Skip to main content

3 Cara Melihat Riwayat Notifikasi di Android


3 Cara Melihat Riwayat Notifikasi di Android

Umumnya pengguna smartphone pasti akan menginstal berbagai aplikasi di perangkat mereka, seperti aplikasi chatting, sosial media dan aplikasi lainnya.

Namun ada kalanya, notifikasi dari berbagai aplikasi tersebut muncul secara bertubi-tubi. Dan seperti yang telah kita ketahui, di Android terdapat fitur dimana kamu bisa menghapus semua notifikasi yang muncul dalam sekali tekan.

Tapi pernahkah kamu secara tidak sengaja menghapus notifikasi dari salah satu aplikasi yang kamu anggap penting? Jika iya, lantas bagaimana caranya melihat kembali notifikasi tersebut?

Nah.. Di Android sendiri sebenarnya memiliki fitur untuk melihat log atau riwayat notifikasi yang kita terima. Namun perlu menggunakan sedikit cara untuk menggunakan fitur tersebut karena entah mengapa fitur log notifikasi di Android letaknya agak "tersembunyi".

Oleh karena itu, berikut ini adalah 3 cara melihat riwayat notifikasi di Android:

Cara #1: Melalui Shortcut Settings

Pertama tekan lama pada homescreen, lalu pilih Widget.

Selanjutnya pilih Widget Pintasan Setelan atau Setting Shortcut, kemudian hold and drop Shortcut tersebut di homescreen, lalu pilih menu Log notifikasi.

Cara Melihat Riwayat Notifikasi di Android

Selesai. Kamu sudah bisa melihat riwayat notifikasi melalui Shortcut log notifikasi tersebut.

Cara #2: Melalui menu Setelan

Buka Setelan (Settings) -> Aplikasi & Notifikasi -> Notifikasi -> Log notifikasi.

Cara Melihat Riwayat Notifikasi di Android

Perlu diketahui, tidak semua Android bisa menggunakan cara ke-1 ataupun juga cara ke-2 karena tidak ada fitur log notifikasi. (Di tutorial diatas aku menggunakan Custom ROM Android AOSP Extended berbasis Android 8.1 Oreo).

Jika smartphone Android milikmu tidak memiliki fitur log notifikasi, maka kamu bisa menggunakan cara ke-3 yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara #3: Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Silakan download dan install aplikasi Unnotification di Google Play Store ataupun juga bisa melalui link dibawah ini:

Download Unnotification (Google Play Store)

Unnotification Android

Aplikasi tersebut dapat melihat riwayat notifikasi, menyortir notifikasi yang masuk hingga mengembalikan notifikasi yang sebelumnya terhapus di perangkat Androidmu.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar