Skip to main content

Tips dan Cara Nabung Buat Beli HP Bagi Pelajar

kartu kredit

Saat ini HP sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi bahkan untuk kalangan pelajar. Tapi seperti yang kita tahu, harga HP tidaklah murah. Sehingga para pelajar banyak yang membutuhkan tips dan cara nabung buat beli HP mengingat mereka belum memiliki penghasilan layaknya orang dewasa yang sudah bekerja. Bagi pelajar sendiri, fungsi HP adalah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring.

Terlebih akibat pandemi, kegiatan belajar tatap muka di sekolah mulai dikurangi dan sebagai gantinya belajar dilanjutkan secara daring. Tanpa HP yang mumpuni, pasti akan menyulitkan Kamu untuk mengikuti pelajaran.

Tapi karena pelajar belum punya penghasilan tetap selayaknya orang dewasa yang sudah bekerja, mau tak mau cara untuk mendapatkan HP sesuai keinginan adalah dengan menabung. Lantas bagaimana cara nabung buat beli HP yang benar?

5 Cara Nabung untuk Beli HP

Inilah cara nabung yang bisa dilakukan untuk beli HP:

1. Menentukan HP yang Ingin Dibeli

Ada banyak jenis HP yang dijual di pasaran. Mulai dari harga paling murah hingga yang paling mahal. Setiap HP juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum mulai nabung, ada baiknya Kamu terlebih dahulu menentukan HP yang ingin dibeli.

Untuk pelajar, HP dengan range harga 1-2 jutaan sudah cukup bagus digunakan untuk sekolah daring. Memang dari segi spesifikasinya tidak sebagus HP di atas harga tersebut. Akan tetapi untuk ukuran pelajar yang hanya mengandalkan uang saku untuk membeli HP, di harga tersebut bisa Kamu dapatkan dengan menabung selama beberapa bulan. Dari mengetahui harga HP yang diinginkan itu, Kamu bisa mengukur kemampuan untuk mulai menabung.

2. Membuat Budgeting

Setelah mengetahui tujuan Kamu, berikutnya lakukan budgeting untuk mulai menabung. Budgeting ialah membuat anggaran untuk membelanjakan uang. Dengan budgeting, Kamu dapat mengatur alokasi uang yang dimiliki.

Semisal Kamu mendapatkan uang saku Rp 20.000 per hari. Dari total uang saku tersebut, tentunya tidak semua dihabiskan untuk membeli jajan. Jika Kamu ingin segera mendapatkan HP yang diinginkan, alokasikan sebagian ke tabungan.

Akan lebih baik menyisihkan saat uang saku masih belum terpakai sama sekali daripada menunggu sisa. Karena pasti nominal yang tersisa tidak akan sama setiap hari dan itu akan membuat tujuan Kamu jadi lama tercapai.

3. Menabung Harian

Menabung dengan nominal besar sekaligus pasti akan memberatkan Kamu. Untuk itu mulailah menabung sedikit demi sedikit setiap hari. Akan lebih efektif bila Kamu menabung dengan nominal yang sama setiap harinya.

Misalnya target HP Kamu seharga Rp1,5 juta. Jika ingin segera terbeli dalam jangka waktu 6 bulan alias 180 hari, maka dalam sehari Kamu harus menyisihkan sebesar Rp8.300 ke tabungan.

Kalau ingin lebih cepat, misal 4 bulan, maka Kamu harus menyisihkan Rp12.500 secara rutin setiap hari. Jangka waktu dan besarnya nominal untuk ditabung bisa Kamu ukur sendiri sesuai kemampuan.

4. Mengurangi Jajan Di Luar

Supaya cepat tercapai membeli HP impian, Kamu memang harus sedikit mengorbankan diri termasuk keinginan untuk membeli jajan di luar. Daripada membeli jajan, akan lebih baik bila Kamu membawa bekal dari rumah. Selain lebih sehat untuk tubuh, Kamu juga bisa menyisihkan lebih banyak uang saku untuk nabung.

5. Cari Pemasukan Tambahan

Kamu tidak bisa mengandalkan uang saku saat hari libur. Sebagai gantinya, Kamu bisa mencari pemasukan tambahan seperti dengan menekuni pekerjaan lepas atau freelance. Saat ini banyak sekali pekerjaan freelance online yang dapat dilakoni oleh pelajar. Seperti menulis artikel, desain grafis, admin sosmed, content creator dan lain sebagainya.

Besaran fee yang didapatkan biasanya tergantung seberapa banyak projek yang Kamu kerjakan. Meskipun tidak terlalu besar, akan tetapi cukup bisa diandalkan untuk mempercepat target Kamu tercapai.

Itulah beberapa cara nabung untuk beli HP yang bisa dipraktekkan. Kamu juga bisa memanfaatkan produk pinjaman Bank Danamon untuk segera membeli HP yang diinginkan. Daripada menunggu berbulan-bulan untuk membeli HP, akan lebih efektif jika mengambil pinjaman Bank Danamon untuk langsung membeli saat ini.

Nantinya, Kamu juga bisa sambil tetap menabung hingga jatuh tempo pembayaran pinjaman. Terlebih Bank Danamon memiliki fasilitas pinjaman tanpa kartu kredit seperti KTA Dana Instant dengan tenor hingga 36 bulan yang dapat membantu Kamu membeli HP idaman.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.