Skip to main content

7 Tips Berkendara agar Terhindar dari Kecelakaan Sepeda Motor

7 Tips Berkendara agar Terhindar dari Kecelakaan Sepeda Motor
Berkendara sepeda motor. (image: pexels.com)

Ketika berkendara, bahaya selalu mengintai berbagai pengendara, baik itu roda dua maupun roda empat. Namun, hal ini dapat selalu kamu cegah dengan menerapkan cara berkendara yang aman dan waspada. Harapannya, dengan tips-tips berikut ini kamu dapat terhindar dari yang namanya kecelakaan sepeda motor.

7 Tips Mencegah Kecelakaan Sepeda Motor

Kecelakaan kendaraan bermotor memang memiliki banyak sebab, terutama dari hal-hal yang tidak dapat kamu cegah. Namun, kamu dapat menerapkan beberapa tips berikut ini untuk selalu selamat ketika berkendara sepeda motor:

1. Jaga Pola Tidur dan Pola Makan

Layaknya semua aktivitas yang melibatkan keamanan, semua diawali dari diri sendiri. Sebelum berkendara, ada baiknya kamu mengukur kemampuan diri, apakah mampu untuk berkendara atau tidak.

Ada kalanya badan kamu terlalu lelah, sehingga bisa sewaktu-waktu mengantuk di tengah jalan. Pastikan hal itu tidak terjadi dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi.

2. Pastikan Kondisi Kendaraan Selalu Prima

Selain memastikan diri sendiri untuk tetap siap berkendara, kendaraan adalah faktor terpenting kedua dari keamanan mengendarai motor. Di musim hujan, jalanan yang licin akan bisa menjadi penyebab kecelakaan motor.

Maka dari itu, kamu harus memastikan ban untuk selalu terisi dan tidak botak. Penanganan yang sama juga harus kamu lakukan untuk bagian motor lainnya, apalagi bagian rem dan lampunya.

3. Gunakan Alat Pengaman Berstandar

Selain karena ada di peraturan undang-undang, kamu harus selalu sadar untuk menggunakan alat pengaman ketika berkendara. Alat pengaman yang wajib kamu gunakan adalah helm.

Namun, jaket sarung tangan, celana panjang, dan alas kaki berpenutup seperti sepatu juga wajib kamu gunakan jika ingin bepergian dengan jarak jauh. Pasalnya, jika kecelakaan sepeda motor terjadi, luka jadi bisa lebih diminimalisir.

4. Hindari Muatan Berlebihan

Tidak hanya memperhatikan kecepatan dalam berkendara, kamu juga harus paham soal barang muatan yang kamu bawa. Sepeda motor dengan barang muatan yang berlebihan akan menyebabkan motor lebih rawan terkena kecelakaan. Maka dari itu, bawalah beban yang masuk akal.

5. Jangan Terburu-buru

Tujuan utama berkendara memang untuk mencapai suatu destinasi dalam waktu yang kamu inginkan. Namun, terlalu terburu-buru juga bisa berdampak buruk. Pastikan kamu selalu memperhatikan jalan maupun lalu lintas secara seksama agar tidak mengalami kecelakaan sepeda motor. Hal tersebut bisa kamu capai jika kamu berkendara dengan kecepatan normal, alias tidak buru-buru.

6. Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Peraturan lalu lintas memiliki tujuan untuk membuat segala hal jadi lebih teratur. Karena itu, kamu wajib untuk mematuhi rambu lalu lintas di manapun kamu berada.

Mulailah dari hal yang sederhana seperti menaati lampu lalu lintas. Jika lampu kuning sudah menyala, ada baiknya kamu siap-siap untuk berhenti dan tidak menancap gas.

7. Memahami Gerak-gerik Lawan Berkendara

Sudah jadi fakta jika kamu tidak hanya berkendara sendiri di jalan raya. Baik mobil, bus, maupun sepeda motor, kamu akan menemukan banyak lawan berkendara.

Pastikan kamu selalu waspada tentang apa yang akan lawan kendaraan kamu lakukan, terutama jika mereka ingin berbelok atau menurunkan kecepatan. Memahami hal-hal seperti ini akan membuat kamu terhindar dari kecelakaan motor.

Sudah Paham Tips Terhindar dari Kecelakaan Sepeda Motor?

Tentu saja kamu tidak ingin mengalami kecelakaan sepeda motor. Namun, jika hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu harus selalu sedia dengan asuransi kecelakaan berkendara yang bisa diandalkan. Maka dari itu, percayakan asuransi kecelakaan berkendara hanya dengan Simas Insurtech.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.