Skip to main content

Ini Versi Android yang Paling Banyak Dipakai Saat Ini

Android 10

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Google telah resmi mengumumkan versi Android terbarunya untuk tahun ini, yakni Android 12 pada Oktober lalu. Versi Android yang memiliki codename Snow Cone ini juga mengusung berbagai peningkatan dari segi performa hingga desain tampilan baru yang disebut dengan "Material You".

Baca juga:

Meskipun versi Android terbaru tersebut telah resmi meluncur, namun ternyata, Android versi lama rupanya masih populer. Berdasarkan data yang dilaporkan oleh Android Studio, versi Android 10 menjadi versi yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Ya, Android 10 masih jadi pemimpin market share terbanyak pertama sebesar 26,5 persen dari total perangkat yang paling banyak mengakses Google Play Store. Sedangkan Android 11 yang dirilis tahun lalu, menjadi Android dengan pengguna terbesar kedua, yakni 24,2 persen.

Selanjutnya, di urutan ketiga ada versi Android 9 Pie yang dirilis tahun 2018 lalu dengan persentase pengguna sebanyak 18,2 persen, kemudian urutan keempat ada Android 8 Oreo dengan persentase 13,7 persen.

Versi Android yang Paling Banyak Dipakai
Diagram Versi Android yang Paling Banyak Dipakai. (Sumber: 9to5Google)

Jika kita lihat dari tabel diagram diatas, ternyata beberapa versi Android yang lama juga masih banyak penggunanya. Diantaranya Android 7 dan 7.1 Nougat dengan persentase pengguna sebesar 6,3 persen dan Android 6 Marshmallow sebesar 5,1 persen.

Selain itu, versi Android yang dirilis Google 7-8 tahun lalu juga masih digunakan hingga saat kini meskipun hanya menyumbang persentase yang kecil. Seperti Android 5 Lolipop yang dirilis pada 2014 lalu masih memiliki pengguna sebesar 3,9 persen dari total perangkat Android, dan Android 4.4 KitKat yang pertama dirilis pada 2013 lalu sebanyak 1,4 persen.

Sedangkan untuk Android 12 yang baru dirilis beberapa bulan lalu, belum menunjukan persentase penggunanya. Hal tersebut kemungkinan masih belum banyak penggunanya karena Google sendiri baru mulai menggulirkan Android 12 secara bertahap ke pengguna mulai 19 Oktober 2021. Tentunya dimulai dari perangkat Pixel besutan Google terlebih dahulu, baru setelah itu, beberapa smartphone dari pabrikan lainnya akan mendapat giliran update Android 12.

Namun demikian, tidak semua pengguna Android bisa mengupdate perangkatnya ke Android 12. Sebab, tergantung pabrikan smartphone masing-masing apakah nantinya akan menggulirkan update Android 12 untuk smartphone besutannya atau tidak.

Beberapa smartphone lainnya yang terkonfirmasi akan mendapat pembaruan Android 12 adalah dari pabrikan Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Xiaomi, Vivo dan Techno.

Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.