--> Skip to main content

Aneka Kreasi Resep Kopi Tubruk


kopi tubruk

Kopi Tubruk merupakan ciri khas budaya kopi Indonesia. Nama Tubruk sendiri diambil dari bahasa Jawa yang bermakna tabrak atau benturan. Seiring berkembangnya zaman, muncul beraneka kreasi resep kopi satu ini. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak bersama.

1. Kopi Tubruk Jahe

Masukan semua bahan yang terdiri dari kopi, gula, dan jahe. Untuk jahe, dapat menggunakan jahe bubuk maupun jahe segar yang diparut. Tambahkan air panas. Aduk hingga tercampur rata. Tidak perlu disaring, tunggu saja hingga ampasnya turun. Hidangkan selagi hangat.

2. Dalgona Coffee Tubruk

kamu membutuhkan 1 sendok makan kopi tubruk, 2 sendok makan air panas. 1-2 sendok makan gula pasir dan 100 ml susu cair. Tak lupa secukupnya es batu.

Larutkan kopi dengan air panas, aduk, lalu biarkan beberapa saat. Kemudian saring menggunakan saringan. Masukkan gula pasir. Mixer hingga kopi dan gula mengembang fluffy. Masukkan es batu dan susu ke gelas saji. Tuangkan adonan kopi di atasnya sebagai topping. Selamat menikmati.

3. Kopi Tubruk Lava Cake

Pisahkan putih telur dan kuning telur. Timbang putih telur hingga beratnya mencapai 230 gram. Campurkan santan, mocca pasta, serta 2 sendok makan kopi.

Mixer kuning telur, gula palm dan garam sampai gula larut serta tampak pucat. Gunakan high speed selama kurang lebih 3 menit. Masukan minyak sedikit demi sedikit dengan kecepatan mixer medium.

Masukan campuran santan dan tepung secara bergantian. Lakukan hingga kedua bahan habis. Pada tahap ini gunakan kecepatan mixer low speed.

Kocok putih telur menggunakan speed 1 sampai berbuih, lalu naik ke speed 2. Masukan gula pasir sedikit demi sedikit. Masukan lemon dengan speed mixer 2. Lanjut mixer sampai putih telur berubah menjadi medium pea. Total waktu yang dibutuhkan 4.15 - 4.30 menit.

Campurkan adonan putih telur dan kuning telur. Bagi menjadi 3 tahap. Aduk dengan teknik lipat.

Taruh di dalam loyang dengan diameter 20 cm. Hentakan lalu panggang adonan di oven convection dengan suhu 135° atas dan bawah. Setelah dioven selama 15 menit, slit chiffon. Kemudian panggang lagi selama 1 jam.

Jika sudah matang, hias dengan coffee frosting dan cheese cream. Lava cake spesial siap dihidangkan.

4. Kopi Tubruk Kayu Manis

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Di antaranya, kopi bubuk, air matang, madu murni, kayu manis, vanili bubuk, dan garam.

Rebus batang kayu manis serta vanilla bubuk pada panci dengan 1 gelas air matang. Rebus sampai air tampak mendidih sambil diaduk.

Setelah itu, tuangkan air rebusan kayu manis dan vanila ke dalam gelas menggunakan saringan kain yang telah berisi bubuk kopi.

Biarkan selama kurang lebih 4 menit agar kopi agak hangat serta airnya tampak pekat. Tambahkan madu murni serta garam Himalaya lalu aduk menggunakan kulit batang kayu manis. Selesai! Minuman ini cocok diminum sore hari apalagi saat hujan.

5. Kopi Susu Kacang Ijo

Seduh kopi dengan air panas. kamu bisa menyeduh kopi menggunakan moka pot. Tuangkan simple sirup ke dalam gelas saji. Tambahkan sari kacang ijo sebanyak 1/2 gelas saja. Lalu tuang susu cair, tambahkan kopi, dan sajikan. Minuman ini dapat dimasukkan ke dalam kulkas lebih dulu atau ditambahkan es batu apabila ingin dinikmati dingin.

Nah, itu tadi 5 kreasi resep kopi tubruk. Mudah untuk dibuat, bukan? Kira-kira resep mana, nih, yang ingin kamu coba?

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.