--> Skip to main content

7 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Android


7 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Android

Mengatur keuangan sangatlah penting. Kita hidup di era di mana berbelanja, berlangganan, membeli, dan mengeluarkan uang untuk konsumsi sangatlah mudah. Karena itu, kita perlu untuk sebisa mungkin mengaturnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan di Android.

Di saat di mana semua hal bisa bergerak dengan sangat cepat, kita perlu sebuah aplikasi yang sangat membantu. Apalagi jika itu semua bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone, terutama Android yang banyak digunakan orang.

Ada dua jenis tipe aplikasi mengatur keuangan. Yang pertama adalah pencatat pengeluaran. Aplikasi jenis ini digunakan oleh banyak orang yang sering bepergian, pengusaha yang sering berbelanja kebutuhan usahanya, hingga para mahasiswa. Dengan begitu, pengeluaran bisa dilihat dengan jelas.

Tipe aplikasi mengatur keuangan Android lainnya adalah lebih lengkap lagi. Tidak hanya mencatat pengeluaran, tapi juga mencatat pemasukan. Sehingga setiap bulan atau minggunya kita bisa melihat dengan jelas kesehatan keuangannya.

Untuk mulai mengatur keuangan, berikut ini 5 aplikasi pengatur keuangan terbaik di Android yang bisa kamu coba:

#1. Monefy


Monefy

Monefy adalah sebuah aplikasi budgeting yang sederhana. Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi yang mudah untuk digunakan, karena aplikasi ini memberikan kemudahan untuk memasukkan data dengan cepat dan mudah.

Tidak hanya itu, ada beragam dukungan mata uang yang bisa disesuaikan. Ditambah lagi adanya kalkulator di dalamnya, proteksi passcode, integrasi dengan Dropbox, widgets, dan beragam hal lainnya. Antarmukanya memang perlu untuk dipelajari, tapi setelah dengan mudah dipelajari, kita akan bisa menggunakannya dengan mudah.

Download Monefy

#2. Financial Calculator


Financial Calculator

Financial Calculator adalah aplikasi yang sangat penting untuk mencatat dan merencanakan budget untuk masa depan. Aplikasi ini intinya hanyalah koleksi kalkulator yang bisa menghitung banyak hal.

Misalnya, kalkulator pinjaman sehingga bisa memberikan gambaran tentang biaya pinjaman yang harus dibayar. Ada banyak kalkulator lainnya yang bisa digunakan mulai dari kalkulator mata uang, kalkulator tip, kalkulator persentase, pembayaran kartu kredit, dan lainnya.

Download Financial Calculator

#3. AndroMoney


AndroMoney

AndroMoney merupakan aplikasi yang sangat populer dan sukses di Google Play Store. Aplikasi ini mendukung lintas platform antar Android, web, hingga iOS.

AndroMoney juga membawa fitur yang cukup lengkap, mulai dari multi akun, mencatat uang keluar dan masuk, dan fungsi budgeting lainnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur ekspor ke dalam bentuk excel jika diperlukan. Desainnya sangat menarik dan mudah untuk digunakan.

Tidak hanya itu, keseluruhannya juga mudah dipahami. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya lainnya. Kita pun tidak perlu berlangganan untuk menggunakan fitur-fitur di dalam aplikasi ini.

Download AndroMoney

#4. Goodbudget


Good<i>budget</i>

Goodbudget juga cukup populer untuk aplikasi budgeting. Aplikasi ini memiliki sebuah dukungan lintas platform yang bisa memudahkan penggunanya. Bahkan mulai dari Android, web, bahkan iOS. Seluruhnya bisa saling terhubung.

Sama seperti aplikasi lainnya, Goodbudget juga memiliki banyak fitur seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran. Tampilannya juga sangat menarik. Tak cuma itu, seluruh data yang dimasukkan bisa diekspor ke dalam CSV, QFX, hingga OFX.

Download Goodbudget

#5. Money Manager


Money Manager

Money Manager merupakan aplikasi yang sederhana untuk mengatur anggaran keuangan. Aplikasi ini datang dengan dukungan yang lebih mendalam dimana pengguna bisa mengetahui besarnya pengeluaran mereka yang disajikan dengan antarmuka Material Design yang bersih dan simpel.

Money Manager juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik seperti kunci passcode, manajemen kartu kredit, manajemen aset dan statistik instan.

Selain itu, Money Manager juga mendukung fitur backup dan restore, jika nantinya pengguna ingin beralih perangkat karena tak hanya di smartphone saja aplikasi ini bisa bekerja, Money Manager bisa terintegrasi dengan PC atau laptop.

Download Money Manager

#6. Wallet


Wallet

Berbeda dengan aplikasi pengatur keuangan lainnya, Wallet datang dengan dukungan fitur sinkronisasi saldo dan transaksi dengan akun bank yang dimiliki oleh pengguna. Total ada 4.000 bank di seluruh dunia yang ikut berpartisipasi dengan Wallet.

Wallet juga dilengkapi dengan fitur sharing untuk berbagi informasi ke akun ke orang lain, dukungan untuk banyak mata uang, sinkronisasi cloud, pelacakan garansi, daftar belanja, hingga ekspor data kedalam format CSV, XLS, dan PDF.

Download Wallet

#7. Mint: Budget, Bills, & Finance Tracker


Mint

Mint sebenarnya merupakan aplikasi yang menggantikan aplikasi bernama Mint Bills. Keduanya dikembangkan oleh Intuit, perusahaan yang juga mengembangkan TurboTax, aplikasi pajak.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur, mulai dari mengatur pengeluaran dan pemasukan, dan bahkan bisa membayar tagihan jika dibutuhkan. Aplikasi ini juga akan mengingatkan tagihan yang akan datang, memiliki autentikasi multi faktor untuk keamanan, dan juga aplikasi web yang bisa digunakan.

Download Mint

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.