Skip to main content

6 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis

jasa digital marketing agency
Digital marketing. (image: pexels.com)

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis menerapkan berbagai strategi yang ampuh agar dapat bersaing dengan kompetitor. Oleh sebab itulah mengapa para pelaku bisnis membutuhkan strategi pemasaran atau marketing sebagai langkah untuk mempromosikan bisnis mereka.

Ada banyak sekali strategi marketing yang bisa diterapkan untuk mengembangkan sebuah bisnis, salah satunya yaitu digital marketing. Menerapkan teknik digital marketing dalam suatu bisnis di era yang serba online seperti saat ini adalah langkah yang sangat tepat karena semakin banyak pengguna gadget yang gemar mengakses internet dan media sosial.

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan melalui teknologi media digital seperti internet, media sosial, dan perangkat mobile untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis secara online.

Dalam praktiknya, digital marketing biasanya dipercayakan kepada jasa pemasaran digital atau sosial media agency yang sudah ahli dalam berbagai strategi marketing online termasuk SEO (search engine optimization), iklan online, email marketing, pemasaran konten, media sosial, dan masih banyak lagi.

Pentingnya Bisnis Menerapkan Digital Marketing

Teknik digital marketing memungkinkan promosi bisnis berjalan dengan masif dan terukur. Itulah sebabnya dalam penerapannya lebih efektif karena dapat menjangkau target pasar yang tepat. Dengan begitu, biaya marketingnya pun cenderung lebih hemat, tetapi tetap dapat memperoleh hasil yang optimal. Selain itu, berikut ini beberapa hal terkait pentingnya bisnis menerapkan digital marketing:

1. Biaya Promosi Lebih Hemat

Menerapkan teknik digital marketing dapat membantu bisnis menghemat biaya pemasaran. Sebab, biaya operasional digital marketing lebih murah dan efektif jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional seperti iklan di media cetak, televisi dan radio.

Dalam hal ini, para pebisnis dapat memanfaatkan media digital melalui website, media sosial, email marketing, ataupun melalui berbagai platform untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Strategi ini tentunya jauh lebih mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

2. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Dengan menerapkan digital marketing, para pelaku bisnis dapat memperluas jangkauan pasar mereka ke seluruh dunia, inilah mengapa pentingnya bisnis menerapkan digital marketing.

Dengan memanfaatkan internet, bisnis dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia hanya dengan menggunakan website atau media sosial. Hal ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan penjualan karena internet tidak dibatasi oleh letak geografis.

3. Target Pasar Lebih Tepat Sasaran

digital agency Indonesia
Target marketing. (image: freepik.com)

Salah satu keuntungan lainnya dari pentingnya bisnis menerapkan digital marketing adalah dapat menentukan target pasar dengan lebih tepat. Misalnya, dengan menggunakan strategi optimasi SEO, bisnis dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari sehingga lebih mudah ditemukan oleh konsumen yang mencari produk atau layanan yang relevan dengan bisnis tersebut.

Selain itu, iklan online di berbagai plaform juga dapat dimanfaatkan dengan target demografi, seperti lokasi, usia, dan minat, sehingga lebih efektif dalam mencapai target pasar.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Digital marketing juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Dengan memanfaatkan media sosial, content marketing, hingga search engine optimization (SEO) di mesin pencari, para pelaku bisnis dapat memperkenalkan brand mereka kepada banyak orang sehingga meningkatkan kesadaran pelanggan tentang brand mereka.

5. Dapat Menjalin Komunikasi dengan Konsumen

Digital marketing juga dapat menjalin komunikasi dengan konsumen secara langsung melalui media sosial atau email. Hal ini dapat membantu bisnis untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen dan memperoleh umpan balik langsung dari mereka.

6. Dapat Menganalisa Hasil Promosi

Digital marketing juga dapat digunakan untuk menganalisa hasil promosi dengan lebih mudah dan akurat. Ini dapat dilakukan dengan alat analitik yang dapat melihat berapa banyak orang yang melihat iklan mereka, berapa banyak yang mengklik iklan tersebut, dan berapa banyak yang membeli produk setelah melihat iklan tersebut.

Melalui data tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas promosi digital dan membuat perubahan untuk meningkatkan hasilnya di masa depan.

Nah itulah beberapa hal mengenai pentingnya bisnis menerapkan digital marketing. Agar sukses menjalankan strategi digital marketing tentunya dibutuhkan pihak yang kompeten. salah satunya yaitu melalui jasa digital marketing agency bernama Redcomm Indonesia.

Kembangkan Strategi Digital Marketing Bersama Redcomm Indonesia

Redcomm Indonesia merupakan salah satu digital marketing agency Indonesia terbaik yang berbasis di Jakarta.

Sebagai digital agency Indonesia terbaik, tentunya Redcomm Indonesia telah memiliki pengalaman yang sangat kompeten dalam menerapkan strategi pemasaran digital dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif di semua media dan saluran digital.

digital marketing agency Jakarta

Berdiri sejak 20 tahun lalu, Redcomm Indonesia telah memiliki beragam portofolio klien dari berbagai industri, termasuk teknologi, ritel, dan kesehatan. Beberapa perusahaan besar seperti Samsung, XL, Danone, Indomie, dan Sosro dan perusahaan besar lainnya pernah menggunakan jasa pemasaran digital dari digital marketing agency Jakarta ini.

Memiliki rekam jejak positif yang terbukti memberikan hasil yang maksimal kepada kliennya, menjadikan Redcomm Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai Campaign Asia Agency of the Year tahun 2022, sekaligus menjadi kemenangan kelima kalinya secara berturut-turut dalam kategori bergengsi ini. Tentunya penghargaan tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa bagi digital agency Jakarta ini.

Sebagai informasi, Campaign Asia Agency of the Year merupakan penghargaan yang diselenggarakan setiap tahunnya di Singapura. Penghargaan tersebut diberikan kepada agensi-agensi terbaik di kawasan Asia Tenggara dari berbagai disiplin ilmu, termasuk digital, kreatif, media, dan PR.

Nah itulah pembahasan mengenai pentingnya bisnis menerapkan digital marketing. Dan agar berhasil dalam menerapkan strategi digital marketing, kamu bisa mempercayakan urusan digital marketing bisnismu kepada Redcomm Indonesia.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.