--> Skip to main content

ASUS Zenfone 8 Resmi Dirilis, Smartphone “Compact” dengan Otak Snapdragon 888


ASUS Zenfone 8

Masih ingat dengan Zenfone? Ya, lini smartphone besutan ASUS tersebut sempat lama tak muncul kabarnya dan kini akhirnya ASUS kembali meluncurkan generasi terbaru dari seri Zenfone, yakni ASUS Zenfone 8.

Dari segi desain, Zenfone 8 mengusung ukuran yang cukup kecil dan sangat compact. Dimensi bodi smartphone ini 148 x 68.5 x 8.9 mm ini membuatnya tidak lebih kecil dari iPhone 12 Mini.

Kecil-kecil cabe rawit, ya mungkin itulah julukan yang pantas diberikan untuk Zenfone 8. Sebab, smartphone ini mengusung spesifikasi kelas flagship dalam tubuh mungilnya.

Layar Zenfone 8 mengusung panel layar Super AMOLED berukuran 5,9 inchi beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 120Hz, dukungan HDR10+, serta telah dilapisi dengan kaca pelindung terbaru dari Corning, yakni Gorila Glass Victus. Turut juga disertakan sensor fingerprint yang disematkan didalam layar.

Baca juga: ASUS Zenfone 6 Resmi Hadir di Indonesia, Harganya?

Sektor dapur pacu, Zenfone 8 ditopang oleh chipset termutakhir dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888. Chipset tersebut dipadukan dengan pilihan RAM LPDDR5 6GB/8GB/12GB, memori internal UFS 3.1 128GB/256GB, serta baterai berkapasitas 4000 mAh dengan Quick Charge 4.0.

ASUS Zenfone 8

Sektor fotografi, Zenfone 8 hanya memiliki dua buah kamera belakang saja, kamera utamanya 64 MP yang memakai sensor Sony IMX686 dan aperture f/1.8, Quad Bayer technology, dan OIS. Sedangkan kamera keduanya jenis lensa ultra-wide beresolusi 12 MP sensor dengan Sony IMX363. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 12 MP dengan sensor Sony IMX663 yang tersemat di dalam punch hole di sudut kiri atas layar.

Lebih lanjut, untuk fitur pendukung lainnya, Zenfone 8 berjalan pada OS Android 11, konektivitas 5G, 4G LTE, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, USB type-C, sertifikasi IP68, port 3.5mm audio jack, dual-speaker dengan dual Cirrus Logic mono amps (CS35L45), Dirac HD Sound, dan teknologi Nokia OZO Audio.

Di Eropa dan Taiwan, ASUS Zenfone 8 dibanderol mulai dari 600 Euro atau sekitar Rp 10,3 jutaan. Belum diketahui apakah smartphone ini nantinya bakal hadir di Indonesia atau tidak.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.