Skip to main content

Cara Mengaktifkan DNS over HTTPS di Google Chrome dan Mozilla Firefox


HTTPS Website

Di era yang serba digital saat ini, keamanan privasi online menjadi hal yang sangat penting. Dan kabar baiknya, saat ini beberapa browser, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox telah mengembangkan fitur enkripsi nama domain atau alamat website yang dikenal dengan istilah DNS over HTTPS (DoH).

Apa itu DNS over HTTPS?

Jadi begini, ketika kamu mengetik sebuah alamat website, misalnya www.indradp.com di address bar browser lalu akan mengunjungi website tersebut, browser kemudian mengirimkan kata kunci alamat website atau nama domain tersebut ke internet untuk mencari alamat IP dari website atau blog tersebut. Singkatnya, kata kunci dikirim ke server melalui koneksi plain text.

Masalahnya, koneksi plain text ini tidak terenkripsi meskipun alamat website atau nama domain telah menggunakan protokol Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). Masalah tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk dapat memantau kegiatan browsing yang dilakukan pengguna.

Nah oleh karena itu, dengan menggunakan fitur DNS over HTTPS, maka browser akan mengirimkan kata kunci ke server DNS yang kompatibel dengan DNS over HTTPS menggunakan koneksi HTTPS terenkripsi. Ini akan mencegah pihak ketiga melihat website atau blog apa yang sedang kamu akses.

Sayangnya, meskipun fungsinya sangat penting untuk menambah perlindungan privasi pengguna, namun entah kenapa fitur DNS over HTTPS ini tidak diaktifkan secara default di browser Google Chrome maupun di Mozilla Firefox.

Nah untuk itu, berikut ini cara mengaktifkan DNS over HTTPS di browser Google Chrome dan Mozilla Firefox:

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Google Chrome

Pertama, pastikan dahulu browser Google Chrome milikmu telah di update ke versi terbaru. Kemudian ketik alamat berikut di address bar.

chrome://flags/#dns-over-https

Kemudian pada menu Secure DNS lookups ganti opsi menjadi Enabled.

Jika sudah klik tombol Relaunch pada bagian bawah browser untuk meluncurkan kembali browser Google Chrome.

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Google Chrome

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Mozilla Firefox

Pertama, pastikan browser Mozilla Firefox milikmu telah di update ke versi terbaru. Kemudian buka menu Settings. Selanjutnya pada tab General, scroll ke bawah kemudian klik tombol Settings... di bagian Network Settings.

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Mozilla Firefox

Pada jendela Connection Settings, beri centang Enable DNS over HTTPS. Secara default, Firefox menggunakan provider Cloudflare untuk enkripsi DNS. Namun kamu juga bisa menggunakan custom provider pilihan kamu.

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Mozilla Firefox

Itulah cara mengaktifkan DNS over HTTPS di browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Dengan begitu, maka browser akan meningkatkan perlindungan privasi kegiatan browsing kamu.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar