk dua orang dewasa dan biasanya banyak digunakan di tempat penginapan yang dikenal dengan istilah twin bed. Selain itu, kasur double ini umumnya memiliki desain 2 in 1 dimana ada satu dipan di atas dan satu di bawah yang bisa di sorong.

4. Queen Bed (160 cm x 200 cm)

Ukuran kasur queen memiliki lebar sekitar 160 cm dan panjang sekitar 200 cm. Kasur queen memberikan ruang tidur yang cukup untuk dua orang dewasa. Dan sama seperti kasur double, kasur ini juga banyak digunakan di penginapan atau hotel karena ukurannya tidak terlalu besar.

5. King Bed (180 cm x 200 cm) dan dan Super King bed (200 cm x 200 cm)

Kasur king memiliki lebar sekitar 180 cm dan panjang sekitar 200 cm yang sangat cocok untuk dua orang dewasa untuk tidur lebih leluasa. Selain ukuran king, ada pula super king yang memiliki lebar sekitar 200 cm dan panjang sekitar 200 cm.

Kasur berukuran super king ini adalah ukuran kasur yang terbesar dan muat hingga empat orang. Kasur ukuran super king ini biasanya dipilih oleh pasangan yang memiliki dua anak yang masih tidur bersama.

Tips Memilih Ukuran Kasur yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai macam ukuran kasur, berikutnya adalah tips memiilih kasur yang tepat. Dalam memilih kasur, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti ukuran kasur, bahan kasur hingga kenyamanan secara keseluruhan.

1. Pilih Ukuran Kasur yang Tepat

Pertimbangan pertama dalam memilih kasur adalah ukurannya yang harus sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangan. Misalnya untuk pasangan yang tidak memiliki ruang kamar yang begitu luas, memilih kasur double (140 cm x 200 cm) atau queen (160 cm x 200 cm) bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Pertimbangkan Bahan Kasur dan Kualitasnya

Ada banya jenis kasur yang dapat di temukan di pasaran, seperti kasur busa, kasur kapuk, kasur pegas, hingga kasur memory foam. Tentunya setiap jenis kasur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu perlu memilih sesuai kenyamanan tubuhmu. Selain itu, perhatikan pula kualitas kasur, seperti kontruksi, lapisan pelindung, penyangga kasur, hingga kualitas dalam kasur seperti pegas yang kuat.

3. Pertimbangkan Kenyamanannya

Ketika akan membeli kasur di toko kasur, tentu tidak ada salahnya jika mencoba kasur dengan berbaring diatasnya agar memastikan tingkat kenyamanan yang diberikan oleh kasur tersebut sesuai dengan preferensi tidur kamu.

Rekomendasi Kasur yang Nyaman untuk Tidurmu

Nah, jika kamu sedang mencari kasur yang berkualitas, kamu bisa memilih berbagai jenis kasur dari Domi Bed.

Domi Bed adalah brand Home Living Furniture yang berasal dari Indonesia yang memproduksi berbagai macam kasur dan perlengkapan tidur yang eksklusif dengan harga yang sangat terjangkau.

Produk kasur dari dari Domibed ini terbuat dari bahan berkualitas, dengan lapisan busa density tinggi serta dilengkapi foam encasement yang merupakan busa keras di sekeliling tepi kasur untuk menopang stabilitas kasur.

Selain itu, produk kasur dari Domi Bed juga dilengkapi sistem sirkulasi udara di kasur sehingga tidur menjadi lebih nyaman dan tidak gerah karena dapat mengurangi panas.

Jadi, jika kamu ingin memiliki kasur yang berkualitas seperti misalnya ukuran kasur 120 x 200, Domi Bed menjadi solusi yang tepat agar dapat meningkatkan kualitas tidur dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Untuk detail berbagai produk kasur dari Domi, kamu bisa mengunjungi website resminya di domibed.id.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.