Skip to main content

5 Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

kompetensi bekerja
Dunia kerja. (image: freepik.com)

Era globalisasi mendorong dunia kerja menjadi sangat kompetitif dan banyak membutuhkan individu yang memiliki kompetensi global. Kompetensi global sangat penting karena dunia kerja saat ini semakin erat kaitannya dengan perdagangan, teknologi, hingga komunikasi global.

Kompetensi global adalah kemampuan seseorang untuk bekerja dengan efektif di lingkungan global. Ini termasuk kemampuan seseorang dapat berinteraksi dengan budaya yang berbeda, mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, serta dapat memahami isu-isu global seperti perdagangan, lingkungan, hingga hak asasi manusia.

Manfaat Memiliki Kompetensi Global Dalam Dunia Kerja

Memiliki kompetensi global dapat memberikan banyak manfaat bagi kamu jika akan terjun ke dunia kerja. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki kompetensi global:

1. Peluang Kerja Lebih Besar

Saat ini, perusahaan mencari individu yang memiliki kompetensi global agar dapat berkompetisi di pasar global. Oleh sebab itulah, jika kamu memiliki kompetensi global seperti kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, pemahaman tentang budaya asing, dan kemampuan bekerja dalam tim, maka kesempatan kamu untuk diterima di perusahaan impian menjadi semakin besar.

2. Mendapatkan Penghasilan Lebih Tinggi

Jika kamu memiliki kompetensi global, maka memungkinkan kamu untuk menperoleh gaji yang lebih tinggi daripada seseorang yang hanya memiliki kompetensi umum. Hal tersebut karena perusahaan menganggap kamu jadi lebih berharga karena kamu memiliki kompetensi bekerja yang baik untuk dapat berkompetisi dan beroperasi secara efektif di pasar global.

3. Berkesempatan untuk Bekerja di Luar Negeri

Memiliki kompetensi global memungkinkan kamu untuk berkesempatan bekerja di luar negeri. Hal tersebut karena kamu telah mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda, mampu berkomunikasi dalam bahasa asing dan memahami budaya negara lain.

Cara Mempersiapkan Diri dengan Kompetensi Global

Mempersiapkan diri dengan kompetensi global memerlukan usaha dan komitmen yang konsisten. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar memiliki kompetensi bekerja yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia kerja saat ini dan masa depan:

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu syarat terpenting kompetensi global yang harus dikuasai dalam menghadapi dunia kerja saat ini. Kemampuan berbahasa asing ini tidak sekadar dapat berkomunikasi secara lisan, tapi juga diimbangi dengan kemampuan tertulis.

kurikulum internasional
Belajar bahasa asing. (image: sampoernauniversity.ac.id)

Hal tersebut akan sangat membantu kamu untuk berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja dari negara lain, serta membantu dalam proses negosiasi bisnis dengan perusahaan luar negeri. Oleh karena itu, jika kamu menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa lainnya tentu akan dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan multinasional.

2. Meningkatkan Keterampilan Digital

Di era digitalisasi saat ini, keterampilan digital memungkinkan seseorang untuk bekerja secara efisien dan efektif. Berbagai keterampilan digital yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan antara lain pemrograman, analisis data, desain komunikasi visual, hingga pemasaran digital. Selain itu, kemampuan untuk mengoperasikan perangkat keras seperti komputer, laptop, dan smartphone juga diperlukan.

pendidikan internasional
Meningkatkan kompetensi digital. (image: sampoernauniversity.ac.id)

Meningkatkan keterampilan digital sesuai perkembangan teknologi terkini akan membuat kamu lebih kompetitif dalam dunia kerja dan akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

3. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Tim

Kerjasama tim juga merupakan salah satu elemen penting dalam dunia kerja, karena dapat membantu dalam mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan produktivitas.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan kerjasama tim, maka kamu perlu belajar membangun komunikasi yang efektif sehingga dapat menciptakan kerjasama tim yang solid.

4. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Dalam dunia kerja, kemampuan problem solving dan berpikir out of the box dapat menjadi keterampilan yang sangat berguna karena dapat membantu dalam menemukan cara baru untuk meningkatkan efisiensi dan tercapainya tujuan perusahaan.

Untuk itu, kamu perlu mengembangkan kreativitas, ide baru dan menemukan cara baru untuk menyelesaikan suatu masalah. Ini dapat kamu lakukan dengan mencari inspirasi dari sumber yang berbeda, berinteraksi dengan orang yang berbeda, dan mencoba hal-hal baru.

5. Menempuh Pendidikan Internasional

Pendidikan internasional dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja di era globalisasi saat ini. Agar siap menghadapi tantangan dunia kerja, sangatlah penting memilih universitas yang menerapkan kurikulum internasional yang mengintegrasikan pengetahuan serta dan kompetensi yang diperlukan baik perusahaan nasional maupun internasional.

Nah jika kamu ingin menempuh pendidikan internasional, maka kamu tidak perlu lagi jauh terbang ke luar negeri. Sebab, di Indonesia sudah banyak universitas yang menerapkan kurikulum internasional, salah satunya yaitu Sampoerna University.

Tingkatkan Kompetensi Global di Sampoerna University

Sampoerna University
Sampoerna University. (image: sampoernauniversity.ac.id)

Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menerapkan standar pendidikan internasional dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas, dan operasional Amerika Serikat di Indonesia.

Selain itu, Sampoerna University juga memperoleh lisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang mana merupakan wujud kontribusi subtantifnya dalam membentuk program pendidikan dengan standar nasional dan internasional.

Sampoerna University menyediakan berbagai jurusan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi global dan pengembangan karir yang lebih baik agar mampu bersaing dalam dunia kerja, seperti Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Seni dan Sains.

Keunggulan Sampoerna University

Sampoerna University menawarkan kesempatan bagi para peserta didik untuk penyelesaian kredensial di Indonesia atau melakukan transfer kredit ke Amerika tanpa harus meninggalkan Indonesia. Untuk itu, Sampoerna University secara resmi bekerjasama University of Arizona, Amerika Serikat.

Melalui kerjasama tersebut, Sampoerna University menawarkan program Gelar Ganda atau Dual Degree sehingga memungkinkan kamu dapat menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun di Jakarta dan lulus dengan mendapatkan dua gelar sekaligus, yaitu Gelar Sarjana Amerika Serikat terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana Strata-1 (S1) terakreditasi dari Sampoerna University.

Sampoerna University menerapkan kurikulum Amerika yang fokus membangun kompetensi peserta didik agar dapat lebih percaya diri, kompetitif secara global, memiliki keterampilan dan kredensial lebih baik serta memiliki kompetensi bekerja yang matang untuk dapat bersaing di dunia kerja.

Meskipun mengusung pendidikan kelas dunia berbasis kurikulum internasional, namun kamu tak perlu khawatir dengan biaya kuliah di Sampoerna University. Sebab, Sampoerna University menawarkan biaya kuliah 75% lebih hemat dari biaya pendidikan internasional pada umumnya. Jadi, Sampoerna University sangat cocok bagi kamu yang menginginkan pendidikan internasional dengan biaya kuliah yang terjangkau.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.