Skip to main content

5 Aplikasi Belajar Gitar Gratis untuk Pemula

Belajar Gitar

Dari sekian banyak alat musik, gitar merupakan salah satu alat musik yang paling digemari hingga saat ini. Jika kita lihat, bermain gitar terlihat mudah. Namun kenyataannya, memainkan alat musik petik ini tidak semudah yang kita lihat.

Sebab untuk dapat bermain gitar dengan benar, maka kamu harus memahami dan menghafal betul semua kunci gitar atau Chord agar bisa menghasilkan nada merdu nan indah saat didengar.

Bahkan, beberapa orang mengambil kelas kursus untuk bisa mahir bermain gitar. Namun untuk hal tersebut, ada beberapa kendala yang mungkin harus dihadapi. Antara lain harus meluangkan waktu untuk datang ke tempat kursus dan biaya untuk kursus musik itu relatif mahal.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Gitar Gratis

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kamu pun sekarang bisa belajar bermain gitar secara otodidak tanpa mengeluarkan biaya alias gratis, karena saat ini ada berbagai pilihan aplikasi untuk membantu belajar bermain gitar hingga mahir.

Berikut ini ada 5 rekomendasi aplikasi belajar gitar gratis untuk pemula:

1. GuitarTuna

GuitarTuna

Sebelum kamu mulai memainkan gitar, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyetem gitar terlebih dahulu.

Proses menyetem gitar ini merupakan proses paling awal yang harus dimengerti dan dikuasai dengan baik oleh siapapun yang ingin belajar bermain gitar. Dengan menyetem gitar milikmu, maka kamu akan mendapatkan nada gitar yang sesuai dengan nada standar.

GuitarTuna adalah salah satu aplikasi belajar gitar terbaik yang menyajikan tutorial cara menyetem gitar. Secara default, aplikasi sudah disetel secara otomatis, sehingga kamu dapat mulai menyetel hanya dengan menyalakannya dan memainkan setiap senar gitar secara bergantian.

2. Yousician

Yousician

Dikembangkan oleh developer yang sama dengan GuitarTuna, Yousician bisa menjadi salah satu aplikasi pilihan terbaik untuk belajar gitar. Yousician menyajikan lebih dari 1.500 misi, pelajaran dan latihan, serta ratusan video mencakup semua keterampilan yang kamu butuhkan untuk belajar gitar, bass, hingga ukulele.

Selain itu, aplikasi Yousician juga menyediakan ribuan lagu populer untuk dicoba dipraktekkan. Bahkan, aplikasi ini akan mengajari kamu teori musik dan cara membaca notasi musik, menjadikannya aplikasi belajar musik yang sangat lengkap.

3. Belajar Kunci Gitar Pemula

Belajar Kunci Gitar Pemula

Aplikasi Android selanjutnya yang bisa kamu coba ada Belajar Kunci Gitar Pemula. Aplikasi besutan developer Re-Creator ini memberikan berbagai informasi tentang gitar seperti bagian–bagian pada gitar, kunci atau Chord dasar, dan berbagai nada pada gitar.

Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan berbagai tips tambahan untuk bermain gitar dangan perpanduan lagu yang mudah untuk dimainkan sehingga mudah dipahami untuk para pemula.

4. Guitar 3D Chords

Guitar 3D

Guitar 3D Chords menyajikan metode belajar gitar yang berbeda dari aplikasi sebelumnya. Sebab, aplikasi menggunakan metode pembelajaran dengan animasi 3D untuk mendemonstrasikan gerakan lengan, tangan dan jari seperti seorang memainkan gitar sungguhan.

Dengan aplikasi ini, maka kamu bisa belajar Chord dasar dengan fitur interaktif 3D real time. Sehingga, kamu bisa melihat cara bermain gitar dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

5. Ultimate Guitar: Chord & Tab

Ultimate Guitar

Jika kamu sudah memahami teknik-teknik bermain gitar dan ingin belajar memainkan beberapa lagu, aplikasi satu ini adalah pilihan yang tepat. Sebab, di Ultimate Guitar: Chord & Tab menyediakan lebih dari 1,4 juta tab, Chord, kunci gitar hingga kunci ukulele secara gratis.

Pengguna bisa mengedit Chord, lirik atau ganti tab sesuai kebutuhannya di tab Personal. Selain itu, untuk versi langganannya, aplikasi ini juga menyajikan kemampuan untuk memainkan sekitar kurang lebih 8.000 lagu, yang disertai dengan backing track dan lirik tepat waktu.

Nah itulah 5 rekomendasi aplikasi belajar gitar gratis yang bisa kamu coba. Kelima aplikasi pilihan yang aku rekomendasikan tersebut diharapkan bisa membantumu yang ingin belajar bermain gitar sendiri dengan cepat.

Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.