Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

rekrutmen pekerja

Proses rekrutmen bukanlah perkara mudah bagi suatu perusahaan. Untuk mendapatkan kandidat pekerja terbaik, dibutuhkan usaha yang besar dan waktu yang tidak sebentar dalam proses penyaringannya.

Oleh karena itu penggunaan teknologi akan dapat membantu perusahaan menemukan kandidat pekerja terbaik.

Teknologi yang Banyak Digunakan di Dunia Rekrutmen

1. Application Tracking System (ATS)

Teknologi Application Tracking System (ATS) adalah salah satu teknologi paling lumrah yang sudah banyak diterapkan perusahaan. Penggunaan ATS juga tergolong mudah dan dapat mempercepat hingga mengefisienkan proses rekrutmen.

Teknologi ATS bisa digunakan sejak tahap awal proses rekrutmen. Tim recruiter bisa mengirimkan iklan lowongan pekerjaan ke situs resmi perusahaan maupun ke website lowongan tertentu. Teknologi ATS ini juga akan mengirimkan email notifikasi secara otomatis ke pelamar terkait tahapan recruitment.

2. Crowdsource Recruitment

Teknologi Crowdsource Recruitment dapat membantu mempercepat proses penyaringan kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tim recruiter perusahaan hanya perlu memasang lowongan pekerjaan pada platform hiring terbaik sehingga lowongan tersebut lalu menarik kandidat potensial untuk mendaftar.

Selain itu teknologi Crowdsource Recruitment juga mempercepat proses penyaringan kandidat karena teknologi ini akan menyaring kandidat secara otomatis menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence. Keuntungan lain teknologi ini adalah akan memberi transparansi ke calon kandidat.

3. Chatbots

Teknologi Chatbots adalah infovasi terbaru dalam perekrutmen yang akan mengotomatisasikan interaksi antara kandidat dengan recruiter. Teknologi Chatbots akan menjawab pertanyaan secara otomatis serta memberikan feedback secara cepat dan tepat sesuai kekbutuhan kandidat.

Peran lain Chatbots adalah memberi informasi kepada tim recruiter terkait cara komunikasi para kandidat termasuk responnya. Komunikasi terbuka melalui teknologi Chatbots akan meningkatkan candidate experience serta menurunkan masalah dari kandidat karena komunikasi yang tidak jelas.

4. Online Assessment

Teknologi Online Assessment akan bekerja untuk menilai karakteristik dan keterampilan kandidat sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Online Assessment juga akan memberikan skor kandidat tersebut berdasarkan nilai yang mereka peroleh saat penilaian.

Dengan adanya Online Assessment, proses penilaian juga akan lebih adil tanpa adanya bias dari tim recruiter.

Software Berbasis Kecerdasan Buatan Terbaik untuk Bantu Perekrutan

Salah satu teknologi terkini yang dapat memudahkan Anda menemukan kandidat pekerja terbaik bagi perusahaan adalah dengan menggunakan software berbasis kecerdasan buatan. Software berbasis kecerdasan buatan akan mampu menemukan kandidat terbaik berdasarkan database profil yang ada.

Tools Shortlyst adalah software berbasis kecerdasan buatan yang akan membantu perusahaan menemukan kandidat terbaiknya berdasarkan algoritma AI yang cerdas dan efisien. Dibantu oleh database hingga 600 juta lebih profil kandidat di seluruh dunia, Shortlyst akan mampu menemukan kandidat terbaik.

Tools Shortlyst akan bekerja mengintegrasikan profil kandidat ke berbagai platform seperti LinkedIn, email, WhatsApp, dan Slack sehingga rekomendasi yang diberikan oleh Shortlyst akan lebih menyeluruh dan akurat.

Di dalam Shortlyst juga terdapat berbagai fitur untuk memudahkan recruiter seperti fitur rekomendasi dimana Shortlyst akan memberi rekomendasi kandidat terbaik berdasarkan kriteria yang Anda berikan. Fitur lain yang cukup membantu seperti fitur saling tag antara recruiter dan kandidat.

Untuk menikmati berbagai fitur di atas, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 23 USD saja. Biaya ini sangat jauh lebih murah dibandingkan tools yang menawarkan manfaat serupa yang ada di pasaran.

Penerapan teknologi dalam mencari kandidat pekerja dapat sangat membantu memudahkan tim recruiter menemukan kandidat terbaik. Salah satu teknologi paling tepat yang harus digunakan adalah software Shortlyst karena tools ini bekerja berdasarkan sistem kecerdasan buatan yang cerdas dan efisien.

Post a Comment (0)