Skip to main content

Instagram Lite Resmi Meluncur di 170 Negara, Ukurannya Cuma 2 MB


Instagram Lite

Setelah sempat "dirilis secara diam-dam" di tahun 2018 lalu dan kabarnya juga sempat menghilang pada Mei 2020 lalu, kini akhirnya Instagram Lite kembali meluncur untuk platform Android.

Facebook selaku induk dari Instagram secara resmi mengumumkan kehadiran Instagram Lite, aplikasi Instagram versi ringan tersebut direncanakan akan meluncur di 170 negara.

Instagram Lite sendiri hadir berkat kolaborasi antara tim Facebook di Tel Aviv, Israel dengan tim Instagram di New York. 

Instagram Lite lebih diperuntukkan pengguna smartphone Android entry-level yang memiliki kapasitas memori terbatas dan berada di area dengan koneksi internet yang kurang stabil.

Ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 2 MB, jauh lebih kecil dibandingkan ukuran Instagram reguler yang berukuran 30 MB.

Karena ukurannya lebih kecil dan memang dibuat agar lebih hemat kuota, maka beberapa fitur yang ada di Instagram reguler dihilangkan di Instagram Lite ini. Seperti Instagram Shop dan efek filter AR. 

Baca juga: Instagram Perkenalkan Fitur Recently Deleted, Unggahan yang Terhapus Bisa Dikembalikan

Meskipun demikian, beberapa fitur utama seperti, unggah foto, video, story, dan pesan langsung atau direct message (DM) masih tetap dipertahankan. Selain itu, fitur Reels juga masih ada di Instagram Lite ini. Namun pengguna hanya hanya bisa menonton video Reels, tidak bisa membuatnya dari aplikasi tersebut.

Namun sayangnya, meskipun diluncurkan di banyak negara, sepertinya Instagram Lite masih belum tersedia untuk Play Store region Indonesia.

Hal ini dapat dilihat jika kita mengunjungi halaman download Instagram Lite di Play Store, maka kita akan mendapatkan pesan "item ini tidak tersedia di negara Anda."

Facebook sendiri mengatakan bahwa peluncuran Instagram Lite akan dilakukan secara bertahap. Namun belum bisa dipastikan apakah Indonesia termasuk kebagian atau tidak.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.