Skip to main content

Spesifikasi dan Harga Axioo SlimBook 14, Laptop Lokal dengan AMD Ryzen

Axioo SlimBook 14

Belum lama ini, vendor laptop lokal asli Indonesia, Axioo resmi meluncurkan dua laptop kelas konsumer terbarunya dari lini SlimBook 14 R Series, yakni Axioo SlimBook 14 R3 dan Axioo SlimBook 14 R5.

Menariknya kedua laptop tersebut diklaim merupakan laptop lokal pertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen.

Sesuai namanya, perbedaan Axioo SlimBook 14 R3 dan SlimBook R5 terletak di sektor hardware, salah satunya di komponen prosesor dan GPU terintegrasi yang disematkan. Selebihnya, kedua seri laptop ini mengusung spesifiikasi yang sama.

Axioo SlimBook 14 R3

Untuk Axioo SlimBook 14 R3, model ini ditenagai dengan CPU AMD Ryzen 3 3200U (2 core 4 thread) yang memiliki base clock 2,6 GHz dan masih bisa ditingkatkan menjadi 3,5 GHz dengan mode boost. CPU tersebut dipadukan dengan GPU AMD Radeon Vega 3 Graphics yang memiliki tiga buah inti (CUs) berkecepatan 1,2 GHz.

Axioo SlimBook 14 R5

Sedangkan untuk Axioo SlimBook 14 R5, model ini ditenagai dengan "otak" yang sedikit lebih mumpuni. Yakni dengan CPU AMD Ryzen 5 3500U yang memiliki base clock 2,1 GHz dan masih bisa ditingkatkan menjadi 3,7 GHz serta dikombinasikan dengan GPU Radeon Vega 8 Graphics yang memiliki delapan buah CUs dengan kecepatan 1,2 GHz.

Beralih dari segi kesamaan, Axioo SlimBook 14 R3 dan SlimBook 14 R5 sama-sama mengusung panel layar jenis IPS dengan diagonal seluas 14 inchi dan resolusi Full HD, lengkap dengan bezel yang relatif tipis.

Axioo SlimBook 14 R3

Selain itu, Kapasitas RAM dan media penyimpanan (storage) yang didukung oleh Axioo SlimBook 14 R3 dan SlimBook 14 R5 mengusung kapasitas yang sama, yakni RAM DDR4 8GB dual-channel yang bisa ditingkatkan menjadi 16GB, dan storage SSD M.2 dengan kapasitas 256GB yang masih bisa diperluas melalui slot ekspansi yang tersedia.

Untuk sistem operasinya, kedua laptop 14 inch ini juga sama-sama menjalankan sistem operasi Windows 10 Pro. Dan kelengkapan konektivitas meliputi dua port USB Type-A, satu port USB Type-C, HDMI full-size, jack audio 3,5mm, serta slot kartu microSD dan catu dayanya ditopang oleh baterai 3600 mAh.

Harga dan Ketersediaan

Terakhir, bicara soal harga, seri laptop teranyar dari Axioo ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya.

Unuk Slimbook 14 R3 dijual dengan harga Rp 5,9 jutaan sedangkan SlimBook 14 R5 seharga Rp 6,9 jutaan. Kedua model kini sudah bisa didapatkan di sejumlah mitra e-commerce rekanan Axioo di Tanah Air.

Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.