Microsoft Rilis Surface Laptop SE, Laptop Khusus Pelajar Harga Rp 3 Jutaan

Surface Laptop SE

Setelah Microsoft mengumumkan sistem operasi Windows 11 SE, versi baru dari Windows 11 yang khusus ditujukan untuk para pengguna edukasi, kini belum lama ini mereka juga memperkenalkan laptop baru, yakni Surface Laptop SE yang langsung dibekali OS Windows 11 SE.

Sama seperti laptop Chromebook yang menjalankan OS ChromeOS, Surface Laptop SE juga dikhususkan untuk pendidikan, diantaranya guru, pelajar, hingga admin IT sekolah dengan jenjang pendidikan sekolah dasar hingga menengah pertama.

Secara spesifikasi, laptop dengan body plastik ini memiliki diagonal layar 11,6 inci dengan resolusi 1.366 x 768 pixel serta memiliki aspek rasio 16:9. Dan di atas layar depan terdapat sebuah kamera webcam 1 MP dengan resolusi 720p.

Baca juga:

Untuk menunjang performanya, Surface Laptop SE ditenagai dengan pilihan prosesor Intel Celeron N4020 atau N4120 serta dipadu dengan RAM 4GB atau 8GB, serta penyimpanan tipe eMMC berkapasitas 64GB atau 128GB.

Satu hal yang menarik dari OS Windows 11 SE yang tertanam di Surface Laptop SE ini. Dimana pada OS Windows SE, terdapat tool bernama Intune for Education. Dimana tool ini dapat dimanfaatkan oleh user Surface Laptop SE untuk dapat memilih waktu yang tepat untuk menginstall update OS hingga tidak mengganggu pembelajaran yang tengah dilakukan.

Bicara soal harga, Surface Laptop SE dijual mulai dari USD 249 atau sekitar Rp 3,5 jutaan untuk varian RAM 4GB / penyimpanan 64GB. Sedangkan untuk varian yang lebih tinggi, yakni yang memiliki konfigurasi RAM 8GB / penyimpanan 128GB dibanderol USD 329 atau sekitar Rp 4,6 jutaan.

Kabarnya, Microsoft akan merilis laptop ini di awal tahun 2022 di beberapa negara, yakni Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang. Belum ada informasi apakah nantinya juga akan tersedia di negara lain, termasuk Indonesia atau tidak.

Post a Comment (0)