Skip to main content

5 Peran Penting Kurikulum Internasional Dalam Pendidikan di Indonesia

pendidikan internasional
Pendidikan internasional. (image: istockphoto.com)

Pendidikan menjadi salah satu faktor terpenting dalam menentukan masa depan bangsa serta pembangunan suatu negara. Oleh karena itu, kurikulum sebagai komponen terpenting dalam pendidikan terus dikembangkan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan menyiapkan generasi yang berkualitas untuk menghadapi perkembangan zaman.

Di Indonesia sendiri, saat ini sistem pendidikan di Tanah Air telah menerapkan kurikulum 2013 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai standar sistem kurikulum nasional yang yang digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Kurikulum nasional ini dibentuk dan diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Selain kurikulum nasional, saat ini beberapa sekolah dan universitas di Indonesia juga telah menerapkan sistem kurikulum internasional yang ditujukan untuk siswa yang ingin meningkatkan kompetensi yang diterima secara internasional.

Peran Kurikulum International di Indonesia

Kurikulum internasional adalah sistem kurikulum yang mengadopsi standar pendidikan internasional yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan internasional yang mana ini diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

kurikulum internasional
Kurikulum internasional. (image: sampoernauniversity.ac.id)

Di Indonesia, ada beberapa jenis kurikulum internasional yang digunakan di sekolah-sekolah yang menyelenggarakan program pendidikan internasional, di antaranya Cambridge International Examinations (CIE), Singaporean Primary School Curriculum (SPC), International Primary Curriculum (IPC), International Baccalaureate (IB), dan Kurikulum Montessori.

Kurikulum internasional juga mengutamakan metode pengajaran yang inovatif. Metode ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mereka. Ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan minat mereka dalam bidang yang mereka pelajari.

Peran kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, peran kurikulum internasional di Indonesia dapat dilihat dari beberapa aspek berikut ini:

1. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Kurikulum internasional dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini mencakup standar pendidikan internasional yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara-negara lain.

Dengan demikian, diharapkan para pelajar di Indonesia juga akan mendapatkan pendidikan yang sama dengan pelajar di negara-negara lain yang mengikuti pendidikan internasional dan mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan global.

2. Persiapan untuk Persaingan Global

kompetensi bekerja
Persiapan persaingan global. (image: sampoernauniversity.ac.id)

Kurikulum internasional dapat membantu dalam upaya untuk meningkatkan daya saing siswa Indonesia di kancah global. Pelajar Indonesia akan akan lebih terbiasa dengan standar dan kultur negara lain.

Dengan begitu, kompetensi siswa Indonesia jadi lebih meningkat dan akan memiliki lebih banyak sumber daya manusia yang siap untuk bersaing di kancah global.

3. Peningkatan Kompetensi Bahasa Asing

Kurikulum internasional biasanya menggunakan metode pengajaran bahasa asing, seperti bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran dan juga akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Sebagai informasi, kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat penting dalam era globalisasi saat ini.

4. Pemahaman Budaya Asing

Kurikulum internasional menyediakan pemahaman yang lebih baik tentang budaya negara lain. Siswa diajarkan tentang sejarah, adat istiadat, seni, sastra, musik, dan masakan negara lain. Hal tersebut akan membantu siswa untuk lebih mudah berinteraksi dengan orang asing dan juga lebih memahami dan menghormati budaya negara lain.

5. Membuka Kesempatan Melanjutkan Studi di Luar Negeri

Kurikulum internasional juga menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar di universitas luar negeri melalui program study abroad. Program ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk melanjutkan studi di universitas luar negeri serta berkesempatan untuk mendapatkan sertifikat atau ijazah yang diakui secara internasional. Hal ini juga akan membantu siswa dalam meningkatkan kompetensi bekerja dan akan membantu siswa dalam mencari pekerjaan di negara lain.

Meskipun ada banyak keuntungan dari penerapan kurikulum internasional, namun ada juga beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Seperti kurangnya sumber daya tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang cukup dalam mengajar materi yang sesuai dengan standar pendidikan global, hingga fasilitas pendukung belajar mengajar yang kurang memadai.

Oleh karena itu, Sampoerna University hadir dengan komitmennya menghadirkan pendidikan tinggi berbasis kurikulum internasional.

Tentang Sampoerna University

Sampoerna University
Sampoerna University. (image: sampoernauniversity.ac.id)

Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan program pendidikan tingkat tinggi ala Amerika. Sampoerna University menerapkan standar pendidikan internasional dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas, dan operasional Amerika Serikat di Indonesia.

Sampoerna University merupakan universitas swasta yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang mana merupakan wujud kontribusi subtantifnya dalam membentuk program pendidikan dengan standar nasional dan internasional.

Sampoerna University juga berkerjasama secara resmi dengan University of Arizona untuk menawarkan program Gelar Ganda atau Dual Degree yang memungkinkan siswa belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan mendapatkan dua gelar sekaligus, yaitu Gelar Sarjana Amerika Serikat terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University.

Melalui kerjasama tersebut, Sampoerna University juga memberikan kesempatan bagi para peserta didik untuk penyelesaian kredensial di Indonesia atau melakukan transfer kredit ke Amerika tanpa harus meninggalkan Indonesia.

Sampoerna University Terapkan Kurikulum Internasional

Sampoerna University menerapkan kurikulum Amerika dengan metode pembelajaran dua arah serta menggunakan project and case study. Kurikulum ini menggabungkan pengetahuan umum dan interdisiplin yang dipandu oleh standar pendidikan Indonesia.

Kurikulum Amerika ini fokus membangun kompetensi peserta didik yang tangguh di era global, pemahaman etika, berpikir kritis, kemampuan komunikasi yang efektif serta peningkatan kompetensi dasar sains, teknologi, matematika, literasi, dan informasi.

Dengan mengaplikasikan kurikulum internasional, Sampoerna University mencetak peserta didik lebih percaya diri, kompetitif secara global serta memiliki kompetensi bekerja yang matang untuk dapat bersaing di berbagai industri karena memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kredensial berstandar internasional.

Kesimpulan

Sampoerna University menjadi pilihan tepat untuk kamu yang mencari pendidikan internasional yang unggul dan modern. Sebab, Sampoerna University satu-satunya universitas yang mengusung kurikulum kurikulum internasional dari Amerika di Indonesia yang menjamin lulusan lebih matang dalam menghadapi kompetisi global serta memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik dan sukses baik secara akademis maupun internasional.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.