Skip to main content

5 Alasan Utama untuk Mengonversi File Word ke Format PDF


Word ke PDF

Seiring dengan berkembangnya waktu, para guru mulai beralih ke sisi yang lebih digital. Mereka meminta siswa untuk membuat tugas di komputer, lalu, memberikan catatan dalam bentuk digital.

Bahkan para siswa sekarang membaca dan membagikan buku dalam bentuk digital. Cara termudah untuk hal tersebut adalah menyimpan dalam bentuk PDF yang membuat mereka harus mengonversi file teks ke PDF.

Microsoft Word adalah salah satu program dari Microsoft Office. Ini adalah program yang paling banyak digunakan untuk mengetik dokumen. Siswa menggunakannya untuk membuat tugas. MS Word juga digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat catatan dan dokumen untuk tujuan bisnis.

Konversi Teks ke PDF:

Ada banyak poin plus dan manfaat dari MS Word Microsoft, tetapi mengonversi teks ke PDF masih sering menjadi masalah oleh pengguna. Ada banyak alasan untuk konversi ini. 5 alasan teratas yang menjelaskan mengapa ada kebutuhan untuk mengonversi file teks ke format PDF tercantum di bawah ini.

1. Kesalahan mengelola file besar

Salah satu kelemahan dari MS Word adalah sering terjadi kesalahan dalam mengelola file dokumen berukuran besar. Jika seorang pengguna ingin menyimpan dan membaca dokumen besar, maka format PDF diperlukan. itu terlihat berkali-kali bahwa referensi artikel ilmiah menjadi tidak cocok dalam file teks yang akan sangat bermasalah bagi pengguna.

Nomor halaman artikel berubah. Ini juga mengganggu dan mengganggu pembaca dalam membaca file dokumen yang besar. Seperti Anda membaca file maka Anda harus menuju ke sana, ketika Anda kembali, halaman yang sedang Anda ingin baca akan salah tempat. Maka Anda harus mencarinya dengan memulai kembali.

2. Perubahan format yang tidak diinginkan

Alasan lain untuk mengonversi file dari teks ke PDF adalah perubahan pada teks yang tidak diinginkan. Ketika satu file dalam format teks dialihkan untuk berbagi dari satu komputer ke komputer lain atau dari satu perangkat ke perangkat lainnya, maka pemformatannya kemungkinan berubah.

Jika Anda menggunakan komputer yang sama dengan printer yang berbeda, maka Anda mungkin harus mengalami masalah ini. Koreksi perubahan yang tidak diinginkan ini menghabiskan waktu. Seiring dengan waktu, upaya diperlukan untuk melakukan perbaikan.

Untuk membuatnya aman dan kukuh dengan perubahan yang dirancang, maka Anda perlu mengubah file dari teks ke format PDF melalui tool yang bernama duplichecker.com.

3. Masalah yang terkait dengan beberapa versi

Jika file dihasilkan dalam aplikasi versi baru, maka kemungkinan besar file tersebut tidak akan terbuka di aplikasi versi lama. Berbagai versi ini menimbulkan masalah bagi pengguna. Format file juga didapat terputus dalam berbagai versi.

Di sisi lain, ketika Anda melihat file PDF, itu tidak berubah-ubah dalam bentuk apapun termasuk penomoran ketika menggunakan aplikasi dari satu versi ke versi lain atau dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

4. Banyak program pengolah teks

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, MS Word hanya salah atu dari program, bukan keseluruhan dari semua software. Mengubah dari file teks ke PDF disarankan jika Anda ingin membuatnya dibaca oleh semua orang. Jika Anda mengirim file MS word kepada siapa pun yang belum menginstal programnya, maka itu akan tidak dapat diakses oleh orang lain untuk membaca.

Format PDF dikenal sebagai ekstensi file universal. Format file ini tersedia dan dapat diakses oleh sejumlah besar aplikasi dari berbagai perangkat.

5. File PDF mudah dibaca

Seseorang yang ingin menyimpan file atau buku besar di smartphone atau laptop mereka harus menggunaka file berformat PDF. File yang diformat PDF sangat mudah ditangani dan disimpan di perangkat. Ini membuatnya mudah untuk membaca konten tanpa gangguan dari perubahan format. Pdf adalah file yang mudah diakses di semua perangkat.

Aplikasi yang berhubungan dengan MS word tidak gratis setiap saat. Ada masalah lain yang terkait dengannya yang tidak memiliki beberapa fitur karena ini tidak dirancang dan diproduksi oleh Microsoft sendiri. Alasan-alasan ini membuatnya menuntut file MS Word untuk dikonversi dari teks ke format PDF.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan DupliChecker.com.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar