--> Skip to main content

3 Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Tambahan


Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai pengguna Android, pastinya kamu sering menyimpan berbagai file pribadi entah itu file foto, video, ataupun file penting lainnya di smartphone Android milikmu.

Dan dalam situasi tertentu, terkadang kamu juga ingin menyembunyikan file-file pribadi yang tersimpan di smartphone Android milikmu agar tidak diketahui oleh orang lain.

Untuk menyembunyikan file di Android sebenarnya sangat mudah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut.

Namun pada tutorial ini, aku akan memberikan 3 cara menyembunyikan file, termasuk file foto, video dan file lainnya di Android tanpa aplikasi tambahan.

Cara #1: Menambahkan tanda titik (.) pada awalan nama file atau folder

Silakan buka aplikasi file manager bawaan di smartphone Android milikmu.

Kemudian silakan buat folder baru dengan nama terserah, tapi diawali dengan tanda titik (.), sebagai contoh, aku membuat folder dengan nama .private seperti gambar di bawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika sudah, silakan pindahkan file-file pribadi milikmu kedalam folder tersebut.

Cara tersebut juga bisa kamu coba di filenya secara langsung. Caranya pun juga sama, silakan ubah nama filemu lalu berikan tanda titik (.) di awal nama file, seperti gambar di bawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Dengan cara tersebut, maka sistem Android akan menyembunyikan file pribadi milikmu dari aplikasi galeri, pemutar video, dan berbagai aplikasi lainnya.

Perlu diperhatikan, biasanya file yang diberi nama dengan awalan titik (.) juga langsung tidak terlihat pada aplikasi file manager. Oleh karena itu, untuk melihat kembali filenya di file manager, silakan aktifkan opsi show hidden files melalui menu settings di aplikasi file manager milikmu.

Cara #2: Menggunakan file .nomedia

Sebelum mencoba cara ini, pastikan aplikasi file manager di smartphone Android milikmu dapat membuat file baru. Sebagai contoh, di tutorial ini aku menggunakan aplikasi Root Explorer.

Jika kamu telah memastikannya, silakan buka aplikasi file manager milikmu lalu buka folder yang di dalamnya terdapat file pribadi milikmu.

Kemudian silakan buat file baru dengan nama .nomedia seperti gambar di bawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Tambahan\

Dengan cara tersebut, maka sistem Android akan memerintahkan aplikasi galeri, pemutar video, dan berbagai aplikasi lainnya untuk tidak menampilkan seluruh file jika didalam folder terdapat file .nomedia .

Cara #3: Mengubah ekstensi file

Silakan buka aplikasi file manager, kemudian ubah nama filemu dengan tambahan kata .bak seperti gambar dibawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Dengan cara tersebut, maka sistem Android tidak akan mengenali jenis file milikmu, sehingga file tersebut tidak akan tampil di aplikasi manapun.

Dan untuk melihat filenya, silakan ubah kembali nama filenya lalu hapus kata .bak.

Itulah 3 cara menyembunyikan file di Android tanpa aplikasi tambahan. Jika kamu punya cara lainnya, silakan bagikan melalui kolom komentar. ;)

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.