Mengenal Perusahaan Jasa Freight Forwarder untuk Pengangkutan Barang Internasional

Jasa Freight Forwarder

Menggunakan jasa pengangkutan barang yang tepat merupakan hal penting untuk dilakukan dalam berbisnis. Apalagi jika bisnis kamu sudah masuk ke dalam skala internasional. Dibutuhkan suatu model jasa transportasi internasional yang profesional bernama freight forwarding. Kamu dapat menemukan jasa Freight Forwarding Jakarta ataupun di kota besar lainnya.

Jasa Freight Forwarding membuat proses pengangkutan barang perusahaan atau bisnis menjadi lebih efisien. Selain itu, pengiriman juga dapat menggunakan berbagai armada seperti angkatan laut, udara, dan juga darat. Menarik sekali bukan? Nah, untuk memperdalam informasi tentang jasa transportasi internasional ini, kamu dapat simak beberapa hal yang perlu diketahui terkait Freight Forwarding.

{tocify} $title={Daftar Bacaan:}

Pengertian Freight Forwarding

Freight Forwarding atau perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman mempunyai tanggung jawab terhadap pengiriman dari satu tempat ke tempat tujuan lain. Perusahaan ini lebih tepatnya berperan sebagai perantara antara pihak jasa pengangkutan forwarder dan juga pihak pengirim. Beberapa tugas penting dari jasa ini adalah terkait negosiasi harga ataupun pemilihan rute paling ekonomis.

Fakta Tentang Freight Forwarding

1. Punya Banyak Layanan

Perusahaan pengiriman barang ini dikenal mempunyai banyak layanan untuk dipilih. Berikut ini adalah beberapa dari jenis layanan tersebut:

  • Dokumentasi impor ekspor internasional
  • Izin pabean
  • Packing
  • Warehousing
  • Pertanggungan
  • Management persediaan

2. Membuat Export Import Jadi Mudah

Menggunakan perusahaan pengangkutan barang internasional dapat memudahkan bisnis kamu dalam melakukan impor dan juga ekspor. Semua proses mulai dari pengemasan, warehousing, sampai dengan prosedur bea cukai diurus oleh pihak perusahaan.

3. Bermanfaat Bagi Pengembangan Bisnis

Memanfaatkan jasa pengangkutan dapat menciptakan banyak sekali manfaat bagi bisnis kamu. Hal itu tentu karena dari pihak penyedia pengiriman sudah mempunyai banyak pengalaman serta keahlian dalam bidang pengiriman internasional. Jadi, semua pengiriman paket akan dipastikan dapat sampai ke tempat tujuan dengan tepat waktu. Pastinya hal itu bisa lebih menghemat pengeluaran dibanding mengurusnya sendiri.

4. Ciptakan Hubungan Baik dengan Forwarder

Mengingat pihak jasa forwarding punya tanggung jawab terhadap barang bisnis kamu, untuk itu sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan mereka. Pastikanlah bahwa perusahaan milik kamu bisa dipercaya. Dengan begitu, kedua belah pihak dapat saling menguntungkan dan profesional dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

5. Pihak Jasa Forwarder Tidak Punya Tanggung Jawab Saat Pengiriman Terlambat

Pihak jasa forwarder tidak mempunyai tanggung jawab terkait pengiriman terlambat. Hal itu karena keterlambatan bisa disebabkan oleh banyak hal di luar kuasa mereka. Bisa saja pengiriman terlambat disebabkan cuaca buruk, perubahan rute secara mendadak, keterlambatan port, dan lain sebagainya. Jadi, sebagai klien, kamu harus memahami terkait dengan hal tersebut.

6. Pastikan Dokumen Lengkap Sebelum Pengiriman Dilakukan

Pada saat menyerahkan barang untuk dikirim oleh forwarder, terlebih dahulu pastikan bahwa semua dokumen terkait pengangkutan barang lengkap. Memang benar bahwa pihak jasa juga akan membantu dalam pengecekan ini, namun akan lebih baik lagi jika kelengkapan dokumen sudah disiapkan terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah saat pengiriman.

7. Terdapat Bahan dan Barang yang Dilarang

Dalam pengangkutan barang, terdapat beberapa peraturan ketat terkait dengan barang dan bahan tertentu. Berikut ini adalah beberapa daftar barang yang dibatasi.

  • Alkohol
  • Obat-obatan
  • Barang beracun
  • Barang mudah terbakar
  • Benda tajam
  • Baterai
  • Barang rentan rusak (kecuali khusus)

Itulah tadi beberapa hal terkait jasa forwarder yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan kamu dapat lebih mengenal lebih jauh tentang perusahaan tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan jasa Freight Forwarding Jakarta, maka langsung saja percayakan pada Hagajaya Forwarder. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi websitenya di alamat hagajaya.com.

Post a Comment (0)