Skip to main content

Di Magelang Ada Candi? Apa Saja, Ya?

Candi Borobudur
Candi Borobudur. (image: angkutkoper.com)

Mendengar kata Magelang, pasti Kamu akan teringat oleh Candi Borobudur. Ya, candi yang berada di Kabupaten Magelang ini ternyata bukan satu-satunya candi yang berada di Jawa Tengah. Kota atau Kabupaten Magelang nyatanya memiliki banyak sekali candi yang dijadikan destinasi wisata yang sangat menarik, lho. Apa saja, ya?

1. Candi Pawon

Candi Pawon
Candi Pawon. (image: sejarahlengkap.com)

Candi yang reliefnya mirip dengan Candi Borobudur ini terletak di Brojonalan, Kabupaten Magelang. Karena kemiripan relief dan jaraknya dengan Candi Borobudur yang tidak terlalu jauh, membuat beberapa ilmuwan menganggap bahwa Candi Pawon adalah bagian bahkan gerbang dari Candi Borobudur.

Lokasinya yang terletak di tengah pemukiman warga terkadang membuat candi ini tidak terlihat oleh wisatawan, padahal, sekitaran candi ini sudah memiliki homestay, rumah makan, bahkan toko souvenir. Kamu juga bisa menyewa scooter untuk mengelilingi kawasan candi ini.

2. Candi Mendut

Candi Mendut
Candi Mendut. (image: Wikipedia)

Wisata Magelang dekat Borobudur lainnya adalah Candi Mendut. Candi yang terletak di Jl. Badrawati ini berjarak 3 kilometer arah timur dari Candi Borobudur. Tidak hanya dijadikan tempat wisata, Candi Mendut juga menjadi tempat ibadah agama Buddha, sehingga ada beberapa aturan yang harus diikuti oleh pengunjung.

Karena candi ini termasuk candi agama Buddha maka tak jarang Kamu akan menemukan banyak relief Buddha di dalamnya yang mengajarkan banyak pesan moral kepada pengunjung.

3. Candi Umbul

Candi Umbul
Candi Umbul. (image: Wikipedia)

Candi selanjutnya yang bisa Kamu kunjungi adalah Candi Umbul yang terletak di Desa Kartoharjo, 19 kilometer dari Kota Magelang. Candi yang memiliki latar belakang agama Hindu ini memiliki pemKamungan yang asri, karena dikelilingi oleh persawahan dan juga pegunungan.

Yang menarik dari candi ini adalah dua kolam pemandian di sekelilingnya, yang konon dipercaya sebagai tempat mandi bangsawan sejak abad 8 masehi. Kamu jangan kaget begitu masuk ke area candi ini, karena bukan candi besar dan megah yang terlihat, namun hanya batu-batu sisa pembangunan candi saja, dan diperkirakan candi ini adalah candi yang berpasangan. Beberapa arca dan sisa batu juga terdapat di sekeliling pemandian.

4. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo
Candi Selogriyo. (image: nativeindonesia.com)

Jika lokasi Candi Borobudur berada di tengah kota, maka Candi Selogriyo berada di kaki gunung, yaitu kaki gunung Sumbing, di antara Bukit Giyanti dan Bukit Condong, Kabupaten Magelang. Lokasi candi yang berada di kaki gunung memang membuat pengunjung harus memakai kendaraan roda dua dan berjalan kaki untuk mencapainya, namun itu semua akan terbayar dengan pemandangan asri dari terasering dan juga candinya yang sangat indah dan bersejarah.

Lokasinya yang berada di bukit diperkirakan para ahli sejarah karena candi ini digunakan pendeta Hindu untuk menyendiri dan agar semakin dekat dengan para dewa. Tidak jauh dari candi juga Kamu bisa menemukan mata air yang dipercaya masyarakat dapat mengobati berbagai penyakit.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.