--> Skip to main content

Instagram Perkenalkan Fitur Recently Deleted, Unggahan yang Terhapus Bisa Dikembalikan


Instagram

Beberapa waktu lalu Instagram merilis sebuah fitur baru. Fitur baru yang bernama "Recently Deleted" ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan unggahan yang telah terhapus.

Dengan fitur terbaru ini, pengguna dapat mengembalikan berbagai unggahan yang sebelumnya telah dihapus di akun Instagramnya, seperti foto, video, Stories, Reels, bahkan konten IGTV miliknya.

Menurut Instagram, fitur ini menjadi solusi ketika pengguna tidak sengaja menghapus foto atau video penting miliknya di Instagram. Atau, ketika ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang sengaja menghapus unggahan dari pemilik aslinya.

Beberapa konten yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, ataupun IGTV, masih bisa dipulihkan oleh pengguna maksimal 30 hari setelah dihapus. Sedangkan untuk Stories, Instagram memberikan waktu hingga 24 jam terhitung sejak konten tersebut dihapus.


Recenty Deleted Instagram

Namun demikian, proses pengembalian konten yang terhapus harus melalui proses verifikasi. hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan bahwa si pemilik asli akun terkait yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja memiliki tujuan tertentu.

Nantinya saat memulihkan konten, pengguna harus melakukan  proses verifikasi yang akan dikirimkan ke email atau SMS. Proses verifikasi tersebut juga akan berlaku jika pengguna ingin menghapus konten tersebut secara permanen.

Baca juga:

Untuk menggunakan fitur "Recently Deleted" ini, silakan buka profil. Kemudian ketuk ikon "hamburger" di pojok kanan atas. Lalu, pilih "Setting" > "Recently Deleted" > pilih unggahan yang ingin dipulihkan > "Restore".

Kabarnya fitur "Recently Deleted" ini sudah digulirkan secara global. Namun sayangnya, banyak pengguna Instagram di Indonesia masih belum kebagian fitur ini. Jadi, kita tunggu saja dalam beberapa hari kedepan.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.