--> Skip to main content

5 Cara Efektif Agar Terhindar Dari Virus Corona


cara efektif agar terhindar dari virus Corona

Seperti yang telah kita ketahui, dunia kini tengah dilanda pandemi virus Corona atau Covid-19. Virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut telah menyerang ribuan orang dan menelan banyak sekali korban jiwa di berbagai negara. Untuk mengatasi penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas, kini berbagai negara tengah gencar mengembangkan vaksin Corona

Di Indonesia sendiri, ada dua vaksin yang sedang dikembangkan. Yang pertama vaksin Sinovac, vaksin ini adalah bentuk kerjasama internasional antara Pemerintah Indonesia melalui PT Biofarma selaku produsen dengan perusahaan asal China, PT Sinovac Biotech Ltd. Dan yang kedua adalah vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME). 

Hingga saat ini, kedua vaksin tersebut masih terus dikembangkan. Dan sambil menunggu vaksin tersebut resmi didistribusikan untuk umum, maka cara yang efektif untuk menekan penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas adalah menerapkan kebiasaan baru. 

Berikut ni adalah beberapa cara efektif agar terhindar dari virus Corona yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI dan organisasi kesehatan dunia (WHO): 

 #1. Selalu Pakai Masker 

Masker bertujuan sebagai perlindungan tambahan untuk meminimalisir risiko paparan dari penyebaran lewat udara. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk selalu pakai masker saat hendak keluar ruangan. 

Seseorang yang menunjukkan gejala batuk, bersin, pilek, sangat dianjurkan memakai masker untuk menghindari penyebaran droplet Covid-19 di lingkungan terbuka. Meskipun demikian, dianjurkan pula bagi seseorang yang sehat juga memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan misalnya, berolahraga. 

Perlu diperhatikan, ketika melepaskan masker dari wajah, jangan menyentuh bagian depan masker. Sebab, bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, segera cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel. 

 #2. Rutin Mencuci Tangan 

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Oleh karena itu, cucilah tangan dengan sabun setidaknya 20 detik dan bilas dengan air bersih yang mengalir. 

Jika kamu seorang yang sering bekerja di luar ruangan, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Oleh sebab itu, kamu bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. 

Selain itu, hindari pula kebiasaan menyentuh mata, hidung dan mulut karena virus dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh melalui area tersebut. 

 #3. Selalu Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing) 

Jaga jarak fisik atau physical distancing adalah salah satu langkah penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, sembari menunggu vaksin Corona ditemukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan tetap tinggal didalam rumah dan tidak sering bepergian, kecuali untuk keperluan yang mendesak. 

Physical distancing juga dapat diterapkan dengan menjaga jarak fisik minimal 1 - 2 meter dari orang lain. Hindari pula kontak langsung dengan orang yang sedang sakit dan tempat-tempat umum yang ramai. 

 Selain itu, tidak melakukan jabat tangan dengan orang lain juga merupakan cara sederhana yang sangat dianjurkan karena mampu mencegah penyebaran virus corona. 

#4. Selalu Jaga Daya Tahan Tubuh 

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dilakukan dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup.  

Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging. Bila perlu, dapat pula mengonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.  

#5. Segera Konsultasikan ke Dokter Bila Alami Sakit  

Seseorang yang terinfeksi virus Corona ditandai dengan gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai dengan sesak napas dan lemas. Jika kamu mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. 

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis. Dan di era digital saat ini, kamu bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. 

Ya, Halodoc merupakan sebuah aplikasi yang berfokus di bidang kesehatan. Dimana salah satu layanan yang paling populer dari platform ini adalah Konsultasi Dokter melalui layanan chatting

Dengan fitur chat ini, pengguna bisa berkonsultasi langsung mengenai masalah kesehatan yang dialaminya dengan dokter umum atau dokter spesialis yang ada di aplikasi Halodoc melalui gadget.

Selain itu, aplikasi Halodoc ini juga menyediakan fasilitas cek gejala Covid-19 secara online serta penanganannya, layanan beli obat, hingga berbagai informasi kesehatan yang terupdate.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan Halodoc.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.