Skip to main content

Kenapa Banyak Orang Tertarik dengan Pinjol?

pinjaman online
Pinjaman online. (image: pexels.com)

Kehadiran pinjol atau pinjaman online saat ini sudah menjamur. Padahal jauh lebih aman online banking dibandingkan dengan pinjol. Tentu ada penyebab kenapa kehadiran pinjol lebih diminati oleh masyarakat.

Penasaran dengan hal apa saja yang menjadi penyebab kenapa orang lebih tertarik dengan pinjaman online? Simak ulasannya berikut ini:

Alasan Kenapa Masyarakat Tertarik Pakai Pinjol

Berbicara tentang pinjaman online secara tidak langsung akan membahas satu wacana yang paradoks dan sesuatu yang berbahaya serta menjebak. Padahal pinjaman online atau pinjol hadir sebagai solusi yang solutif untuk orang-orang yang berada dalam keadaan mendesak.

Situasi dimana mereka harus bergerak cepat agar masalah yang ada di depan mata tidak melebar. Terlebih untuk orang yang tidak mempunyai dana simpanan atau investasi.

Sayangnya, pinjol malah dijadikan sebagai tameng bagi orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Pakai jasa pinjol hanya untuk memenuhi gaya hidup dengan kamuflase kebutuhan.

Pinjol tidak akan jadi musuh kalau syarat dan ketentuan yang sudah diberikan sejak awal tidak sepelekan. Bayar cicilan tepat waktu dan hindari denda berlapis adalah solusi yang tepat bila Anda berurusan dengan pinjol.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni Tongam L. Tobing menyebutkan alasan kenapa masyarakat tertarik pada pinjol. Dia mengatakan kalau pinjaman online memberikan kemudahan dalam layanan pinjaman uang daripada lembaga keuangan lainnya.

Di lembaga keuangan lainnya, seorang peminjam wajib untuk menyiapkan banyak dokumen penting yang akan dijadikan sebagai syarat pinjaman. Sedangkan di pinjol, peminjam cukup menyediakan waktu dan e-KTP maka dana cair dalam hitungan menit.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak orang terjebak di lubang yang sebenarnya sudah mereka buat sendiri. Demi memenuhi keinginan tersier atau tuntutan gaya hidup, sampai rela masuk ke dalam jeratan pinjaman online.

Melihat fenomena orang-orang yang hidup dengan gaya hidup hedon membuat layanan sejenis ini terus bermunculan, mulai dari yang legal dan terdaftar di OJK sampai dengan yang ilegal atau beroperasi di bawah radar OJK.

Faktor Pinjaman Online Semakin Diminati

pinjol
Pinjaman online. (image: pexels.com)

Kenapa pinjol banyak diminati oleh masyarakat pastinya ada faktor-faktor yang membelakanginya, antara lain:

1. Prosesnya yang lebih cepat dan mudah

Faktor pertama adalah karena prosesnya yang terbilang cepat dan mudah. Bila Anda meminjam uang melalui bank, tentu saja ada banyak persyaratan yang harus dilengkapi. Misalnya, Anda harus datang ke bank dan menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti slip gaji, jaminan, sampai survei lokasi.

Beda halnya bila Anda pinjam uang melalui fintech lending tidak ditemukan proses tersebut. Untuk pinjaman online Anda hanya perlu mengisi data yang disediakan aplikasi melalui handphone. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP, slip gaji, dan NPWP. Sehingga, proses pinjaman jadi lebih hemat waktu, uang, dan tenaga. Hal itulah yang menyebabkan orang tetap menggunakan layanan tersebut bila dihadapkan dengan kebutuhan mendesak.

2. Nominal pinjaman bisa dimulai dari yang paling rendah

Berbeda dengan pinjaman konvensional atau melalui lembaga keuangan resmi seperti bank yang meminjamkan dana dengan nominal tinggi. Di pinjaman online Anda bisa pinjam modal dari nominal yang paling rendah.

Pinjaman dana mulai dari nominal ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah sesuai kebijakan pinjol itu sendiri. Itulah hal yang menjadi keunggulan fintech lending dibandingkan dengan online banking.

3. Legalitas yang jelas

Akibat dari banyaknya pinjol ilegal yang bermunculan membuat literasi tentang fintech lending semakin digencarkan. Bahkan saat ini sudah tidak lagi terhitung jumlah pinjol yang berdiri tanpa izin OJK.

Dengan begitu membuat masyarakat lebih jeli untuk membedakan pinjaman online legal yang berizin OJK dengan pinjol ilegal. Intinya masyarakat sekarang ini hanya akan menggunakan fintech lending yang aman dan sudah terdaftar OJK, demi meminimalkan risiko.

Sebenarnya daripada income habis untuk bayar pinjol, alangkah lebih baik kalau dialihkan ke hal-hal yang bermanfaat. Contohnya adalah berinvestasi di online banking digibank by DBS.

Atur Keuangan dengan Layanan Online Banking Digibank by DBS

Agar tidak semakin terjerat dengan pinjaman online, sebaiknya income yang Anda dapatkan dialihkan ke online banking. Salah satu aplikasi yang bisa dipercaya untuk berinvestasi adalah Aplikasi digibank by DBS.

Di sana ada instrumen investasi Reksadana yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari kalangan biasa sampai kalangan pebisnis.

Layanan online banking adalah penawaran terbaik dari digibank yang bisa Anda manfaatkan. Temukan banyak hal yang belum pernah Anda temui pada aplikasi investasi ini. Termasuk dengan keuntungan yang cuma ada di digibank, yang diantaranya adalah:

  • Transaksi Lengkap, Aman dan Mudah
  • Memiliki Beragam Investasi dan Asuransi
  • Produk Kartu Kredit dan Pinjaman

Dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Dapat membantu Anda untuk memudahkan pengelolaan keuangan sehari-hari dengan baik dan benar. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan pengeluaran yang tidak terduga dan lainnya, sampai harus mencari pinjaman online. Karena keuangan tersebut nantinya akan diolah dengan baik.

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk membuat rekening online di Aplikasi digibank by DBS? Sebaiknya jangan sampai ragu, karena hanya di aplikasi online banking ini Anda akan menemukan banyak fitur menarik yang ditawarkan.

Bila Anda masih penasaran dengan layanan online banking dari digibank by DBS Anda bisa klik tautan berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page untuk informasi selengkapnya.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.