--> Skip to main content

Ini Jenis Software Akuntansi yang Paling Sering Digunakan, Berani Coba?


Software Akuntansi

Software akuntansi menjadi cara mudah dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan software akuntansi, pemilik perusahaan atau bagian keuangan tidak perlu melakukan pencatatan secara manual yang akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Dengan software akuntansi ini pemilik juga bisa melindungi data-data keuangan dari berbagai masalah seperti komputer mengalami kerusakan atau kehilangan komputer yang biasa digunakan. Hal ini bisa dilakukan jika software akuntansi yang digunakan memiliki basis penyimpanan cloud.

Ada berbagai pilihan software akuntansi yang bisa digunakan. Jika Anda mencoba mencari software akuntansi di Google, Anda akan menemukan berbagai pilihan software akuntansi yang bisa digunakan. Mulai dari yang sederhana hingga kompleks dan mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya software akuntansi tanpa biaya atau gratis biasanya tidak memiliki fitur-fitur yang dimiliki oleh software akuntansi berbayar.

Tertarik untuk menggunakan software akuntansi? Sebelum memutuskan memilih salah satu software akuntansi untuk pengelolaan keuangan bisnis, ada baiknya mengetahui beberapa jenis software akuntansi berikut ini:

Software Akuntansi Paket


Software Akuntansi Paket

Jenis software akuntansi yang pertama adalah software akuntansi paket. Software akuntansi paket merupakan software akuntansi yang dibeli dalam bentuk paket. Maksud bentuk paket ini adalah software akuntansi yang didapatkan tidak dapat diotak-atik lagi karena sudah sesuai setting-an pabrik dan dipatenkan.

Software akuntansi paket ini memiliki kelebihan yaitu harganya yang relatif murah. Penggunaannya juga lebih mudah karena sudah di-setting pada softwarenya. Sedangkan kelemahannya adalah pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan juga kegiatan akuntansi bisnisnya sesuai dengan setting-an software.

Hal ini menyebabkan beberapa hal tidak dapat dikerjakan menggunakan software karena fitur yang dibutuhkan tidak ada di software tersebut. Karena penggunaannya yang relatif mudah dan juga dengan harga yang murah, software akuntansi jenis ini sering menjadi pilihan pelaku UMKM dan juga pemilik perusahaan. Alasan pemilihan software ini adalah karena penggunaannya yang relatif stabil dibandingkan software akuntansi jenis lainnya.

Software Akuntansi Customize


Software Akuntansi Customize

Jenis software akuntansi kedua yaitu software akuntansi customize. Software akuntansi customize merupakan software akuntansi yang berbanding terbalik dengan software akuntansi paket.

Jika software akuntansi paket akan di-setting sehingga tidak bisa diotak-atik lagi, software akuntansi customize dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dari penggunanya. Modifikasi ini dapat dilakukan setelah melakukan pembelian namun ada perusahaan yang menyediakan layanan modifikasi saat pembelian aplikasi di software house-nya.

Kelebihan dari software akuntansi customize adalah pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan keuangannya tanpa harus mengorbankan fitur-fitur lainnya yang memang tidak digunakan. Sedangkan kelemahan dari software akuntansi ini adalah harga yang lebih mahal dibandingkan software akuntansi paket.

Selain itu software akuntansi customize juga memiliki risiko yang lebih besar karena sifatnya yang fleksibel dan juga dapat dikembangkan sendiri. Juga, harga jual software akuntansi jenis ini pada penggunaan kedua juga tidak ada, jikapun ada harganya juga sangat rendah.

Software Akuntansi Paket Custom


Software Akuntansi Paket Custom

Jenis software akuntansi terakhir yaitu software akuntansi custom. Software akuntansi ini merupakan gabungan antara software akuntansi jenis paket dengan software akuntansi jenis customize.

Maksudnya adalah software akuntansi custom ini memiliki modul standar namun dapat dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan dari pengguna. Contohnya, ketika ada transaksi yang harus diinput tapi dalam software akuntansi tersebut tidak terdapat fitur yang sesuai, di sini pengguna dapat memodifikasikan dengan fitur yang dibutuhkan.

Keuntungan dari software akuntansi jenis ini adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan software akuntansi customize. Selain itu software akuntansi custom memiliki stabilitas yang lebih terjaga dan lebih baik dibandingkan software akuntansi jenis customize.

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan yaitu fitur dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga bisa digunakan secara cepat untuk bekerja.

Mudahkan Pengelolaan Keuangan dengan Kledo


Dari beberapa jenis software akuntansi yang ada di atas, ada nih software akuntansi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan sangat mudah yaitu dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Apa saja kira-kira fitur-fitur yang dimiliki Kledo yang akan membuat pengelolaan keuangan jadi super mudah?

Berbasis Cloud


Fitur pertama yang dimiliki oleh Kledo yaitu basis cloud. Basis cloud maksudnya adalah Kledo memiliki basis penyimpanan yang berada di internet. Dengan adanya basis cloudini, pengguna tidak perlu khawatir ketika komputer mengalami kerusakan atau kehilangan, karena data tersimpan aman di internet.

Selain itu, pengguna juga bisa tetap mengelola keuangan di komputer berbeda asalkan masih terhubung dengan internet. Mudah, bukan?

Invoicing


Bersama Kledo, Anda bisa membuat invoice dengan lebih mudah. Cukup masukan data dan Kledo akan membuatkan invoice khusus untuk pelanggan Anda. Invoice ini bisa digunakan untuk berbagai bisnis, baik yang bergerak dibidang dagang ataupun di bidang jasa.

Purchasing


Kledo juga akan membantu Anda membuat purchasing dengan sangat mudah. Anda dapat melacak purchasing order dan pembelian sampai mendetail, berapa harga yang telah disepakati, dan juga dokumen-dokumen yang mendukungnya.

Pencatatan Biaya


Ingin melakukan pencatatan pengeluaran, melacak pos pengeluaran, dan mendapatkan laporan pengeluaran dengan rinci, semuanya bisa dilakukan dengan software akuntansi dari Kledo. Dengan begini, Anda tidak perlu penumpuk kwitansi pengeluaran, karena Anda dapat mencatat semuanya dengan mudah di Kledo.

Aset Tetap


Dengan Kledo melacak aset tetap juga menjadi lebih mudah. Selain itu Anda juga dapat mendepresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset secara real-time.

Laporan


Tidak ada yang tidak mungkin dengan Kledo, termasuk buat Anda yang ingin membuat laporan keuangan dengan sangat mudah. Kledo dilengkapi lebih dari 30 laporan keuangan dengan informasi yang sangat akurat tentang performa bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melihat pengeluaran usaha, produk paling laris, dan saldo bank dalam bentuk grafik cantik.

Kesimpulan


Software akuntansi kini menjadi pilihan banyak pelaku bisnis karena memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan. Ada beberapa jenis software akuntansi yang bisa menjadi pilihan. Dari beberapa jenis software akuntansi yang ada di atas, Anda tertarik mencoba yang mana?

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan Kledo.com.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.