Skip to main content

Pengertian, Tugas dan Tips Menjadi Konten Writer Handal di Fastwork

konten writer

Konten writer adalah sebuah profesi yang memiliki jobdesk sebagai penulis profesional yang akan menulis artikel, berita, sebuah jurnal, dan informasi yang berguna untuk konten media sosial. Untuk menjadi Konten Writer yang handal diharuskan terampil dalam mengolah dan merangkai kata agar hasilnya bagus, menarik dan diminati banyak pembaca.

Di Era digital seperti sekarang ini, konten writer sangat dibutuhkan oleh banyak orang agar konten website dapat selalu update mengenai informasi tertentu sehingga memiliki banyak pengunjung. Untuk meningkatkan traffic dan keuntungan, maka penulis harus memerhatikan hal teknis maupun non-teknis dalam penulisan.

Tugas Konten Writer

1. Kemampuan Editorial

Konten writer yang handal mampu mengedit sebuah konten menjadi lebih menarik dan memiliki traffic yang lebih besar. Selain itu, kemampuan editing diperlukan oleh seorang penulis agar kualitas konten berkualitas. Jika Kamu tertarik untuk menekuni bidang ini, sebaiknya Kamu kerap melihat dan mengontrol berbagai sumber informasi artikel.

2. Pemahaman SEO yang Baik

Pemahaman SEO yang baik sangat diperlukan oleh konten writer dalam sebuah situs secara optimal guna muncul pada timeline atas pada mesin pencarian seperti google, crome dan sebagainya. Sebelum menulis perhatikan judul, rancangan artikel outline dan keyword riset.

3. Riset Konten

Selain memahami SEO dengan baik, penulis juga harus melakukan riset terhadap konten kompetitor. Cermatilah artikel kompetitor dengan topik yang sama agar dapat dengan mudah memahami struktur dan isi konten. Alhasil Kamu dapat menghasilkan tulisan yang lebih baik dari kompetitor. Selalu perhatikan keyword yang digunakan untuk melihat seberapa sering user mencari topik tersebut pada mesin pencarian.

Pada dasarnya tulisan yang baik adalah tulisan yang informasinya berdasar pada fakta yang ada. Susun dengan kaidah penulisan yang tidak asal-asalan. Berikan rasa dan dedikasi pada setiap tulisan yang Kamu buat.

Tips Menjadi Konten Writer Handal

Setelah mengetahui hal diatas tersebut, maka kami akan menyajikan tips bagaimana menjadi penulis atau konten writer yang baik. Berikut ulasannya :

1. Keahlian menulis yang Mumpuni

Keahlian yang dimaksudkan adalah memahami dengan baik konsep 5W+1H dalam penulisan. Tidak ada asal menuangkan dalam sebuah tulisan, tapi juga terkonsep sedemikian rupa. Tujuan, topik yang dipilih dan struktur penulisan ditujukan agar orang lain mudah memahaminya. Kuncinya jangan pernah berhenti untuk terus belajar menulis.

2. Memahami Teknologi dengan Baik

Sebagai konten writer yang handal, Kamu dituntut untuk melek teknologi. Karena di Era sekarang setiap orang akan lebih banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Teknologi yang dimaksud adalah laptop, smartphone, PC dan lain sebagainya. Kemudian juga harus paham akan software pengolahan data dan browser.

3. Mengikuti Tren

Tips menjadi konten writer handal yang terakhir yaitu mampu mengikuti tren sesuai dengan perkembangannya. Kamu tidak bisa menulis berdasarkan selera atau keinginan Kamu,karena yang menurut Kamu menarik belum tentu diminati pembaca. Terlebih pembaca lebih sering mengikuti sesuatu yang sedang viral. Jadi Kamu juga harus membuat tulisan yang aktual dan terkini agar pembaca tetap tertarik.

Konten Writer Handal di Fastwork

Langkah selanjutnya yang dapat Kamu ambil agar menjadi konten writer yang handal adalah dengan bergabung dengan platform Fastwork kekinian dan terpercaya. Sebuah marketplace dari Thailand yang mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 2018 silam. Kamu dapat mendaftar sebagai freelancer konten writer tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Kelebihan lainnya yang diberikan adalah dapat bekerja dimana saja dan kapan saja tanpa terikat namun tetap penuh tanggungjawab dalam mengerjakannya. Menurut Harry Akbar Sutiono selaku Country Director menyatakan bahwa Fastwork telah memiliki 50.000 pengguna dan ribuan transaksi telah berhasil dilakukan setiap bulannya.

Ini artinya kesempatan emas untuk Kamu berkarir sebagai konten writer yang handal. Segera bergabung dan berikanlah yang terbaik. Segera akses situs websitenya di halaman https://fastwork.id/content-writing. Selamat mencoba!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.